Teropong Bisnis | Homepage
Rencana Pajak Hiburan Naik, Pengusaha Hiburan Malam Kalang Kabut

Rencana Pajak Hiburan Naik, Pengusaha Hiburan Malam Kalang Kabut

0 Comments 🕔02.Aug 2014

Pajak merupakan salah satu sumber terbesar pemasukan negara maupun daerah. Pemerintah Pusat maupun daerah mempunyai hak khusus untuk menentukan besar pajak ini. Seperti Pemerintah Provinsi DKI Jakarta yang akan menaikkan pajak hiburan untuk DKI Jakarta. Rencana ini akan dilakukan untuk meningkatkan pemasukan daerah.

Rencana kenaikan pajak hiburan ini dicantumkan dalam Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) mengenai Perubahan atas Peraturan Daerah Nomor 13/2010 mengenai pajak hiburan. Sayangnya, tidak semua pihak setuju dan menerima rencana Pemerintah DKI Jakarta ini. Salah satunya adalah para pengusaha hiburan malam.

Memang, bila rencana naiknya pajak hiburan ini terlaksana, maka para penguasha hiburan malam akan terkena dampak langsungnya. Menurut Adrian Maulite, Ketua Asosiasi Pengusaha Tempat Hiburan Malam, akan ada biaya tambahan pada biaya operasional bisnis mereka. Dan, bila hal ini terjadi, maka akan ada banyak orang yang akan kehilangan pekerjaan mereka.

Menurut Adrian, banyak orang yang terlibat dalam bisnis ini. Mulai dari tukang parkir hingga orang yang menumpang hidup di bisnis ini akan terkena dampaknya.

Salah satu alasan kuat mengapa rencana kenaikan pajak hiburan ini tidak diterima oleh pengusaha hiburan malam adalah bisnis ini sendiri sudah terbebani oleh banyak kenaikan tarif lainnya. Contohnya, naiknya tarif dasar listrik, bisnis malam sangat bergantung pada listrik. Dan, naiknya tarif listrik pada tanggal 1 Juli 2014 yang lalu secara langsung berdampak pada biaya operasional bisnis ini.

Adrian mengungkapkan pihaknya tidak sanggup dengan kenaikan pajak hiburan ini. Selain TDL yang naik, adanya kenaikan upah minimum juga menjadi salah satu penyebab penolakan ini. Pajak hiburan yang mencapai 20 persen saat ini sudah sangat memberatkan. Apabila dinaikkan, tentunya akan lebih mencekik para pebisnis hiburan malam.

Menurut data yang ada, bisnis hiburan menjadi penyumbang penerimaan pajak terbesar DKI Jakarta, bersama restoran dan hotel. Ketiga jenis bisnis ini menyumbang sekitar 12 persen dari pemasukan pajak DKI Jakarta. Namun, jumlah pekerja yang bekerja di bisnis hiburan tergolong sangat tinggi. Jadi, rencana kenaikan pajak hiburan ini akan berdampak lebih besar.

Pemerintah DKI Jakarta berencana akan menaikkan 2 jenis pajak hiburan. Untuk pajak diskotek, klub malam, bar, pub, karaoke, live musik dengan DJ, akan dinaikkan menjadi 35 persen dari 20 persen. Sedangkan pajak untuk bioskop, pagelaran musik, seni dan kontes kecantikan, serta tempat wisata dan rekreasi, dinaikkan menjadi 15 persen dari 10 persen.

Menurut Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama, kenaikan ini diperlukan. Hal in dikarenakan, jenis pajak ini tidak naik dalam waktu yang cukup lama. Kenaikan ini juga diharapkan dapat memenuhi target penerimaan pajak Jakarta yang mencapai Rp. 32,5 triliun pada 2014.

Adrian sendiri berharap besar pada Presiden terpilih, Joko Widodo. Dia berharap agar Jokowi dapat mendukung bisnis ini, karena ada banyak orang yang bergantung pada bisnis ini.

 pajak hiburan, tax, kenaikan pajak, usaha hiburan, pajak

BACA JUGA:

Perusahaan Kecil dengan Inovasi Bisnis Terbesar

PT Telkom Sukses Meraih Pemasukan Lebih dari 300 Milyar Selama Bulan Puasa

Similar Articles

Inilah 8 Penyebab Gagalnya Usaha Kecil

Inilah 8 Penyebab Gagalnya Usaha Kecil 0

Kian banyaknya pelaku UKM (Usaha Kecil Menengah) membuat persaingan usaha menjadi semakin ketat. Hal ini seringkali

Melirik Peluang Bisnis Potong Rambut Model Terkini

Melirik Peluang Bisnis Potong Rambut Model Terkini 0

Mempunyai gaya rambut menarik dengan model yang sedang menjadi trend saat ini adalah hal yang

3 Alasan Utama Mengapa Dunia Maya Simpan Peluang Usaha Menggiurkan!

3 Alasan Utama Mengapa Dunia Maya Simpan Peluang Usaha Menggiurkan! 0

Peluang usaha akan menjadi semakin menjanjikan, bila Anda mampu memanfaatkannya dengan baik. Salah satu peluang yang

4 Bukti Bisnis Keluarga dapat Sukses Besar

4 Bukti Bisnis Keluarga dapat Sukses Besar 0

Bisnis keluarga sering dianggap sebagai bisnis yang sulit berkembang karena sulitnya terbentuk profesionalisme antar anggota keluarga

5 Hal Penting Maksimalkan Peluang Bisnis Tas

5 Hal Penting Maksimalkan Peluang Bisnis Tas 0

Peluang bisnis tas terbilang cukup menggiurkan, karena produk ini banyak dicari, apalagi saat penampilan menjadi hal

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *