Teropong Bisnis | Homepage
Model Clay Membawa Yeny Ke Puncak

Model Clay Membawa Yeny Ke Puncak

0 Comments 🕔02.Apr 2014

Hobi memang kegiatan yang menyenangkan untuk dilakukan. Tetapi, bila Anda mampu memanfaatkannya dengan benar, hobi juga dapat mendatangkan keuntungan.

Seperti yang dilakukan Yeny, perempuan kelahiran Jakarta, 17 Mei 1978 berhasil sukses dengan model clay miniatur. Dengan hobinya ini, Yeny berhasil memasarkan produknya ke seluruh Indonesia.

Produk buatan Yeny ini dapat dikatakan sangat unik dan bernilai. Hal ini dikarenakan, seni menggunakan clay untuk membuat model tiruan sangatlah sulit dilakukan. Dan Yeny menambah kesulitannya dengan membuatnya dalam bentuk miniatur. Dibutuhkan kemampuan, ketelitian dan ketekunan yang tinggi dalam membuatnya.

Yeny tidak serta merta mampu membuat model clay layak jual. Pada tahun 2003 seorang temannya memperkenalkan kegiatan membuat model clay ini. Sebelumnya, Yeny bekerja di sebuah perusahaan swasta. Tetapi, karena dia ingin menekuni hobinya ini, dia memutuskan keluar pada sekitar tahun 2000-an.

Setelah 3 tahun belajar, tepatnya pada tahun 2006, Yeny memberanikan diri membuka toko khusus produk model clay miniatur. Toko yang dia buka di ITC Kuningan ini tidak bertahan lama.  Setelah melahirkan anak pertamanya, Ignacia, Yeny tidak mempunyai waktu cukup mengelola tokonya. Terpaksa, Yeny harus menutupnya.

usaha, clay, puncak, yeny, wirausaha

Tetapi, Yeny tidak berhenti sampai disini. Dia memikirkan strategi pemasaran baru, tanpa harus membuang waktu bersama anaknya. Akhirnya, dia memilih memasarkan produk model clay buatannya melalui toko online.

Keputusan ini sangatlah tepat. Karena, pada saat itu, internet sudah mulai digunakan oleh banyak orang. Yeny juga menggunakan 2 toko online, yaitu  HanyCraft.com dan TokoHany.com. 2 toko onlinenya ini membuat pemasaran produk model clay miniatur buatannya lebih efektif dan luas.

Yeny membuat banyak macam benda dan model clay, mulai dari makanan, tumbuhan dan lainnya. Yeny juga menggunakan clay terbaik untuk produk buatannya. Sayangnya, semua bahan yang digunakan masih impor dari Jepang, Korea Selatan dan Thailand.

Pembuatan model clay membutuhkan kecepatan dan ketelitian. Dan clay lokal biasanya cepat kering dan retak-retak. Hal inilah yang membuat Yeny lebih memilih impor langsung dari luar negeri.

Selain menjual model clay, Yeny juga menyediakan kursus pembuatan model clay ini. Hasilnya cukup menggembirakan. Banyak anak didiknya yang berhasil membuka toko model clay.

Menurut Yeny, proses belajar membuat clay tidaklah sulit. Bahkan, hanya satu hari kursus di tempatnya, peserta sudah dapat membuat model clay. Yang dibutuhkan adalah latihan yang tekun untuk mengasah kemampuan ini.

Produk model clay buatan Yeny sangat berhasil. Hal ini terbukti dari banyaknya komentar positif dari pelanggannya.

Bisnis ini juga sangat menjanjikan, karena seniman model clay sangat jarang di Indonesia. Jadi, kompetisi masih tidak terlalu ketat. Tetapi, sekali lagi didalam dunia bisnis, inovasi dan kreativitas sangatlah diperlukan. Dan, hal ini menjadi sangat penting, untuk produk yang dibuat berdasarkan kreativitas, seperti model clay ini.

usaha, clay, puncak, yeny, wirausaha

BACA JUGA:

Peluang Menjanjikan Bisnis Jasa Desainer Logo Perusahaan

Teh Hijau Penghasil Ratusan Juta

Similar Articles

Inilah 8 Penyebab Gagalnya Usaha Kecil

Inilah 8 Penyebab Gagalnya Usaha Kecil 0

Kian banyaknya pelaku UKM (Usaha Kecil Menengah) membuat persaingan usaha menjadi semakin ketat. Hal ini seringkali

Melirik Peluang Bisnis Potong Rambut Model Terkini

Melirik Peluang Bisnis Potong Rambut Model Terkini 0

Mempunyai gaya rambut menarik dengan model yang sedang menjadi trend saat ini adalah hal yang

3 Alasan Utama Mengapa Dunia Maya Simpan Peluang Usaha Menggiurkan!

3 Alasan Utama Mengapa Dunia Maya Simpan Peluang Usaha Menggiurkan! 0

Peluang usaha akan menjadi semakin menjanjikan, bila Anda mampu memanfaatkannya dengan baik. Salah satu peluang yang

4 Bukti Bisnis Keluarga dapat Sukses Besar

4 Bukti Bisnis Keluarga dapat Sukses Besar 0

Bisnis keluarga sering dianggap sebagai bisnis yang sulit berkembang karena sulitnya terbentuk profesionalisme antar anggota keluarga

5 Hal Penting Maksimalkan Peluang Bisnis Tas

5 Hal Penting Maksimalkan Peluang Bisnis Tas 0

Peluang bisnis tas terbilang cukup menggiurkan, karena produk ini banyak dicari, apalagi saat penampilan menjadi hal

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *