Teropong Bisnis | Homepage
Pemilu Datang, Bisnis SPG Untung Besar

Pemilu Datang, Bisnis SPG Untung Besar

0 Comments 🕔29.Mar 2014

Ada banyak cara partai politik mencoba menarik pemilih pada Pemilu tahun ini. Salah satunya adalah menggunakan Salest Promotion Girl atau SPG pada saat kampanye. Hal ini membawa berkah tersendiri bagi pengusaha penyedia jasa SPG. Salah satunya adalah Wahana Agency.

Menurut Cahyo, pemilik Wahana Agency, terjadi peningkatan permintaan pada Pemilu tahun ini. Dan, dia memanfaatkan momen ini untuk meraup untung. Seperti yang kita tahu, saat menggelar kampanye, banyak partai tidak peduli berapa dana yang dikeluarkan asal dapat menarik masyarakat. Dari sini, Cahyo mendapatkan keuntungan yang cukup besar.

Wahana Agency sendiri memiliki 650 model dan SPG yang tersebar di berbagai kota. Bandung merupakan yang terbanyak dengan 300 orang model dan SPG. Sedangkan sisanya, tersebar di kota-kota lainnya, seperti Medan, Surabaya, Jakarta, Semarang, Yogyakarta dan Makassar.

Tarif yang dipasang beragam. Mulai dari Rp. 800 ribu hingga Rp. 2 juta per hari per event. Tarif ini juga dipengaruhi oleh kualifikasi SPG yang disediakan Wahana Agency.

wirausaha, pemilu, bisnis, spg, untung

Ada beberapa hal yang digunakan untuk penentuan kualifikasi SPG oleh Wahana Agency. Yang pertama adalah fisik SPG. SPG dengan kelas A mempunyai kualifikasi, kulit putih dengan tinggi minimal 170 cm. Untuk kelas B, tinggi 165 cm-170 cm dan kelas C dibawah 165 cm.

Selain itu, skill dan latar belakang pendidikan juga menjadi faktor penting. SPG dengan kualifikasi tinggi adalah mereka yang dapat berbahasa asing dan mempunyai latar pendidikan yang baik. Cahyo bahkan mengatakan, terdapat SPG dengan gelar sarjana bahkan S2 yang bergabung di perusahaannya.

Selain itu, SPG yang bergabung di Wahana Agency sangat beragam. Ada SPG yang sudah menikah, ada pula SPG yang bergabung untuk pekerjaan sampingan. Jadi, mereka hanya bekerja di hari Sabtu dan Minggu saja.

Banyak parpol menyewa SPG untuk berbagai keperluan. Seperti meramaikan acara di atas panggung dan membagikan selebaran kampanye. Ada juga parpol yang menyewa SPG untuk menjadi pagar ayu. Biasanya, hal ini dilakukan pada rapat-rapat nasional partai.

Untuk rapat-rapat semacam ini, Cahyo menetapkan tarif yang berbeda. Harga yang dia pasang akan lebih mahal, bila dihadiri pimpinan partai atau ketua umumnya.

Cahyo baru menjalankan usahanya ini selama 2 tahun. Dan, baru kali ini, dia melayani permintaan pelanggan untuk keperluan kampanye.

Dari kondisi ini, dapat dikatakan, usaha ini sangat menjanjikan. Selain layanan yang ditawarkan mudah untuk didapat, harga juga dapat diatur oleh sang pemilik usaha. Dengan demikian, margin keuntungan yang didapat juga dapat ditingkatkan. Hasilnya, acara-acara besar semacam Pemilu akan menjadi momen tepat mengais keuntungan berlipat ganda.

Yang perlu diingat dalam usaha penyediaan SPG adalah keamanan SPG yang disediakan. Jangan sampai mereka mendapatkan masalah, karena pengusaha memilih klien yang salah.

wirausaha, pemilu, bisnis, spg, untung

BACA JUGA:

Stiker Pemilu Adalah Emas Saat Ini

Mendulang Emas dari Makanan Bayi

Similar Articles

Inilah 8 Penyebab Gagalnya Usaha Kecil

Inilah 8 Penyebab Gagalnya Usaha Kecil 0

Kian banyaknya pelaku UKM (Usaha Kecil Menengah) membuat persaingan usaha menjadi semakin ketat. Hal ini seringkali

Melirik Peluang Bisnis Potong Rambut Model Terkini

Melirik Peluang Bisnis Potong Rambut Model Terkini 0

Mempunyai gaya rambut menarik dengan model yang sedang menjadi trend saat ini adalah hal yang

3 Alasan Utama Mengapa Dunia Maya Simpan Peluang Usaha Menggiurkan!

3 Alasan Utama Mengapa Dunia Maya Simpan Peluang Usaha Menggiurkan! 0

Peluang usaha akan menjadi semakin menjanjikan, bila Anda mampu memanfaatkannya dengan baik. Salah satu peluang yang

4 Bukti Bisnis Keluarga dapat Sukses Besar

4 Bukti Bisnis Keluarga dapat Sukses Besar 0

Bisnis keluarga sering dianggap sebagai bisnis yang sulit berkembang karena sulitnya terbentuk profesionalisme antar anggota keluarga

5 Hal Penting Maksimalkan Peluang Bisnis Tas

5 Hal Penting Maksimalkan Peluang Bisnis Tas 0

Peluang bisnis tas terbilang cukup menggiurkan, karena produk ini banyak dicari, apalagi saat penampilan menjadi hal

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *