Teropong Bisnis | Homepage
Modal Kecil Pun Tetap Bisa Memulai Bisnis Warnet

Modal Kecil Pun Tetap Bisa Memulai Bisnis Warnet

0 Comments 🕔23.Dec 2013

Ide bisnis bisa datang dari mana saja termasuk datang dari tren teknologi. Salah satunya saja adalah bisnis dari berkembangnya teknologi internet. Bayangkan, berapa orang setiap hari yang membutuhkan internet baik sebagai kebutuhan formal maupun informal. Tren semacam ini bisa Anda gunakan untuk memulai bisnis warnet atau game online.

Mendengar kata bisnis internet biasanya Anda akan mundur karena modalnya yang relatif besar. Tapi, percayakah Anda jika bisnis ini bisa dijalankan hanya dengan modal Rp. 5.000.000 saja? Ternyata, hal ini sangat mungkin Anda lakukan yaitu dengan membuka bisnis warnet berbasis jaringan CDMA atau GSM.

Walaupun modalnya tidak terlalu besar, dengan ketekunan maka keuntungan akan mengalir ke kantong Anda. Selain itu, bisnis ini juga memungkinkan Anda untuk menjalankan dengan cara yang lebih sederhana. Lalu, bagaimana mensiasati bisnis warnet berbasis jaringan CDMA atau GSM? Dana Rp. 5.000.000 tersebut harus bisa Anda jalankan dengan maksimal sehingga bisnis bisa langsung Anda jalankan.

usaha warnet

Contohnya, gunakan dana tersebut untuk membeli komputer sekitar 4 buah dengan spesifikasi Pentium 4. Kemudian, gunakan pula untuk membeli motherboard dan RAM yang baru. Alasan pembelian motherboard dan RAM yang baru adalah agar komputer bisa tahan lama. Selain 2 alat tadi, Anda bisa memikirkan untuk membeli yang bekas namun masih berkualitas seperti monitor dan casing.

Karena Anda akan berbisnis warnet dengan CDMA maka jangan sampai luap untuk membeli modem CDMA-nya. Dalam berbisnis, Anda harus menghitung biaya yang keluar dan keuntungan yang didapatkan.

Karena modal Anda masih terbatas maka CDMA menjadi alternatif yang sesuai untuk bisnis warnet yang akan Anda jalankan. Ini terkait dengan biaya koneksi unlimitednya yang lebih terjangkau jika dibandingkan dengan GSM. Salah satu masalah yang harus Anda tangani dengan benar adalah masalah sinyal yang tidak cocok untuk semua daerah.

Untuk itu, Anda harus lebih selektif dalam memilih CDMA yang sesuai di daerah tempat bisnis Anda tersebut. Sebenarnya masalah ini juga terus diselesaikan oleh pihak provider. Mereka terus memperluas jaringan agar koneksi CDMA mereka semakin baik dan berkualitas. Strategi lain yang bisa Anda gunakan untuk menekan biaya bisnis warnet berbasis jaringan CDMA adalah dalam hal desain tempat.

Akan lebih murah bila bilik warnet Anda desain menjadi lesehan.  Walaupun ini terlihat sepele tapi dengan membuat biliknya menjadi lesehan, Anda tidak memerlukan biaya tambahan untuk meja dan kursi. Lebih lanjut lagi, desain bilik warnet lesehan membuat pelanggan Anda lebih santai saat bermain internet atau game online.

Pengawasan kelengkapan warnet termasuk content-content yang dibuka saat berinternet juga bisa lebih dikontrol dengan baik. Jika bisnis warnet di lingkungan Anda sudah menjamur maka Anda bisa menggunakan trik menekan harga pemakaian. Contohnya, Anda bisa menentukan tarif pemakaian Rp. 2.500 per jam agar pengguna warnet tertarik dengan layanan yang Anda berikan.

 usaha warnet

Similar Articles

Inilah 8 Penyebab Gagalnya Usaha Kecil

Inilah 8 Penyebab Gagalnya Usaha Kecil 0

Kian banyaknya pelaku UKM (Usaha Kecil Menengah) membuat persaingan usaha menjadi semakin ketat. Hal ini seringkali

Melirik Peluang Bisnis Potong Rambut Model Terkini

Melirik Peluang Bisnis Potong Rambut Model Terkini 0

Mempunyai gaya rambut menarik dengan model yang sedang menjadi trend saat ini adalah hal yang

3 Alasan Utama Mengapa Dunia Maya Simpan Peluang Usaha Menggiurkan!

3 Alasan Utama Mengapa Dunia Maya Simpan Peluang Usaha Menggiurkan! 0

Peluang usaha akan menjadi semakin menjanjikan, bila Anda mampu memanfaatkannya dengan baik. Salah satu peluang yang

4 Bukti Bisnis Keluarga dapat Sukses Besar

4 Bukti Bisnis Keluarga dapat Sukses Besar 0

Bisnis keluarga sering dianggap sebagai bisnis yang sulit berkembang karena sulitnya terbentuk profesionalisme antar anggota keluarga

5 Hal Penting Maksimalkan Peluang Bisnis Tas

5 Hal Penting Maksimalkan Peluang Bisnis Tas 0

Peluang bisnis tas terbilang cukup menggiurkan, karena produk ini banyak dicari, apalagi saat penampilan menjadi hal

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *