Teropong Bisnis | Homepage
Omzet Miliaran Rupiah dari Batik Tulis

Omzet Miliaran Rupiah dari Batik Tulis

0 Comments 🕔13.Dec 2013

Salah satu ide bisnis yang bisa Anda lakukan adalah mulai menjual produk yang populer. Sebagai contohnya, Anda bisa mulai untuk menjual kain batik apalagi jika Anda sangat senang dunia fashion. Sebagai seorang wirausaha, Anda harus kebal dan tidak gampang malu. Faktanya, tidak gampang malu merupakan salah satu kunci sukses melakoni bisnis kain batik tulis.

Jika Anda tidak memiliki modal untuk menyewa kios untuk menjual kain batik tersebut, ada baiknya mulai menjajakan produk batik tersebut dengan berkeliling. Walaupun nampaknya berat, tapi dengan begitu setidaknya orang tahu bahwa Anda sedang berjualan batik. Ini merupakan langkah awal yang efektif untuk mempopulerkan produk batik Anda tersebut.

Jika dana sudah mencukupi, Anda bisa mulai membuka outlet batik tulis sendiri dan dibantu oleh karyawan. Perlu Anda tahu bahwa bisnis kain batik tulis bukanlah bisnis yang biasa saja. Salah seorang pebisnis bati tulis bernama Suntiah asal Tuban membuktikan bahwa ketekunannya melakoni bisnis ini membawanya pada omzet bernilai miliaran rupiah.

Strategi lain yang bisa Anda lakukan untuk menjalankan bisnis ini adalah dengan selalu membukukan semua pemasukan dan pengeluaran. Suntiah sendiri selalu membukukan aktivitas bisnisnya tersebut. Untuk itulah, ia tahu bahwa omzetnya mencapai miliaran rupiah. Dengan mudah ia memaparkan bahwa omzet tertinggi bisnisnya adalah pada bulan Juli yang mencapai angka Rp. 1.009 miliar.

Fokus adalah kunci lain kesuksesan membangun bisnis berbasis produk tradisional ini. Lagi-lagi, Anda bisa mencontoh Suntiah yang memutuskan untuk keluar dari pekerjaannya. Kemudian, ia mulai memasarkan 1 kantong batik tulis keliling desa. Rupanya, hasil dari penjualannya tersebut sangat baik. Selain itu, pebisnis yang sudah memiliki karyawan ini juga terus belajar untuk mengembangkan dirinya.

Dengan mendapatkan ijin dari suami, ia belajar membatik. Modal untuk belajar batik saat itu adalah Rp. 300.000. Namun, dengan proses belajar tersebut ia akhirnya mampu memproduksi batik tulis dalam kaos sebanyak 5 potong.

Ia juga tak segan-segan menawarkan produknya ke tempat-tempat strategis. Usahanya berbuah manis karena produk buatannya laku keras bahkan pesanan mulai berdatangan. Masa-masa sulit juga tak bisa terelakkan. Sebagai pebisnis, Anda harus siap dengan hal semacam itu. Bahkan, banyak pengusaha termasuk Suntiah yang harus merasakan bangkrut dan harus gulung tikar.

Namun, jika Anda tetap konsisten dengan bisnis kain batik tulis ini, hasilnya juga akan sangat menggembirakan. Seperti Suntiah yang saat ini sudah memiliki gerai batik sendiri yang ia beri nama Royyan Batik. Tips untuk menjalani bisnis ini adalah dengan mencari bahan atau kaos yang berkualitas sebelum membubuhkan batik.

Kalaupun Anda belum bisa membatik namun tetap ingin mencoba peruntungan bisnis ini, Anda bisa menjadi reseller. Tentunya, Anda bisa sambil mencari waktu luang untuk belajar membatik. Selamat mencoba dan semoga sukses dengan bisnis baru Anda ini.

Similar Articles

Inilah 8 Penyebab Gagalnya Usaha Kecil

Inilah 8 Penyebab Gagalnya Usaha Kecil 0

Kian banyaknya pelaku UKM (Usaha Kecil Menengah) membuat persaingan usaha menjadi semakin ketat. Hal ini seringkali

Melirik Peluang Bisnis Potong Rambut Model Terkini

Melirik Peluang Bisnis Potong Rambut Model Terkini 0

Mempunyai gaya rambut menarik dengan model yang sedang menjadi trend saat ini adalah hal yang

3 Alasan Utama Mengapa Dunia Maya Simpan Peluang Usaha Menggiurkan!

3 Alasan Utama Mengapa Dunia Maya Simpan Peluang Usaha Menggiurkan! 0

Peluang usaha akan menjadi semakin menjanjikan, bila Anda mampu memanfaatkannya dengan baik. Salah satu peluang yang

4 Bukti Bisnis Keluarga dapat Sukses Besar

4 Bukti Bisnis Keluarga dapat Sukses Besar 0

Bisnis keluarga sering dianggap sebagai bisnis yang sulit berkembang karena sulitnya terbentuk profesionalisme antar anggota keluarga

5 Hal Penting Maksimalkan Peluang Bisnis Tas

5 Hal Penting Maksimalkan Peluang Bisnis Tas 0

Peluang bisnis tas terbilang cukup menggiurkan, karena produk ini banyak dicari, apalagi saat penampilan menjadi hal

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *