Teropong Bisnis | Homepage
Meramu Keuntungan dengan Usaha Apotek F21

Meramu Keuntungan dengan Usaha Apotek F21

0 Comments 🕔19.Nov 2013

Obat-obatan adalah salah satu hal yang dibutuhkan oleh banyak orang. Oleh karena itu, bisnis dibidang ini dapat dikatakan sangat menjanjikan. M. Lukman Haris adalah salah satu orang yang memanfaatkan bidang ini untuk usaha. Dia mendirikan apotek yang dia beri nama Apotek F21 di Kediri.

Apotek F21 menjual berbagai macam obat dan alat-alat kesehatan. Disini anda dapat membeli berbagai macam obat, thermometer, alat untuk mengetahui kadar kolesterol dan gula darah, dan lainnya.

Saat memulai usahanya ini, banyak pihak meminta Lukman untuk menjadi konsultan untuk bisnis dibidang ini. Hal ini pulalah yang membuat dia membuka kesempatan untuk menjadi mitra usaha bagi orang yang tertarik.

Paket kemitraan yang disediakan Lukman bervariasi. Investasi yang diperlukan sebesar antara RP. 300 juta sampai Rp. 350 juta.

Investasi ini sudah termasuk semua obat, perlengkapan, pelatihan karyawan, bantuan promosi, pendamping untuk manajemen, furnitur dan dekorasi apotek, dan juga kerjasama selama lima tahun. Yang  membedakan hanyalah kelengkapan dan jumlah obat pada awal usaha.

Selain uang, mitra juga harus menyediakan lahan seluas minimal 49 meter persegi (m2). Dan, mitra sudah dapat mulai beroperasi.

Lukman optimis bahwa usahanya ini akan berkembang. Selain karena paket investasi yang dia sediakan cukup terjangkau, tenaga SDM dan sistem usaha yang tersedia juga sangat baik. Bahkan, Lukman melakukan pembinaan SDM secara berkala.

Apotek F21 juga menyediakan berbagai layanan ekstra, seperti tensi gratis, cek kolesterol, gula darah, kadar lemak, hemoglobin dan asam urat dengan biaya lebih murah dibandingkan harga layanan tersebut di lab atau rumah sakit.

Laba yang diperoleh cukup besar dari usaha ini. Menurut Lukman, usaha ini dapat memberikan laba bersih sekitar 10%. Dan, bila target ini tercapai, maka mitra akan dapat balik modal dalam waktu tiga hingga empat tahun.

Omzet yang didapat juga cukup besar, yaitu antara Rp. 80 juta sampai rp. 120 juta per bulan. Dan dari omzet ini, dipungut 1% biaya royalti. Akan tetapi, biaya ini akan dipungut setelah 3 bulan mitra beroperasi atau pada saat mitra mendapatkan omzet yang stabil.

Mitra tidak diwajibkan membeli suplai obat dari pusat. Lukman akan memberikan informasi mengenai distributor obat dan saran agar mitra dapat mendapatkan suplai obat dengan harga paling murah.

Menurut Amir Karamoy, pengamat waralaba, bisnis dibidang ini mempunyai prospek yang baik. Dan, mengenai paket kemitraan Apotek F21, dengan layanan tambahannya, Amir menilai hal ini sangatlah bagus.

Tetapi, Amir juga mengingatkan agar pusat juga membantu mitra dalam menyediakan tenaga apoteker. Hal ini dikarenakan pengurusan izin apoteker cukup sulit. Jadi, bila masalah ini teratasi, maka usaha ini akan dapat berjalan dengan baik.

Similar Articles

Inilah 8 Penyebab Gagalnya Usaha Kecil

Inilah 8 Penyebab Gagalnya Usaha Kecil 0

Kian banyaknya pelaku UKM (Usaha Kecil Menengah) membuat persaingan usaha menjadi semakin ketat. Hal ini seringkali

Melirik Peluang Bisnis Potong Rambut Model Terkini

Melirik Peluang Bisnis Potong Rambut Model Terkini 0

Mempunyai gaya rambut menarik dengan model yang sedang menjadi trend saat ini adalah hal yang

3 Alasan Utama Mengapa Dunia Maya Simpan Peluang Usaha Menggiurkan!

3 Alasan Utama Mengapa Dunia Maya Simpan Peluang Usaha Menggiurkan! 0

Peluang usaha akan menjadi semakin menjanjikan, bila Anda mampu memanfaatkannya dengan baik. Salah satu peluang yang

4 Bukti Bisnis Keluarga dapat Sukses Besar

4 Bukti Bisnis Keluarga dapat Sukses Besar 0

Bisnis keluarga sering dianggap sebagai bisnis yang sulit berkembang karena sulitnya terbentuk profesionalisme antar anggota keluarga

5 Hal Penting Maksimalkan Peluang Bisnis Tas

5 Hal Penting Maksimalkan Peluang Bisnis Tas 0

Peluang bisnis tas terbilang cukup menggiurkan, karena produk ini banyak dicari, apalagi saat penampilan menjadi hal

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *