Teropong Bisnis | Homepage
Segarnya Laba Bisnis Jus Buah Ibu Rini

Segarnya Laba Bisnis Jus Buah Ibu Rini

0 Comments 🕔11.Jan 2014

Jus buah merupakan cara praktis mengkonsumsi buah. Bukan hanya memberikan rasa yang nikmat, tetapi, jus buah juga dapat menjadi peluang bisnis menjanjikan. Salah satunya adalah Ice Juice Bu Rinie di Jalan Tamansiswa No. 52 Jogja.

Margareta Soeryorini pemilik usaha ini mengaku sempat kerepotan melayani pelanggannya. Dengan dibantu empat pegawai, wanita berusaia 53 tahun ini bahkan tidak mempunyai waktu untuk istirahat sejenak. Antrian pelanggannya selalu panjang.

Banyak pelanggannya membeli jus buah untuk dibawa pulang. Rini sebenarnya menyediakan tempat untuk menikmati jus buah buatannya di tempatnya. Tetapi karena tempatnya sempit, maka hanya terbatas untuk beberapa pelanggan.

Bahkan, Rini berani mengusir pelanggannya, bila mereka pacaran di tempatnya. Biasanya, mereka akan singgah terlalu lama dan tidak memberikan kesempatan untuk pelanggan lainnya. Akan tetapi, meskipun diusir, mereka tidak marah dan hanya tersenyum.

Rini menggunakan berbagai macam buah, seperti alpukat, apel, jambu dan lainnya. Dia mendapatkannya dari Pasar Giwangan dan Gamping dengan sistem pembelian kwintalan.

Usahanya ini Rini mulai pada awal tahun 2000, saat dia kehilangan pekerjaannya di perusahaan garment di bilangan Demangan karena perusahaannya bangkrut. Dengan modal Rp. 200.000, dia membuka usaha ini di depan rumahnya.

jus buah, laba bisnis, usaha jus buah,

Dia menjual jus buah buatannya seharga Rp. 800 kala itu. Kini, harga jus buah buatannya dia jual dengan harga Rp. 6.000 sampai Rp. 10.000, mengikuti kenaikan bahan baku.

Harga yang mahal ini juga sesuai dengan porsi yang disajikan, yaitu porsi jumbo. Satu plastik bahkan setara dengan tiga porsi jus buah lainnya.

Rini biasa menjalankan usahanya mulai pukul 08.00 – 17.00 WIB. Bila cuaca sedang terik, Rini dapat menjual hingga 400 plastik lebih. Dia juga dapat menghabiskan 30 kilogram gula dan 15 kaleng susu. Untuk omzet, Rini biasanya mendapatkan omzet rata-rata Rp. 2,5 juta per hari.

Dari omzetnya ini, Rini mendapatkan keuntungan bersih sebesar 40 persen. Kenaikan terjadi hingga 50% pada bulan Ramadhan.

Meksipun Rini sudah lama menggeluti usaha jus buah ini, dia tidak berencana membuka cabang. Menurutnya, rumahnya adalah tempat dimana Tuhan memberi rejeki. Dia juga tidak mau menerima pesanan jus buah untuk acara-acara tertentu. Menurut Rini, dia lebih suka berjualan tanpa harus diperintah seseorang meskipun keuntungannya tidak besar.

Akan tetapi, meskipun Rini mengatakan keuntungan yang dia dapat tidak besar, dia berhasil meraih banyak hal dari usahanya ini. Selain bangkit setelah kehilangan pekerjaannya dahulu, kini, dia juga berhasil membuka toko serba ada di belakang gerobak jusnya. Jadi, pemasukan yang dia dapatkan juga bertambah.

Rini juga tidak pernah malu menjalankan usahanya ini. Dia berprinsip, bila kita menjalankan usaha dengan senang hati, maka kesuksesan akan datang dengan sendirinya.

jus buah, laba bisnis, usaha jus buah,

BACA JUGA:

Dari Dapur, Kue Meglio Kitchen Terbang Luar Negeri

Brownies Sayur, Hasil Ajaib Tangan Ainun

Similar Articles

Inilah 8 Penyebab Gagalnya Usaha Kecil

Inilah 8 Penyebab Gagalnya Usaha Kecil 0

Kian banyaknya pelaku UKM (Usaha Kecil Menengah) membuat persaingan usaha menjadi semakin ketat. Hal ini seringkali

Melirik Peluang Bisnis Potong Rambut Model Terkini

Melirik Peluang Bisnis Potong Rambut Model Terkini 0

Mempunyai gaya rambut menarik dengan model yang sedang menjadi trend saat ini adalah hal yang

3 Alasan Utama Mengapa Dunia Maya Simpan Peluang Usaha Menggiurkan!

3 Alasan Utama Mengapa Dunia Maya Simpan Peluang Usaha Menggiurkan! 0

Peluang usaha akan menjadi semakin menjanjikan, bila Anda mampu memanfaatkannya dengan baik. Salah satu peluang yang

4 Bukti Bisnis Keluarga dapat Sukses Besar

4 Bukti Bisnis Keluarga dapat Sukses Besar 0

Bisnis keluarga sering dianggap sebagai bisnis yang sulit berkembang karena sulitnya terbentuk profesionalisme antar anggota keluarga

5 Hal Penting Maksimalkan Peluang Bisnis Tas

5 Hal Penting Maksimalkan Peluang Bisnis Tas 0

Peluang bisnis tas terbilang cukup menggiurkan, karena produk ini banyak dicari, apalagi saat penampilan menjadi hal

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *