Teropong Bisnis | Homepage
Segarnya Peluang Bisnis Salon Anak

Segarnya Peluang Bisnis Salon Anak

0 Comments 🕔12.Jul 2014

Menata dan merawat rambut bukan hanya kebutuhan orang dewasa. Saat ini, banyak orang tua yang membutuhkan layanan ini untuk membuat anak mereka terlihat tampan dan cantik. Namun, pada umumnya, anak-anak menangis dan ketakutan saat akan ditata rambutnya. Hal inilah yang melahirkan ide untuk bisnis salon anak.

Bisnis salon anak berbeda dengan bisnis salon pada umumnya. Salah satu perbedaan paling mencolok adalah desain salon. Salon didesain agar anak-anak merasa nyaman, seperti menggunakan kursi dengan model mainan, karakter kartun dan yang lainnya. Cara ini dapat mengurangi rasa takut anak dan membut kapster dapat melakukan tugasnya dengan lancar.

Usaha ini sudah banyak bermunculan saat ini. Salah satunya adalah bisnis salon anak yang digeluti Muhammad Arief Fatoni dari Yogyakarta. Dengan nama Arfa Kiddy, Arief membidik pasar yang masih tersedia sangat luas di Yogyakarta. Memang, bisnis salon anak tergolong sangat sedikit di Yogyakarta.

Arief baru saja membuka bisnisnya ini, yaitu pada awal tahun ini. Dan, sejak membuka usahanya ini, dia juga langsung menawarkan kesempatan kemitraan bagi yang tertarik. Salon yang dimiliknya saat ini berjumlah 2 buah, dan belum mendapatkan mitra usaha. Selain Arfa Kiddy, Arief juga membukan salon rambut umum yang bernama Arfa Barbershop.

Sama seperti salon anak pada umumnya, bisnis salon anak milik Arief ini juga menggunakan desain yang ramah terhadap anak-anak. Contohnya, kursi yang dilengkapi dengan Playstation, sehingga anak dapat bermain game saat dipotong. Selain desain, Arief juga menggunakan produk yang aman untuk anak.

Selain layanan untuk anak, Arfa Kiddy juga menyediakan layanan untuk ibu. Jadi, sang ibu yang menunggu anak mereka juga bisa mendapatkan perawatan rambut. Layanan untuk ibu ini berupa pangkas rambut, creambath dan cuci blow.

Arief membidik pelanggan usia balita hingga 8 tahun. Untuk harga, Arief memasang harga mulai dari Rp. 15.000 hingga Rp. 35.000.

Untuk kemitraan, paket investasi yang ditawarkan sebesar Rp. 100 juta, dengan biaya royalti sebesar 5% dari omzet per bulan dan kontrak 5 tahun. Paket ini memberikan mitra peralatan, bahan baku, branding dan lainnya. Namun, mitra harus menyediakan tempat sendiri dengan luas setidaknya 5 m x 5 m dan 3 karyawan.

Arief memprediksi bila omzet yang didapat dapat mencapai Rp. 5 juta per bulan. Dan, jumlah omzet akan naik hingga 10% sampai 15% per bulannya, seiring dengan kenaikan jumlah pelanggan.

Menurut Amir Karamoy, Ketua Komite Tetap Waralaba dan Lisensi Kadin, peluang bisnis salon anak ini sangat besar. Namun, persaingan yang sangat ketat membuat Anda harus mampu menghadirkan inovasi dan layanan terbaik agar dapat bertahan. Selain itu, lokasi juga menjadi salah satu faktor terpenting disini. Amir menyarankan agar memilih lokasi yang dekat dengan pelanggan, seperti mall dan tempat perbelanjaan.

salon anak, wirausaha, salon, bisnis salon

BACA JUGA:

Alugha, Satu Video Seribu Bahasa

Sandal Biji Salak, Mengubah Sisa Menjadi Untung

Similar Articles

Inilah 8 Penyebab Gagalnya Usaha Kecil

Inilah 8 Penyebab Gagalnya Usaha Kecil 0

Kian banyaknya pelaku UKM (Usaha Kecil Menengah) membuat persaingan usaha menjadi semakin ketat. Hal ini seringkali

Melirik Peluang Bisnis Potong Rambut Model Terkini

Melirik Peluang Bisnis Potong Rambut Model Terkini 0

Mempunyai gaya rambut menarik dengan model yang sedang menjadi trend saat ini adalah hal yang

3 Alasan Utama Mengapa Dunia Maya Simpan Peluang Usaha Menggiurkan!

3 Alasan Utama Mengapa Dunia Maya Simpan Peluang Usaha Menggiurkan! 0

Peluang usaha akan menjadi semakin menjanjikan, bila Anda mampu memanfaatkannya dengan baik. Salah satu peluang yang

4 Bukti Bisnis Keluarga dapat Sukses Besar

4 Bukti Bisnis Keluarga dapat Sukses Besar 0

Bisnis keluarga sering dianggap sebagai bisnis yang sulit berkembang karena sulitnya terbentuk profesionalisme antar anggota keluarga

5 Hal Penting Maksimalkan Peluang Bisnis Tas

5 Hal Penting Maksimalkan Peluang Bisnis Tas 0

Peluang bisnis tas terbilang cukup menggiurkan, karena produk ini banyak dicari, apalagi saat penampilan menjadi hal

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *