Teropong Bisnis | Homepage
Sandal Hotel, Produk Simpel dengan Peluang Menggiurkan

Sandal Hotel, Produk Simpel dengan Peluang Menggiurkan

0 Comments 🕔04.Aug 2014

Bila Anda sering atau pernah menginap di hotel, Anda pasti tidak asing dengan sandal hotel. Selain alas kaki yang nyaman dipakai saat menginap di hotel tersebut, benda ini juga sering dibawa sebagai souvenir. Tetapi, dibalik kesederhanaan sandal hotel, terdapat peluang bisnis yang menjanjikan.

Contoh nyatanya adalah Benz Raja Sandal, yang sudah berjalan sejak 2006. Menurut Wellanti Silitonga, staf pemasaran bisnis ini, saat ini banyak kompetitor yang bermunculan. Namun, pihaknya selalu berusaha mempertahankan kualitas untuk memuaskan pelanggan.

Benz Raja Sandal mampu memproduksi 30.000 pasang sandal per bulan untuk 3 hingga 5 hotel. Harga yang dipasang mulai dari Rp. 2.000 hingga Rp. 10.000. Dengan batas pemesanan minimal 3.000 pasang, keuntungan yang didapat perusahaan ini cukup besar.

Benz Raja Sandal saat ini memiliki 15 orang karyawan. Daerah pemasaran perusahaan ini mencapai Jabodetabek, Makassar, bali dan Jambi. Selain dilakukan secara langsung, cara online juga digunakan Benz Raja Sandal untuk menjual produk mereka.

Selain Benz Raja Sandal, CV Pilar asal Yogyakarta juga cukup sukses dengan bisnis sandal hotel ini. Dewi, pendiri bisnis sandal hotel ini, menyadari akan tingginya kebutuhan sandal hotel, kala dia masih bekerja di sebuah hotel. Akhirnya, dia memutuskan untuk mencoba bisnis ini dua tahun yang lalu.

Kini, CV Pilar dapat memproduksi hingga 20.000 pasang per bulan. Harga jual produk Dewi berkisar antara Rp. 1.950 hingga Rp. 10.000. Harga ini dapat bertambah, bila pelanggan juga memesan layanan sablon logo hotel, yaitu Rp. 100 per warna. Margin keuntungan yang didapat dapat mencapai 20 hingga 30 persen.

CV Pilar saat ini bekerjasama dengan 10 hotel yang rutin memesan produk sandal hotel. Hotel-hotel ini tersebar di daerah, Yogyakarta, Magelang, Solo, Jakarta, Tangerang, Depok, Balikpapan, Palangkaraya, Sorong hingga Australia. Luasnya pemasaran CV Pilar juga disebabkan oleh pemasaran online yang dilakukan.

Salah satu kendala yang dihadapi Dewi adalah lamanya negoisasi dengan pihak hotel. Hal ini dapat mengganggu proses produksi pesanan yang lain.

Dewi dan Wellanti sepakat, bila bisnis ini sangat menjanjikan. Kian menjamurnya hotel-hotel baru membuat pasar mereka kian luas. Selain hotel, pasar yang tersedia juga cukup banyak, seperti laboratorium, souvenir untuk pernikahan dan lainnya. Jadi, mereka tidak pernah khawatir, bila tidak ada pesanan yang datang dari hotel.

Namun, menurut Wellanti, presentase pemesan selain hotel saat ini masih sangat sedikit. Dari total pesanan sandal hotel Benz Raja Sandal, hanya 20 persen yang berasal dari luar hotel.

Bisnis sandal hotel ini sama dengan jenis-jenis bisnis lainnya. Yang dibutuhkan adalah inovasi. Dengan inovasi yang berkelanjutan, maka akan ada produk-produk baru yang dapat memuaskan pelanggan. Hal inilah yang dapat mempertahankan pelanggan dan menarik pelanggan baru.

1. Sandal Hotel, Produk Simpel dengan Peluang Menggiurkan 2

BACA JUGA:

Rencana Pajak Hiburan Naik, Pengusaha Hiburan Malam Kalang Kabut

Ana Larderet, Sang Ibu Tempe Di Eropa

Similar Articles

Inilah 8 Penyebab Gagalnya Usaha Kecil

Inilah 8 Penyebab Gagalnya Usaha Kecil 0

Kian banyaknya pelaku UKM (Usaha Kecil Menengah) membuat persaingan usaha menjadi semakin ketat. Hal ini seringkali

Melirik Peluang Bisnis Potong Rambut Model Terkini

Melirik Peluang Bisnis Potong Rambut Model Terkini 0

Mempunyai gaya rambut menarik dengan model yang sedang menjadi trend saat ini adalah hal yang

3 Alasan Utama Mengapa Dunia Maya Simpan Peluang Usaha Menggiurkan!

3 Alasan Utama Mengapa Dunia Maya Simpan Peluang Usaha Menggiurkan! 0

Peluang usaha akan menjadi semakin menjanjikan, bila Anda mampu memanfaatkannya dengan baik. Salah satu peluang yang

4 Bukti Bisnis Keluarga dapat Sukses Besar

4 Bukti Bisnis Keluarga dapat Sukses Besar 0

Bisnis keluarga sering dianggap sebagai bisnis yang sulit berkembang karena sulitnya terbentuk profesionalisme antar anggota keluarga

5 Hal Penting Maksimalkan Peluang Bisnis Tas

5 Hal Penting Maksimalkan Peluang Bisnis Tas 0

Peluang bisnis tas terbilang cukup menggiurkan, karena produk ini banyak dicari, apalagi saat penampilan menjadi hal

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *