Teropong Bisnis | Homepage
Peluang Bisnis Kerajinan Tembaga Masih Tetap Diminati

Peluang Bisnis Kerajinan Tembaga Masih Tetap Diminati

0 Comments 🕔24.Apr 2016

Para pedagang kerajinan tangan yang berada di kawasan Jln. Tentara Pelajar Nomor 4, Ciwaringin, Bogor, Jawa Barat mendapat banyak pesanan dari para wisatawan, pengusaha hotel, dan villa karena kerajinan dari tembaga menawarkan daya tarik tersendiri, tidak mudah berkarat, dan juga tahan lama.

“Kami dapat menjual 20 – 40 unit per produk setiap hari yang sering digunakan untuk berbagai hiasan di hotel, villa, rumah pribadi, atau hanya sekedar sebagai cinderamata. Hiasan tersebut dapat menambah daya tarik dan juga membangun suasana yang lebih menarik di dalam rumah pribadi atau villa,” tutur Cahya Riyadi, pedagang kerajinan tembaga di kawasan Jalan Tentara Pelajar.

Dia menjelaskan alasannya memilih peluang bisnis kerajinan tembaga yaitu barang – barang dari tembaga menawarkan banyak keuntungan seperti dapat digunakan sebagai hiasan, barang tidak akan mudah rusak, dan juga dapat digunakan sebagai barang untuk keperluan pribadi seperti piring saji atau piring makan dan juga beragam hiasan atau pemanis ruang seperti tataan lampu hias dan patung.

Dia mengatakan bahwa permintaan pasar kerajinan terutama tembaga sekarang ini cukup menggiurkan karena barang kerajinan dari tembaga tak akan mati oleh usia produk dan mempunyai keunikan serta fungsi yang bermacam – macam. Karena alasan itulah produk dari peluang bisnis kerajinan tembaga ini selalu menjadi incaran bagi kebanyakan wisatawan dalam negeri, mancanegara, hotel, atau villa yang berada di kota Bogor dan sekitarnya.

Terkait masalah harga produk dari peluang bisnis ini, para pemesan biasanya menentukan ukuran barang dan bentuk sesuai keinginan atau disesuaikan dengan kebutuhan yang ada serta tingkat ketelitian atau detail dalam pengerjaannya. Misalnya saja patung kuda dengan lebar 15 cm dan tinggi 30 cm serta ketebalan 0,1 cm dibanderol oleh pedagang di sana dengan harga Rp 850 ribu per unit.

Sama seperti patung kepala Buddha yang banyak digemari oleh wisatawan dari Asia dan India dengan lebar 20 cm dan tinggi 30 cm serta ketebalan 0,3 cm yang biasanya dikombinasikan dengan lampu tidur tersebut dibanderol dengan harga Rp 1,3 jutaan sampai Rp 9,5 jutaan per unit.

Sementara itu untuk barang – barang dari bahan tembaga kebutuhan resort, hotel, atau villa seperti piring saji, piring makan, dan gelas bergaya kuno berukuran standar biasanya dibanderol dengan harga Rp 500 ribu sampai Rp 800 ribu per unitnya. Label villa dengan lebar 45 cm dan panjang 150 cm dengan modifikasi pada penulisan nama villa akan dikenai biaya pembuatan senilai Rp 6,5 jutaan per unit.

Menurut Cahya, harga produk kerajinan tembaga dari peluang bisnis ini cukup murah. Selain itu harganya akan naik jika pemesan membuat sendiri desain barang yang akan dipesan. Hal ini karena pembuatan memerlukan cetakan dengan bentuk yang baru sehingga membutuhkan waktu pembuatan yang cukup lama dan wajib mengedepankan kualitas sehingga harganya dapat melambung tinggi.

Peluang Bisnis

Similar Articles

Inilah 8 Penyebab Gagalnya Usaha Kecil

Inilah 8 Penyebab Gagalnya Usaha Kecil 0

Kian banyaknya pelaku UKM (Usaha Kecil Menengah) membuat persaingan usaha menjadi semakin ketat. Hal ini seringkali

Melirik Peluang Bisnis Potong Rambut Model Terkini

Melirik Peluang Bisnis Potong Rambut Model Terkini 0

Mempunyai gaya rambut menarik dengan model yang sedang menjadi trend saat ini adalah hal yang

3 Alasan Utama Mengapa Dunia Maya Simpan Peluang Usaha Menggiurkan!

3 Alasan Utama Mengapa Dunia Maya Simpan Peluang Usaha Menggiurkan! 0

Peluang usaha akan menjadi semakin menjanjikan, bila Anda mampu memanfaatkannya dengan baik. Salah satu peluang yang

4 Bukti Bisnis Keluarga dapat Sukses Besar

4 Bukti Bisnis Keluarga dapat Sukses Besar 0

Bisnis keluarga sering dianggap sebagai bisnis yang sulit berkembang karena sulitnya terbentuk profesionalisme antar anggota keluarga

5 Hal Penting Maksimalkan Peluang Bisnis Tas

5 Hal Penting Maksimalkan Peluang Bisnis Tas 0

Peluang bisnis tas terbilang cukup menggiurkan, karena produk ini banyak dicari, apalagi saat penampilan menjadi hal

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *