Teropong Bisnis | Homepage
Menjajal Peluang Bisnis Sambal Pecel dengan Omzet Puluhan Juta Rupiah

Menjajal Peluang Bisnis Sambal Pecel dengan Omzet Puluhan Juta Rupiah

0 Comments 🕔24.Oct 2013

Kalau Anda pernah atau bahkan penyuka makanan seperti pecel, gado-gado atau ketoprak, Anda pasti tidak asing dengan sambal pecel. Salah satu bahan utama pecel ini rupanya memiliki prospek bisnis yang menjanjikan.

Jika Anda tidak berniat menjual pecel maka ide menjual bumbu berbahan dasar kacang tanah ini dapat Anda terapkan. Nyatanya, banyak pebisnis yang melihat peluang ini dan akhirnya memutuskan untuk menjual bumbu siap saji. Lihat saja berapa banyak penjual pecel, gado-gado atau ketoprak di sekitar tempat tinggal  Anda.

Manfaatkan kesempatan ini dengan menjajakan sambal pecel. Selain itu, orang cenderung ingin menyiapkan makanan yang cepat dan tidak repot. Karena itulah, mereka juga akan lebih memilih membeli bumbu siap saji dibandingkan membuatnya sendiri.

Jika Anda masih ragu dengan bisnis ini maka simak penuturan Ifud F. Arisianti yang merupakan pemilik brand Sambal Pecel Istimewa Bu Suryo. Ia memulai bisnis penjualan bumbu siap saji ini sekitar tahun 2009 yang lalu.

Tentu saja, jalan yang ia lalui sangat berliku sebelum akhirnya meraup manisnya keuntungan berjualan bumbu siap saji ini. Awalnya, ibu 2 orang anak ini ingin menyewa tenda tapi rupanya idenya ini masih tidak direstui. Akhirnya, ia memilih alternatif lain dengan menitipkan bumbu siap saji tersebut ke warung-warung.

Justru dengan menitipkannya di warung-warung ini, bisnis Ifud semakin berkembang. Buktinya, saat ini produk sambal pecel miliknya sudah bisa ditemukan di beberapa supermarket di Bekasi. Dengan berkembangnya usaha miliknya ini, Ifud kini dibantu oleh 5 orang karyawan. Ia juga mendirikan 1 pusat produksi yang berada di kawasan Pondok Timur Mas, Bekasi.

Dengan bantuan 5 karyawan tersebut wanita berusia 53 tahun ini mampu memproduksi sambal pecel mencapai 3-4 ribu bungkus per bulan. Untuk menikmati satu bungkus bumbu siap saji ini, Anda harus merogoh kocek Rp. 10.000. Harga produk ini sudah mengalami kenaikan saat bulan puasa yang lalu serta saat harga cabai melonjak tinggi.

Saat itu, harga cabai sudah menembus Rp. 100.000 per kilo. Alhasil, bisnis milik Ifud terkena imbasnya, harga produk yang awalnya hanya Rp. 8.000 terpaksa ia naikkan juga menjadi Rp. 10.000. Harga bahan-bahan yang tidak tentu ini merupakan kendala utama bisnis bumbu siap saji.

Bisa Anda bayangkan berapa keuntungan yang diperoleh Ifud jika ia mampu menjual 3-4 ribu bungkus per bulannya. Bisnis yang awalnya dirintis dengan dititipkan di warung-warung kini membesar menjadi bisnis rumah.

Ini merupakan bukti bahwa bisnis bumbu siap saji termasuk sambal pecel merupakan bisnis yang menjanjikan. Setidaknya, Anda tidak perlu takut kehabisan target market atau pasar karena hampir setiap orang menyukai dan membutuhkan bumbu ini sebagai pelengkap menu makan mereka sehari-hari khususnya bagi mereka yang menggemari menu-menu seperti gado-gado, pecel atau ketoprak.

Similar Articles

Inilah 8 Penyebab Gagalnya Usaha Kecil

Inilah 8 Penyebab Gagalnya Usaha Kecil 0

Kian banyaknya pelaku UKM (Usaha Kecil Menengah) membuat persaingan usaha menjadi semakin ketat. Hal ini seringkali

Melirik Peluang Bisnis Potong Rambut Model Terkini

Melirik Peluang Bisnis Potong Rambut Model Terkini 0

Mempunyai gaya rambut menarik dengan model yang sedang menjadi trend saat ini adalah hal yang

3 Alasan Utama Mengapa Dunia Maya Simpan Peluang Usaha Menggiurkan!

3 Alasan Utama Mengapa Dunia Maya Simpan Peluang Usaha Menggiurkan! 0

Peluang usaha akan menjadi semakin menjanjikan, bila Anda mampu memanfaatkannya dengan baik. Salah satu peluang yang

4 Bukti Bisnis Keluarga dapat Sukses Besar

4 Bukti Bisnis Keluarga dapat Sukses Besar 0

Bisnis keluarga sering dianggap sebagai bisnis yang sulit berkembang karena sulitnya terbentuk profesionalisme antar anggota keluarga

5 Hal Penting Maksimalkan Peluang Bisnis Tas

5 Hal Penting Maksimalkan Peluang Bisnis Tas 0

Peluang bisnis tas terbilang cukup menggiurkan, karena produk ini banyak dicari, apalagi saat penampilan menjadi hal

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *