Teropong Bisnis | Homepage
Peluang Usaha Budidaya Ikan dengan Keuntungan 100%

Peluang Usaha Budidaya Ikan dengan Keuntungan 100%

0 Comments 🕔27.Apr 2016

Peluang usaha budidaya ikan neon tetra sebenarnya sangat amat menggiurkan. Sayangnya, masih banyak orang yang memandang bahwa usaha ini hanya menghasilkan uang recehan saja. Memang, hal tersebut benar adanya, bila usaha yang Anda lakukan dalam skala kecil. Namun, bila Anda mampu mengembangkan usaha ini, maka ratusan juta Rupiah dapat masuk ke kantong Anda.

Salah satu contoh pelaku usaha budidaya ikan neon tetra yang cukup sukses adalah Bambang Suripto. Pembudidaya asal Pondok Petir, Sawangan Depok ini sudah menggeluti usaha ini selama 10 tahun dan berhasil memproduksi 400 ribu ekor ikan neon tetra  setiap dua bulan sekali. Dia menggunakan 900 buah akuarium untuk mampu memproduksi ikan sebanyak ini.

Omzet yang dia dapat dari usaha ini dapat mencapai ratusan juta dengan margin keuntungan 100%. Biasanya, Bambang membeli bibit ikan dengan harga Rp. 125 per ekor dan dia jual dengan harga Rp. 250 hingga Rp. 600 per ekor sesuai ukurannya.

Yang membuat peluang usaha budidaya ikan jenis ini sangat menggiurkan adalah perawatannya yang mudah. Ikan jenis ini juga jarang terkena penyakit, dan bahkan resiko yang dihadapi dari usaha ini hampir tidak ada. Masalah utama yang biasanya datang adalah saat ada ikan sakit atau mati. Namun, jumlah ikan yang terkena masalah ini biasanya tidak terlalu banyak dan tidak mempengaruhi jumlah produksi.

Pasar yang tersedia untuk ikan neon tetra juga terbilang sangat luas. Bambang mengungkapkan setiap tahun selalu ada permintaan untuk ikan ini. Ditambah lagi, permintaan dari banyak negara untuk ikan ini juga cukup tinggi, seperti dari Perancis, Jerman, Australia, Singapura, Malaysia dan lainnya.

Tetapi, kunci keberhasilan dari usaha yang dijalankan Bambang ini adalah modal yang dia gunakan. Awalnya, dia hanya menggunakan 50 akuarium dan tidak menghasilkan omzet yang cukup besar. Namun, setelah dia meminjam modal dari Bank dan Koperasi, dia berhasil menambah kapasitas produksinya hingga mencapai 900 akuarium. Dia bahkan ingin memaksimalkan peluang usaha budidaya ini dengan menambah 300 buah akuarium untuk tambahan 100 ribu ekor produksi ikan neon tetra per bulannya.

Artinya, untuk dapat memperoleh keuntungan dan ozmet maksimal dari usaha ini, dibutuhkan skala yang lebih besar. Dan, modal sangat diperlukan disini. Untungnya, banyak program yang pro pelaku usaha kecil yang dapat digunakan untuk kepentingan ini.

Namun, untuk membuat usaha ini menjadi besar dan menghasilkan, dibutuhkan kesabaran, keuletan dan kerja keras. Memang, cara perawatan dan budidaya ikan ini cukup mudah. Tetapi, untuk dapat mencapai masa panen, dibutuhkan hal-hal tersebut, serta ketelitian agar tidak ada masalah yang menyerang saat masa budidaya. Bila Anda berhasil melakukannya, maka peluang usaha ini akan semakin menjanjikan.

1. Peluang Usaha Budidaya Ikan 2

Similar Articles

Inilah 8 Penyebab Gagalnya Usaha Kecil

Inilah 8 Penyebab Gagalnya Usaha Kecil 0

Kian banyaknya pelaku UKM (Usaha Kecil Menengah) membuat persaingan usaha menjadi semakin ketat. Hal ini seringkali

Melirik Peluang Bisnis Potong Rambut Model Terkini

Melirik Peluang Bisnis Potong Rambut Model Terkini 0

Mempunyai gaya rambut menarik dengan model yang sedang menjadi trend saat ini adalah hal yang

3 Alasan Utama Mengapa Dunia Maya Simpan Peluang Usaha Menggiurkan!

3 Alasan Utama Mengapa Dunia Maya Simpan Peluang Usaha Menggiurkan! 0

Peluang usaha akan menjadi semakin menjanjikan, bila Anda mampu memanfaatkannya dengan baik. Salah satu peluang yang

4 Bukti Bisnis Keluarga dapat Sukses Besar

4 Bukti Bisnis Keluarga dapat Sukses Besar 0

Bisnis keluarga sering dianggap sebagai bisnis yang sulit berkembang karena sulitnya terbentuk profesionalisme antar anggota keluarga

5 Hal Penting Maksimalkan Peluang Bisnis Tas

5 Hal Penting Maksimalkan Peluang Bisnis Tas 0

Peluang bisnis tas terbilang cukup menggiurkan, karena produk ini banyak dicari, apalagi saat penampilan menjadi hal

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *