Teropong Bisnis | Homepage
Nugget Kerang, Inovasi Cerdas Pembawa Perubahan

Nugget Kerang, Inovasi Cerdas Pembawa Perubahan

0 Comments 🕔28.Jul 2014

Nugget menjadi salah satu lauk yang cepat dan mudah untuk diolah dan disajikan. Pada umumnya, nugget menggunakan daging ayam sebagai bahan dasarnya. Namun, 5 orang mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya mencoba mendobrak pakem tersebut. Mereka membuat nugget kerang.

Pencipta nugget unik ini adalah Fitri Ratna Juwita, Dina Nafea Hanifah, Afida Kholifatunnisa, Frendi Wardhana, dan M. Irfan Arganata. Tujuan utama mereka membuat inovasi ini adalah memberdayakan masyarakat di daerah Kecamatan Kenjeran, Surabaya. Usaha mereka cukup berhasil dengan meluasnya pemasaran produk nugget ini hingga mencapai enam Kabupaten dan Kota di Jawa Timur.

Fitri Ratna Juwita, Ketua Tim ini mengungkapkan program yang mereka lakukan ini dinamakan Bisnis Unggulan Nugget Kenjeran (Bunaken). Mereka membuat program ini dengan tujuan untuk memperkaya produk yang dihasilkan dari daerah ini.

Kenjeran sendiri adalah penghasil kerang terbesar di Jawa Timur. Sayangnya, produk dengan bahan kerang sangat sedikit macamnya. Dengan adanya nugget unik ini, maka akan ada oleh-oleh khas daerah ini.

Kerang yang digunakan bermacam-macam. Tim ini menggunakan Kerang Waduk, Kerang Kur-kur, Kerang Gelatik, Kerang Tebon, Kerang Baling-baling hingga Kerang Manuk. Selain itu, digunakan pula rumput laut untuk mengganti campuran tepung. Jadi dapat dikatakan, nugget ini menggunakan bahan dari laut.

Tim ini tidak hanya menyampaikan ide mereka saja. Mereka juga melakukan pelatihan pada penduduk agar mampu membuat produk nugget kerang yang berkualitas. Selain itu, tim ini juga mendampingi dan melakukan bimbingan lebih jauh usai pelatihan.

Sejak di mulai pada 26 April 2014, tim ini rutin melakukan pendampingan secara rutin tiap 1 minggu sekali. Mereka juga membantu pemasaran produk unik ini. Kini, pemasaran produk ini tersebar hingga 31 kecamatan di Surabaya. Bahkan, produk ini sudah dijual di kota-kota lain di Jawa Timur, seperti Malang, Sidoarjo, Kediri, Tuban dan Jember.

Program Bunaken juga mendapatkan dana hibah berupa Bantuan Operasional Perguruan Tinggi Negeri (BOPTN) untuk kategori Pengabdian Masyarakat. Dosen Jurusan Kimia, Dra. Sukesi, M.Si juga termasuk didalamnya. Karena program ini pula, Fitri menjadi salah satu wakil ITS dalam Indonesia Youth Forum (IYF) 2014.

Apresiasi juga datang dari Lurah Kelurahan Kedung Cowek, Kenjeran, Purwoto. Purwoto mengatakan program ini sangat baik untuk masyarakat sekitar. Kini, usaha nugget kerang sedang berkembang dan dilakukan banyak orang disini, sehingga mereka mendapatkan pendapatan lebih.

Ke depannya, Fitri dan timnya ingin membuat beberapa inovasi rasa nugget kerang. Dia juga berharap agar produk ini menjadi produk khas daerah pesisir Surabaya. Selain itu, Fitri dan tim juga berencana untuk mendirikan stand khusus untuk menjual produk ini di Pasar Sentra Ikan Bulak. Dengan demikian, produk ini dapat menjadi oleh-oleh khas orang yang berkunjung ke pantai Kenjeran.

 nugget kerang, nugget, usaha kuliner, usaha sampingan

BACA JUGA:

Bisnis Tas Berbahan Dry Denim Pilihan Bisnis Meraup Keuntungan Fantastis

Bisnis Kaos Tema Lokalitas Laris Manis

Similar Articles

Inilah 8 Penyebab Gagalnya Usaha Kecil

Inilah 8 Penyebab Gagalnya Usaha Kecil 0

Kian banyaknya pelaku UKM (Usaha Kecil Menengah) membuat persaingan usaha menjadi semakin ketat. Hal ini seringkali

Melirik Peluang Bisnis Potong Rambut Model Terkini

Melirik Peluang Bisnis Potong Rambut Model Terkini 0

Mempunyai gaya rambut menarik dengan model yang sedang menjadi trend saat ini adalah hal yang

3 Alasan Utama Mengapa Dunia Maya Simpan Peluang Usaha Menggiurkan!

3 Alasan Utama Mengapa Dunia Maya Simpan Peluang Usaha Menggiurkan! 0

Peluang usaha akan menjadi semakin menjanjikan, bila Anda mampu memanfaatkannya dengan baik. Salah satu peluang yang

4 Bukti Bisnis Keluarga dapat Sukses Besar

4 Bukti Bisnis Keluarga dapat Sukses Besar 0

Bisnis keluarga sering dianggap sebagai bisnis yang sulit berkembang karena sulitnya terbentuk profesionalisme antar anggota keluarga

5 Hal Penting Maksimalkan Peluang Bisnis Tas

5 Hal Penting Maksimalkan Peluang Bisnis Tas 0

Peluang bisnis tas terbilang cukup menggiurkan, karena produk ini banyak dicari, apalagi saat penampilan menjadi hal

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *