Teropong Bisnis | Homepage
Peluang Menggiurkan Minyak Atsiri, Terlihat Dari Volume Ekspornya

Peluang Menggiurkan Minyak Atsiri, Terlihat Dari Volume Ekspornya

0 Comments 🕔16.Jun 2014

Minyak atsiri yang dikenal sebagai minyak ajaib yang dapat membuat kita rileks, menjadi sangat dibutuhkan saat ini. Semakin banyaknya beban pekerjaan saat ini, membuat rasa stress setiap orang memuncak. Hal ini dapat diatasi dengan banyak hal, salah satunya adalah dengan minyak atsiri. Oleh karena hal ini pula, permintaan produk minyak rileksasi ini meningkat.

Salah satu jenis minyak atsiri yang saat ini sedang mengalami peningkatan permintaan adalah minyak atsiri yang berasal dari Sumatera Utara. Permintaan minyak nilam, salah satu jenis minyak atsiri dari daerah ini banyak datang dari Singapura, Perancis dan India.

Menurut Sofyan Subang, Sekretaris Gabungan Perusahaan Ekspor Indonesia (GPEI) Sumatera Utara, minyak atsiri digunakan untuk berbagai hal. Pada umumnya, minyak atsiri dibutuhkan untuk pembuatan kosmetik dan obat-obatan. Permintaan untuk kebutuhan ini banyak datang dari luar negeri.

Sofyan mengungkapkan, meningkatnya permintaan ini tidak mengherankan. Sumatera Utara memang dikenal sebagai produsen minyak atsiri. Bahkan, daerah ini menjadi salah satu penghasil minyak atsiri terbaik di dunia. Dan, minyak atsiri dari Sumatera Utara sudah menjadi salah satu komoditi ekspor unggulan daerah ini.

Meskipun begitu, ada beberapa masalah yang timbul. Menurut Sofyan, salah satu masalahnya adalah menurunnya produksi minyak nilam dari Nias. Hal ini disebabkan oleh banyaknya petani yang mengganti tanaman mereka.

Meskipun Pemerintah sudah mendukung budidaya tanaman bahan baku minyak nilam, namun, hal ini tidak mampu mengatasi masalah diatas. Banyak petani yang tetap mengganti tanaman yang mereka budidayakan untuk berbagai keperluan.

Seorang pengekspor minyak atsiri juga mengakui adanya masalah diatas. Komoditas yang dipandang sangat menjanjikan dari Sumatera Utara ini sangat suit didapatkan. Padahal, harga produk ini cukup mahal, bahkan mencapai ratusan ribu Rupiah per kilogramnya.

Para eksportir ini terpaksa membeli minyak nilam atau minyak pala dari daerah di luar Sumatera Utara, seperti Aceh. Banyaknya permintaan dari luar negeri, khususnya Singapura membuat mereka terpaksa melakukan langkah ini.

Fitra Kurnia, Kepala Seksi Ekspor Hasil Pertanian dan Pertambangan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sumatera Utara mengungkapkan data mengenai minyak atsiri ini. Menurutnya, minyak atsiri dari Sumatera Utara mampu menyumbang devisa sebesar US$ 23,702 juta.

Bila dibandingkan dengan pendapatan devisa daerah ini pada tahun yang lalu, pendapatan devisa tahun ini mengalami peningkatan. Tahun lalu, minyak atsiri mampu menyumbangkan devisa sebesar US$ 20,019 juta. Minyak atsiri dari Sumatera Utara banyak dieskpor ke berbagai negara, seperti Inggris, India, Perancis, Jerman, Amerika Serikat maupun negara tetangga Singapura.

Jadi, bila Anda tertarik untuk berbisnis, mungkin minyak atsiri dapat menjadi pilihat tepat untuk Anda. Dengan peluang yang ada, maka peluang untuk mendapatkan keuntungan besar terbentang di hadapan Anda.

minyak atsiri, peluang bisnis, ide bisnis, wirausaha, usaha sampingan

BACA JUGA:

Indah Desainnya, Menggiurkan Pula Peluang Bisnis Kaos Motif Dayak

Berkah dan Keuntungan Pada Bulan Suci dengan 5 Bisnis Bulan Ramadhan

Similar Articles

Inilah 8 Penyebab Gagalnya Usaha Kecil

Inilah 8 Penyebab Gagalnya Usaha Kecil 0

Kian banyaknya pelaku UKM (Usaha Kecil Menengah) membuat persaingan usaha menjadi semakin ketat. Hal ini seringkali

Melirik Peluang Bisnis Potong Rambut Model Terkini

Melirik Peluang Bisnis Potong Rambut Model Terkini 0

Mempunyai gaya rambut menarik dengan model yang sedang menjadi trend saat ini adalah hal yang

3 Alasan Utama Mengapa Dunia Maya Simpan Peluang Usaha Menggiurkan!

3 Alasan Utama Mengapa Dunia Maya Simpan Peluang Usaha Menggiurkan! 0

Peluang usaha akan menjadi semakin menjanjikan, bila Anda mampu memanfaatkannya dengan baik. Salah satu peluang yang

4 Bukti Bisnis Keluarga dapat Sukses Besar

4 Bukti Bisnis Keluarga dapat Sukses Besar 0

Bisnis keluarga sering dianggap sebagai bisnis yang sulit berkembang karena sulitnya terbentuk profesionalisme antar anggota keluarga

5 Hal Penting Maksimalkan Peluang Bisnis Tas

5 Hal Penting Maksimalkan Peluang Bisnis Tas 0

Peluang bisnis tas terbilang cukup menggiurkan, karena produk ini banyak dicari, apalagi saat penampilan menjadi hal

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *