Teropong Bisnis | Homepage
Sandal Biji Salak, Mengubah Sisa Menjadi Untung

Sandal Biji Salak, Mengubah Sisa Menjadi Untung

0 Comments 🕔01.Jul 2014

Modal tidak dapat dipungkiri adalah salah satu hal terpenting dalam sebuah bisnis. Namun, tidak sepenuhnya, modal mempunyai peran besar dalam kesuksesan. Kreativitas Andalah yang harus digunakan untuk mengubah modal yang tidak seberapa besar menjadi sebuah pintu menuju kesuksesan.

Salah satu contoh yang dapat kita ambil adalah usaha sandal biji salak yang dirintis oleh Tim Program Kreativitas Mahasiswa Kewirausahaan Universitas Negeri Yogyakarta. Para mahasiswa ini berhasil memberdayakan limbah biji salah dan mengubahnya menjadi produk layak jual.

Tim mahasiswa UNY ini menggunakan limbah biji salah menjadi sandal dengan fungsi terapi rematik. Mereka menamakan produk ini, Portable Reumathic atau disingkat menjadi Pormathic. Menurut Dianing Meijayanti, koordinator tim ini, mereka bertujuan untuk mengubah limbah biji salak ini menjadi barang yang lebih bernilai. Dan memang, produk baru ini dapat dijual dengan harga yang cukup tinggi, yaitu Rp. 89.999 untuk sepasang sandal Pormathic.

Bila dilihat dari bahan dan modal yang digunakan, bisnis ini cukup menjanjikan. Mereka pada dasarnya hanya menggunakan modal yang sangat kecil. Bahkan, karena bahan yang digunakan adalah bahan bekas atau sisa, maka mereka bisa mendapatkannya secara gratis.

Selain modal dan bahan yang murah, proses produksi juga penting. Dianing mengungkapkan, proses pembuatan sandal Pormathic ini cukup mudah. Dia mengungkapkan beberapa proses pembuatan produk ini, sebagai berikut:

  1. Bahan yang dibutuhkan dipersiapkan. Bahan-bahan untuk sandal biji salak ini bukan hanya berasal dari limbah biji salak. Tim mahasiswa ini juga menggunakan biji karet yang mempunyai bentuk dan kekerasan yang sama dengan biji salak.
  2. Bahan yang tersedia tersebut lalu di rendam dalam alkohol. Proses perendaman berlangsung selama 20 menit.
  3. Setelah itu, bahan dikeringkan dan diwarnai. Proses pewarnaan ini dilakukan untuk membuat biji salak terlihat lebih indah dan menarik.
  4. Pembuatan pola untuk dasar sandal mulai dikerjakan dengan memotong alas karet berdasarkan ukuran pemesan.
  5. Biji salak yang sudah kering dan diwarnai lalu ditempel di alas yang sudah dipotong tersebut. Biji salak tersebut kemudian dirapikan agar nyaman saat digunakan.
  6. Yang terakhir adalah proses penjahitan, perapian dan penyelesaian akhir. Dan, produk siap dijual.

Dalam pembuatan produk ini, tim ini memberikan kebebasan kepada pelanggan untuk memilih warna yang mereka sukai. Jadi, pada saat bahan baku limbah salak diolah pada proses awal, pemilihan warna dilakukan sendiri oleh pelanggan.

Sandal biji salak ini sebenarnya mempunyai peluang besar untuk sukses. Hal ini dikarenakan masyarakat saat ini sudah sangat sadar pentingnya kesehatan mereka. Dan, dengan sandal biji salak ini, masyarakat juga mendapatkan cara yang cukup murah untuk mengatasi penyakit mereka.

Yang terpenting disini adalah pemasaran produk ini. Meskipun menjanjikan, bila tidak diimbangi dengan pemasaran yang bagus, maka produk ini tidak akan dikenal. Dan, akan sangat sulit mengembangkan usaha ini bila hal itu terjadi.

1.Sandal Biji Salak, Mengubah Sisa Menjadi Untung 1

BACA JUGA:

Mengais Nikmatnya Laba dari Pakaian Adat Anak

Telur Semut Penghasil Jutaan Per Minggu

Similar Articles

Inilah 8 Penyebab Gagalnya Usaha Kecil

Inilah 8 Penyebab Gagalnya Usaha Kecil 0

Kian banyaknya pelaku UKM (Usaha Kecil Menengah) membuat persaingan usaha menjadi semakin ketat. Hal ini seringkali

Melirik Peluang Bisnis Potong Rambut Model Terkini

Melirik Peluang Bisnis Potong Rambut Model Terkini 0

Mempunyai gaya rambut menarik dengan model yang sedang menjadi trend saat ini adalah hal yang

3 Alasan Utama Mengapa Dunia Maya Simpan Peluang Usaha Menggiurkan!

3 Alasan Utama Mengapa Dunia Maya Simpan Peluang Usaha Menggiurkan! 0

Peluang usaha akan menjadi semakin menjanjikan, bila Anda mampu memanfaatkannya dengan baik. Salah satu peluang yang

4 Bukti Bisnis Keluarga dapat Sukses Besar

4 Bukti Bisnis Keluarga dapat Sukses Besar 0

Bisnis keluarga sering dianggap sebagai bisnis yang sulit berkembang karena sulitnya terbentuk profesionalisme antar anggota keluarga

5 Hal Penting Maksimalkan Peluang Bisnis Tas

5 Hal Penting Maksimalkan Peluang Bisnis Tas 0

Peluang bisnis tas terbilang cukup menggiurkan, karena produk ini banyak dicari, apalagi saat penampilan menjadi hal

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *