Teropong Bisnis | Homepage
Sayonara untuk Australia dari Philip Morris

Sayonara untuk Australia dari Philip Morris

0 Comments 🕔05.Apr 2014

Rokok merupakan salah satu komoditas bisnis yang menjanjikan. Meskipun banyak orang mengetahui bahayanya, masih banyak dari mereka yang mengkonsumsinya. Menurunnya bisnis rokok pada umumnya disebabkan oleh faktor lain, selain faktor kesadaran masyarakat akan kesehatan. Salah satunya tampak pada kasus Philip Morris di Australia.

Perusahaan Philip Morris International Inc. memutuskan untuk keluar dari Australia. Hal ini dilakukan karena selama satu dekade terakhir, penjualan mereka menurun drastis.

Ada banyak penyebab yang menjadi alasan diakhirinya 60 tahun perjalanan Philip Morris di Australia. Yang pertama adalah regulasi Australia yang semakin ketat. Pemerintah Australia mewajibkan pemasangan tulisan dan gambar mengenai bahaya merokok dalam ukuran besar.

Selain itu, produsen rokok juga wajib menyertakan informasi mengenai gambar bahaya kanker dari rokok. Adanya larangan merokok di lingkungan kerja dan juga tingginya pajak rokok juga menjadi salah satu alasannya.

Menurut John Gledhill, Managing Director Philip Morris untuk Australia, Selandia Baru dan Asia Pasifik, pihaknya akan menutup pabrik yang berada di Moorabbin, Melbourne. Dengan ditutupnya pabrik ini, dipastikan akan ada PHK masal.

wirausaha, sayonara, philip morris, rokok, australia

Biaya cukai rokok yang semakin meninggi pada satu dekade terakhir juga mempengaruhi daya konsumsi para konsumen rokok. Naiknya biaya cukai rokok ini mencapai sekitar 60 persen. Hal ini juga menaikkan harga jual rokok yang imbasnya menurunnya pembelian rokok.

Pada tahun 2013 yang lalu, sempat terjadi kenaikan jumlah penjualan rokok. Penjualan rokok tahun lalu mencapai 21,1 miliar batang atau naik tipis dibandingkan pada tahun 2012 yang mencapai 21 miliar batang. Penjualan rokok produksi Philip Morris juga terpengaruh hal ini.

Selain itu, adanya kesadaran akan bahaya kanker karena rokok juga menjadi alasan menurunnya penjualan rokok. Menurut data dari Cancer Council Victoria, konsumsi rokok turun menjadi 20 persen untuk pria dan 16 persen untuk wanita pada akhir 2012. Jumlah ini lebih rendah dari tahun 2011 yang mencapai 27 persen untuk pria dan 21 persen untuk wanita.

Menurut Mike Daube, President of the Australian Council on Smoking and Health, banyak produsen rokok mengalihkan bisnisnya ke negara berkembang. Philip Morris sendiri juga melakukan hal ini. Mereka membidik pasar Korea Selatan.

Untuk bisnis rokok global, menurut data Bloomberg, negara-negara seperti Brasil, Rusia, India, China dan Indonesia menjadi konsumen rokok terbesar. Besar konsumsi rokok di negara-negara ini mencapai 56 persen dari total konsumsi rokok dunia. Data ini menunjukkan konsumsi rokok yang sangat tinggi, dengan melihat total penjualan rokok global. Total penjualan rokok global sendiri mencapai 2,95 triliun batang pada 2007 dan meningkat menjadi 2,2 triliun batang pada 2012.

Langkah Philip Morris ini mengikuti langkah perusahaan asal Amerika Serikat lainnya, Ford Motor, yang juga hengkang dari Australia. Alasan terkuat mereka karena menguatnya nilai tukar dollar Australia terhadap dollar AS. Hal ini menyebabkan upah tenaga kerja naik yang juga menaikkan biaya produksi.

wirausaha, sayonara, philip morris, rokok, australia

BACA JUGA:

Gurihnya Keuntungan Bisnis Kuliner Pempek

Pindah Tempat, Bisnis Baby Shop Sukses Berat

Similar Articles

Inilah 8 Penyebab Gagalnya Usaha Kecil

Inilah 8 Penyebab Gagalnya Usaha Kecil 0

Kian banyaknya pelaku UKM (Usaha Kecil Menengah) membuat persaingan usaha menjadi semakin ketat. Hal ini seringkali

Melirik Peluang Bisnis Potong Rambut Model Terkini

Melirik Peluang Bisnis Potong Rambut Model Terkini 0

Mempunyai gaya rambut menarik dengan model yang sedang menjadi trend saat ini adalah hal yang

3 Alasan Utama Mengapa Dunia Maya Simpan Peluang Usaha Menggiurkan!

3 Alasan Utama Mengapa Dunia Maya Simpan Peluang Usaha Menggiurkan! 0

Peluang usaha akan menjadi semakin menjanjikan, bila Anda mampu memanfaatkannya dengan baik. Salah satu peluang yang

4 Bukti Bisnis Keluarga dapat Sukses Besar

4 Bukti Bisnis Keluarga dapat Sukses Besar 0

Bisnis keluarga sering dianggap sebagai bisnis yang sulit berkembang karena sulitnya terbentuk profesionalisme antar anggota keluarga

5 Hal Penting Maksimalkan Peluang Bisnis Tas

5 Hal Penting Maksimalkan Peluang Bisnis Tas 0

Peluang bisnis tas terbilang cukup menggiurkan, karena produk ini banyak dicari, apalagi saat penampilan menjadi hal

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *