Teropong Bisnis | Homepage
Ratusan Juta Rupiah Hanya Dari Buah dan Sayuran

Ratusan Juta Rupiah Hanya Dari Buah dan Sayuran

0 Comments 🕔29.Oct 2013

Perusahaan Yan’s Fruit and Vegetables yang dimiliki Kostaman sangat sukses sebagai pemasok buah dan sayuran ke berbagai supermakert di Jakarta, seperti Sogo, Papaya, Ranch Market, Grand Lucky dan lainnya. Dia juga mendapatkan pemasukan ratusan juta per bulan. Tapi, pada awalnya, Kostaman hanyalah asisten sopir angkutan buah dan sayuran perusahaan asal Jepang, di Bandung, Jawa Barat sejak tahun 1997.

Saat menjadi asisten supir, Kostaman banyak menghadapi supervisor atau manajer untuk proses administrasi. Hal ini karena sopir yang bekerja dengannya malas untuk melakukan hal ini.

Ide memulai bisnis buah-buahan dimulai pada tahun 1999 saat terjadi krisis pasokan stroberi. Dia lalu berusaha menawarkan stroberi berkualitas dari petani Ciwidey di Bandung. Tapi, dia belum membuka usaha sendiri karena terbentur modal. Jadi, dia masih bergabung dengan perusahaan dimana dia bekerja.

Pada tahun 2000, Kostaman bekerja dengan temannya dan keluar dari tempatnya bekerja. Dengan modal awal Rp. 7 juta, dia mendirikan Yan’s Fruit and Vegetables. Dia memulai bekerja sama dengan petani dengan memberikan bibit, lalu meingkat menjadi pengepul.

Tahun 2003 menjadi titik balik bisnis buah dan sayuran Kostaman. Dia ditawari untuk memasok supermarket besar. Dan, sejak saat itu, dia memasok 125 item sayuran, seperti paprika, kol dan lainnya. Untuk buah, dia hanya memasok stroberi saja.

Kini ada 35 supermarket yang berlangganan di perusahaan Kostaman. Omzet dia mencapai RP. 400 juta per bulan dan dia mampu memasok 5 ton buah dan sayuran per hari.

Saat ini, Kostaman memiliki 24 karyawan. Kebanyakan dari mereka adalah warga di kampungnya. Dan, Kostaman mengatakan selalu berusaha keras agar bisnisnya ini tidak menurun yang mengakibatkan pengurangan tenaga kerja.

Banyak inovasi yang Kostaman ciptakan, seperti jadwal kerja mulai sore hingga dini hari. Cara ini dapat menghemat biaya pengiriman, sehingga, saat mengirim tidak memerlukan pendingin. Pengiriman dilakukan pada pukul 3 dini hari sehingga sayuran dan buah tiba dalam keadaan segar.

Menurut pria 42 tahun ini, dia bahagia saat menjalankan usahanya ini. Dan, Kostaman juga mengakui bahwa kerja keras, keberanian dan ketekunan dalam berusaha adalah kunci yang memberikannya kesuksesan seperti saat ini.

Kostaman juga mngatakan bahwa uang bukanlah segalanya. Dia sendiri membuktikan bahwa hanya dengan 7 juta, dia berhasil sukses seperti saat ini. Bahkan, saat usaha sudah besar, banyak bank yang mencari dan menawari pinjaman.

Ke depannya, Kostaman ini mengembangkan usahanya agar dapat bersaing dengan pasar internasional. Menurut Kostaman, saat ini buah dan sayuran dari China merupakan saaingan berat dari produk lokal. Saat ini, brokoli dan wortel sudah dikuasai oleh China. Salah satu penyebabnya adalah harga yang mereka tawarkan lebih murah daripada produk lokal.

Tapi, saat ini sudah ada pembatasan impor sayuran. Jadi, produk lokal sudah dapat bertahan di pasar lokal.

Similar Articles

Inilah 8 Penyebab Gagalnya Usaha Kecil

Inilah 8 Penyebab Gagalnya Usaha Kecil 0

Kian banyaknya pelaku UKM (Usaha Kecil Menengah) membuat persaingan usaha menjadi semakin ketat. Hal ini seringkali

Melirik Peluang Bisnis Potong Rambut Model Terkini

Melirik Peluang Bisnis Potong Rambut Model Terkini 0

Mempunyai gaya rambut menarik dengan model yang sedang menjadi trend saat ini adalah hal yang

3 Alasan Utama Mengapa Dunia Maya Simpan Peluang Usaha Menggiurkan!

3 Alasan Utama Mengapa Dunia Maya Simpan Peluang Usaha Menggiurkan! 0

Peluang usaha akan menjadi semakin menjanjikan, bila Anda mampu memanfaatkannya dengan baik. Salah satu peluang yang

4 Bukti Bisnis Keluarga dapat Sukses Besar

4 Bukti Bisnis Keluarga dapat Sukses Besar 0

Bisnis keluarga sering dianggap sebagai bisnis yang sulit berkembang karena sulitnya terbentuk profesionalisme antar anggota keluarga

5 Hal Penting Maksimalkan Peluang Bisnis Tas

5 Hal Penting Maksimalkan Peluang Bisnis Tas 0

Peluang bisnis tas terbilang cukup menggiurkan, karena produk ini banyak dicari, apalagi saat penampilan menjadi hal

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *