Teropong Bisnis | Homepage
Si Ulat Hongkong, Sang Penghasil Ratusan Juta

Si Ulat Hongkong, Sang Penghasil Ratusan Juta

0 Comments 🕔13.Apr 2014

Pandai memanfaatkan peluang merupakan salah satu unsur penting kesuksesan. Peluang tidak hanya dapat ditemukan, tetapi Anda juga dapat menciptakannya.

Peluang usaha sendiri, mempunyai dua bagian penting, yaitu masalah dan solusi. Bila Anda melihat sebuah permasalahan dan Anda dapat menyediakan solusinya, maka hal tersebut dapat menjadi peluang usaha. Salah satu contohnya adalah budidaya ulat Hongkong.

Ulat Hongkong dapat dikatakan salah satu komoditi menjanjikan. Hal ini dikarenakan, banyak orang memilih ulat ini sebagai pakan hewan ternak maupun peliharaan mereka. Salah satu pembudidaya ulat Hongkong adalah Hari Wibowo.

Hari berdomisili di Wajak, Jawa Timur. Dan memang, banyak peternak ulat Hongkong yang tinggal di daerah Jawa Timur. Hari sendiri, memulai usaha budidaya ini sejak tahun 2009. Dan usahanya cukup lancar dan dapat dikatakan sukses hingga saat ini.

Hari menggunakan empat kandang untuk membudidayakan ulat Hongkong. Ukuran kandang masing-masing adalah 10 m x 20 m. Tiap kandang dapat digunakan untuk menempatkan 400 kotak yang berisi 3 kg ulat Hongkong tiap kotaknya. Cara ini mampu menghasilkan 100 kg ulat Hongkong setiap kali panen.

ide bisnis, peluang usaha, ulat hongkong, usaha ulat hongkong, untung usaha

Hari menjual produk budidayanya seharga Rp. 30.000 per kg. Omzet yang dia dapat sekitar Rp. 240 juta per bulannya. Hal ini dikarenakan, tiap bulan Hari mampu menjual 8 ton ulat Hongkong ini.

Margin keuntungan budidaya ulat Hongkong cukup tinggi, yaitu 70%. Hal ini pulalah yang menjadi salah satu alasan mengapa bisnis ini sangat menjanjikan.

Konsumen ulat Hongkong ini datang dari berbagai macam kalangan. Tetapi pada umumnya, konsumen ulat Hongkong adalah mereka yang juga membudidayakan hewan lainnya. Mereka menggunakan ulat ini sebagai pakan.

Ulat Hongkong sendiri sangatlah cocok untuk pakan hewan. Hal ini dikarenakan kandungan protein yang tinggi, yaitu sekitar 62%, yang mampu memenuhi kebutuhan hewan ternak. Peternak yang menggunakan ulat ini sebagai pakan juga bermacam-macam. Mulai dari peternak burung kicauan, udang windu hingga landak mini.

Hari mengungkapkan bahwa peluang budidaya ini sangat bagus. Hal ini tampak dari banyaknya permintaan ulat Hongkong, tidak hanya dari Indonesia, tetapi juga negara-negara lain. Bahkan, ulat Hongkong tidak hanya digunakan sebagai pakan di negara-negara tersebut. Di Eropa dan Amerika, banyak restoran yang menggunakannya sebagai salah satu bahan untuk menu mereka.

Melihat hal diatas, dapat dikatakan bahwa usaha budidaya ulat Hongkong sangatlah menarik untuk digeluti. Pasar yang tersedia cukup luas, karena memang sangat tingginya permintaan akan produk ini. Jadi, meskipun banyak kompetitor, Anda akan mempunyai kesempatan besar untuk sukses.

Akan tetapi, sama seperti usaha budidaya hewan lainnya, usaha budidaya ulat Hongkong juga memerlukan perhatian lebih. Anda perlu mencurahkan tenaga dan waktu untuk merawat hewan budidaya Anda. Dengan demikian, kualitas hewan budidaya Anda akan terjaga.

ide bisnis, peluang usaha, ulat hongkong, usaha ulat hongkong, untung usaha

BACA JUGA:

Mengeruk Untung dari Sambal Kemasan

Bisnis Audio Khusus Mobil Beromzet Miliaran Rupiah

Similar Articles

Inilah 8 Penyebab Gagalnya Usaha Kecil

Inilah 8 Penyebab Gagalnya Usaha Kecil 0

Kian banyaknya pelaku UKM (Usaha Kecil Menengah) membuat persaingan usaha menjadi semakin ketat. Hal ini seringkali

Melirik Peluang Bisnis Potong Rambut Model Terkini

Melirik Peluang Bisnis Potong Rambut Model Terkini 0

Mempunyai gaya rambut menarik dengan model yang sedang menjadi trend saat ini adalah hal yang

3 Alasan Utama Mengapa Dunia Maya Simpan Peluang Usaha Menggiurkan!

3 Alasan Utama Mengapa Dunia Maya Simpan Peluang Usaha Menggiurkan! 0

Peluang usaha akan menjadi semakin menjanjikan, bila Anda mampu memanfaatkannya dengan baik. Salah satu peluang yang

4 Bukti Bisnis Keluarga dapat Sukses Besar

4 Bukti Bisnis Keluarga dapat Sukses Besar 0

Bisnis keluarga sering dianggap sebagai bisnis yang sulit berkembang karena sulitnya terbentuk profesionalisme antar anggota keluarga

5 Hal Penting Maksimalkan Peluang Bisnis Tas

5 Hal Penting Maksimalkan Peluang Bisnis Tas 0

Peluang bisnis tas terbilang cukup menggiurkan, karena produk ini banyak dicari, apalagi saat penampilan menjadi hal

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *