Teropong Bisnis | Homepage
Sepatu Lulu Menjadi Pembuka Pintu Kesuksesan

Sepatu Lulu Menjadi Pembuka Pintu Kesuksesan

🕔14.Nov 2013

Sepatu adalah salah satu aksesoris pakaian yang biasa kita pakai. Sepatu juga tidak hanya memperindah penampilan kita, tetapi juga memberikan kita perlindungan dan kenyamanan saat kita berjalan.

Tetapi, untuk Lulu Sayyidatu, sepatu tidak hanya menjadi aksesoris dan pelindung. Sepatu Lulu berhasil menjadi pembuka pintu kesuksesan. Pengusaha sepatu asal Cimahi ini berhasil memasarkan produknya bahkan hingga ke luar negeri.

Berawal dari ditolaknya desain yang dia kirim ke satu perusahaan, dia dan suaminya, Penni Ahlani, memutuskan untuk membuat usaha sepatu rumahan pada 2008. Usahanya dia namakan Mimosabi.

Modal awal yang digunakan cukup kecil, yaitu Rp. 5 juta. Dia menawarkan sepatu buatannya langsung ke teman-temannya dan juga menggunakan media online, seperti multiply dan blogspot.

Lulu mendesain beragam sepatu, mulai dari flat shoes, high heels hingga wedges. Awalnya, Lulu menawarkan 50 macam desain produk. Dia mengerjakannya dengan 7 karyawan yang semuanya adalah pengamen.

Berkat kegigihannya, usahanya ini mendapat respon baik dari konsumen. Dan, omset besar pun diterima oleh Lulu dan suaminya. Jumlah omset yang diterimanya pada tahun pertama saat menjalankan bisnis ini bahkan mencapai 30 juta hingga 45 juta per bulan.

Lulu sempat mengalami masa sulit saat banyak pesaing yang muncul. Hal ini menyebabkan omset usahanya menurun. Tetapi, Lulu tetap berjuang dan bekerja keras, yang akhirnya mampu bangkit dan mengembangkan bisnisnya ini.

Dengan berkembangnya usaha sepatu Lulu ini, dia berhasil meraih dan memperbesar pasarnya hingga luar negeri. Saat ini, dia bahkan mempunyai pelanggan setia dari Malaysia, Brunei Darussalam dan Singapura. Usaha sepatu Lulu ini bahkan rutin memproduksi 1.000 untuk memenuhi pesanan yang datang dari ketiga negara ini.

Lulu mengaku bahwa ada peningkatan pesanan yang signifikan untuk produk buatannya. Tetapi, dia tidak cepat puas dengan pencapainnya ini. Lulu membuat langkah inovatif dengan menunjuk salah satu desa di daerah Bandung untuk membantu pengerjaan usaha sepatu “Mimosabi” miliknya.

Hal ini dilakukan tidak hanya untuk membantu pembuatan pesanan yang semakin meningkat. Tetapi, Lulu juga berpikir cara ini dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat di daerah tersebut. Mereka akan mendapatkan penghasilan tambahan dari pekerjaan mereka membantu pembuatan sepatu Lulu.

Cara diatas rupanya berhasil. Kini, Lulu dan suaminya mendapatkan omset lebih dari 150 juta per bulan.

Sekali lagi, meskipun omzet yang Lulu terima berkali lipat dari jumlah omzet yang dia terima saat pertama kali memulai bisnis ini, dia tidak mau cepat puas. Dia sadar bahwa masih banyak hal yang dapat dikembangkan dari usahanya ini.

Lulu selalu berinovasi dengan merancang desain baru. Lulu sadar dengan desain yang baru maka konsumen sepatunya akan terpuaskan. Yang artinya, mereka akan menjadi pelanggan setia dan selalu menggunakan produk buatannya.

Similar Articles

Inilah 8 Penyebab Gagalnya Usaha Kecil

Inilah 8 Penyebab Gagalnya Usaha Kecil 0

Kian banyaknya pelaku UKM (Usaha Kecil Menengah) membuat persaingan usaha menjadi semakin ketat. Hal ini seringkali

Melirik Peluang Bisnis Potong Rambut Model Terkini

Melirik Peluang Bisnis Potong Rambut Model Terkini 0

Mempunyai gaya rambut menarik dengan model yang sedang menjadi trend saat ini adalah hal yang

3 Alasan Utama Mengapa Dunia Maya Simpan Peluang Usaha Menggiurkan!

3 Alasan Utama Mengapa Dunia Maya Simpan Peluang Usaha Menggiurkan! 0

Peluang usaha akan menjadi semakin menjanjikan, bila Anda mampu memanfaatkannya dengan baik. Salah satu peluang yang

4 Bukti Bisnis Keluarga dapat Sukses Besar

4 Bukti Bisnis Keluarga dapat Sukses Besar 0

Bisnis keluarga sering dianggap sebagai bisnis yang sulit berkembang karena sulitnya terbentuk profesionalisme antar anggota keluarga

5 Hal Penting Maksimalkan Peluang Bisnis Tas

5 Hal Penting Maksimalkan Peluang Bisnis Tas 0

Peluang bisnis tas terbilang cukup menggiurkan, karena produk ini banyak dicari, apalagi saat penampilan menjadi hal