Teropong Bisnis | Homepage
Pesan-Antar Makanan Online, Berkah Dibalik Macet

Pesan-Antar Makanan Online, Berkah Dibalik Macet

0 Comments 🕔04.Dec 2013

Berawal dari rasa lapar yang datang saat terjebak macet, Michael Saputra founder dan Chief Executive Officer (CEO) Klik-Eat.com mendapatkan ide untuk membuat layanan pesan-antar makanan online. Dia bersama kedua rekannya, Andrew Pangestan, Chief Financial Officer (CFO) dan Willy Haryanto, Chief Technical Officer (CTO) akhirnya membangun Klik-Eat.com dengan modal patungan sebesar Rp. 300 juta.

Mereka juga bekerjasama dengan banyak restoran. Kini restoran yang bekerja sama dengan mereka mencapai 210 restoran yang memiliki total 370 gerai.

Pada awalnya, usaha Michael ini menemui kesulitan saat menjelaskan konsep usahanya kepada pemilik restoran. Mereka juga harus rela berbagi hasil yang minim, bahkan hanya 0%-10% untuk meyakinkan mereka. Baru, setelah beberapa bulan dan menunjukkan peningkatan, mereka mendapat persentasi bagi hasil yang lebih besar.

Layanan yang mereka sediakan dapat diakses melalui website,  telepon atau email. Bahkan, pesanan bernilai besar sekitar RP. 1 juta-Rp 2 juta datang dari telepon.

Michael dan kawan-kawan memakai jasa kurir untuk mengantarkan pesanan pelanggan. Dan, untuk memberikan pelayanan memuaskan, mereka juga membatasi daerah pemesanan, yaitu Jakarta Selatan dan Jakarta Pusat, mencakup kawasan Thamrin, Bendungan Hilir, dan Kuningan.

Tahun pertama beroperasi, layanan pesan-antar makanan online ini mendapatkan 80-90 pesanan per hari. Kini, pesanan sudah mencapai 150 pesanan per hari dengan omzet Rp. 700 juta per bulan.

Selain Klik-Eat.com, ada juga FoodPanda.co.id. Usaha ini dimiliki oleh Rocket Internet yang juga sukses dengan bisnis e-commerce Zalora.co.id dan Lazada.co.id.

FoodPanda.co.id menyediakan layanan yang sama dengan Klik-Eat.com. Bedanya pada jenis kerjasama mereka dengan restoran. Mereka menyediakan 2 macam kerjasama, yaitu jasa pemasaran dan jasa pemasaran dan pengantaran.

FoodPanda.co.id bekerjasama dengan 400 restoran. 75% diantaranya menggunakan jasa pemasaran, karena mereka sudah memiliki layanan pesan-antar sendiri.  Sisanya menggunakan armada pengantar FoodPanda.co.id yang terdiri dari 15 sampai 20 kurir, baik yang full timepart time atau outsource.

Sama seperti Klik-Eat.com, FoodPanda.co.id juga membatasi daerah layanan mereka. Mereka hanya melayani daerah Jakarta Pusat dan Jakarta Selatan.

Saat ini FoodPanda.co.id mempunyai ribuan pelanggan setia. Menurut Juan Chene, Managing Director FoodPanda.co.id, pelanggan setia ini adalah mereka yang memesan makanan melalui website ini sebanyak 10 kali tiap minggunya.

Untuk promosi, kedua website ini menggunakan cara yang hampir sama. Mereka mempromosikan usaha mereka melalui Google, brosur yang disebarkan ke perkantoran dan event-event.

Klik-Eat.com bahkan bekerjasama dengan restoran untuk mencantumkan nama mereka di brosur promosi restoran tersebut. Dan,FoodPanda.co.id akan bekerjasama dengan Telkomsel untuk mengadakan event promosi pada 11-13 Desember 2013. Mereka juga membagikan voucher sebesar Rp. 30.000 untuk pelanggan Telkomsel dengan 1 point reward.

Bisnis pesan-antar makanan online ini tidak hanya menguntungkan untuk pemiliknya, tetapi juga untuk restoran yang bekerja sama. Contohnya, Restoran Sate dan Tongseng Domba Tarzan yang mengalami peningkatan jumlah konsumen yang membeli makanan yang mereka buat.

Menurut Michael dan Chene, prospek usaha dibidang ini sangatlah bagus. Jadi, bila Anda ingin memulai sebuah usaha, tidak ada salahnya mencoba membuat layanan ini.

Similar Articles

Inilah 8 Penyebab Gagalnya Usaha Kecil

Inilah 8 Penyebab Gagalnya Usaha Kecil 0

Kian banyaknya pelaku UKM (Usaha Kecil Menengah) membuat persaingan usaha menjadi semakin ketat. Hal ini seringkali

Melirik Peluang Bisnis Potong Rambut Model Terkini

Melirik Peluang Bisnis Potong Rambut Model Terkini 0

Mempunyai gaya rambut menarik dengan model yang sedang menjadi trend saat ini adalah hal yang

3 Alasan Utama Mengapa Dunia Maya Simpan Peluang Usaha Menggiurkan!

3 Alasan Utama Mengapa Dunia Maya Simpan Peluang Usaha Menggiurkan! 0

Peluang usaha akan menjadi semakin menjanjikan, bila Anda mampu memanfaatkannya dengan baik. Salah satu peluang yang

4 Bukti Bisnis Keluarga dapat Sukses Besar

4 Bukti Bisnis Keluarga dapat Sukses Besar 0

Bisnis keluarga sering dianggap sebagai bisnis yang sulit berkembang karena sulitnya terbentuk profesionalisme antar anggota keluarga

5 Hal Penting Maksimalkan Peluang Bisnis Tas

5 Hal Penting Maksimalkan Peluang Bisnis Tas 0

Peluang bisnis tas terbilang cukup menggiurkan, karena produk ini banyak dicari, apalagi saat penampilan menjadi hal

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *