Teropong Bisnis | Homepage
Meraup Untung dari Manisnya Buah Durian

Meraup Untung dari Manisnya Buah Durian

1 Comment 🕔28.Nov 2013

Bagi Anda yang sangat suka durian maka belum lengkap rasanya jika belum merasakan jenis-jenis durian seperti Durian Merah, Durian Bagong dan Durian Kumbokarno. Di sisi lain, Anda mungkin sudah mulai memikirkan untuk berbisnis dari kegemaran Anda ini. Jangan meremehkan bisnis durian ini karena omzetnya bisa jadi sangat besar.

Ini terkait dengan peluang pasarnya yang juga masih sangat lebar. Perlu diketahui bahwa durian mendapatkan sebutan The King of Fruit atau juga buah bintang lima. Julukan ini tidak asal diberikan, karena nilai gizinya yang sangat tinggi jika dibandingkan dengan buah yang lain. Sebut saja vitamin B dan C yang sangat berguna bagi tubuh Anda ada dalam durian.

Lalu, ada pula zat besi, kalium, magnesium, fosfor, seng, tiamin, riblofavin, omega 3 dan 6. Rupanya, Anda juga akan menemukan phytonutrient, polyphenol, phytosterol, antioksidan, organosulfur, dan tryptophan. Untuk jenis durian yang bisa kembangkan adalah durian jenis Durian Merah dan durian Bagong.

Durian Merah merupakan durian kebanggaan Jawa Timur tepatnya di Desa Kamiren, Kecamatan Glagah dan juga di Kecamatan Songgon Kabupaten Banyuwangi. Salah satu yang membuat durian ini spesial adalah karena bijinya yang lebih kecil dari durian pada umumnya. Walaupun bijinya kecil namun daging buahnya lebih tebal dan sangat manis.

Kadar alkohol buah ini lebih rendah namun aromanya lebih menyengat. Sayangnya, buah durian ini masih belum mendapatkan sertifikasi atau pengujian. Jika sudah mendapatkan sertifikat, maka harga buah ini dipasaran akan semakin melonjak. Jika ingin menambah varian durian, maka Anda bisa mengembangkan Durian Bagong dan Kumbokarno.

Hal ini terkait dengan kualitas daging duriannya yang berwarna kuning. Bayangkan saja, untuk 1 buah durian saja, dagingnya bisa mencapai 2.5 sentimeter. Bijinya saja seukuran ujung jari tangan dewasa. Bobot buah durian jenis ini juga terbilang fantastis yaitu hingga 5kg per buahnya. Bagaimana dengan harga jualnya?

Salah seorang penjual durian Kumbokarno, Agus Jatmiko Aji, buah tersebut kini sudah mencapai harga Rp. 115.000 per kg. Sama halnya dengan pengamat agrobisnis, F. Rahadi yang mengatakan bahwa peluang berbinis durian jenis unggul seperti Durian Merah sangat baik. Tempat budidaya durian juga terbilang sangat mudah.

Sebagai informasi, pelaku usaha jenis ini masih sangat kurang jika dibandingkan dengan besarnya permintaan bibit tanaman terutama bibit durian merah tersebut. Ada beberapa cara untuk memasarkan durian ini. Contohnya, Anda bisa mengunggulkan keaslian bibit sekaligus melakukan inovasi. Untuk pemasaran kepada konsumen, Anda juga bisa mencoba memasarkan via online.

Kunci kesuksesan berbisnis Durian Merah adalah kejujuran serta keuletan. Harga bibitnya saja yang setinggi 10-20cm bisa mencapai harga Rp. 150.000 hingga Rp. 200.000 per batang. Pembibit biasanya mampu menjual kurang lebih 100 bibit dengan keuntungan mencapai 70%.

Similar Articles

Inilah 8 Penyebab Gagalnya Usaha Kecil

Inilah 8 Penyebab Gagalnya Usaha Kecil 0

Kian banyaknya pelaku UKM (Usaha Kecil Menengah) membuat persaingan usaha menjadi semakin ketat. Hal ini seringkali

Melirik Peluang Bisnis Potong Rambut Model Terkini

Melirik Peluang Bisnis Potong Rambut Model Terkini 0

Mempunyai gaya rambut menarik dengan model yang sedang menjadi trend saat ini adalah hal yang

3 Alasan Utama Mengapa Dunia Maya Simpan Peluang Usaha Menggiurkan!

3 Alasan Utama Mengapa Dunia Maya Simpan Peluang Usaha Menggiurkan! 0

Peluang usaha akan menjadi semakin menjanjikan, bila Anda mampu memanfaatkannya dengan baik. Salah satu peluang yang

4 Bukti Bisnis Keluarga dapat Sukses Besar

4 Bukti Bisnis Keluarga dapat Sukses Besar 0

Bisnis keluarga sering dianggap sebagai bisnis yang sulit berkembang karena sulitnya terbentuk profesionalisme antar anggota keluarga

5 Hal Penting Maksimalkan Peluang Bisnis Tas

5 Hal Penting Maksimalkan Peluang Bisnis Tas 0

Peluang bisnis tas terbilang cukup menggiurkan, karena produk ini banyak dicari, apalagi saat penampilan menjadi hal

1 Comments

  1. 🕔 10:33, 01.Dec 2013

    J Yaaro Delau

    Durian bagonng atau merah ini
    Ada ga di jual di jakarta
    Klo ada alamatnya di mana?
    Tmkasih
    Joey

    reply comment

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *