Teropong Bisnis | Homepage
Menggiurkannya Bisnis Kurma Di Bulan Ramadhan

Menggiurkannya Bisnis Kurma Di Bulan Ramadhan

0 Comments 🕔14.Jul 2014

Kurma adalah buah yang paling dicari sebagai makanan untuk berbuka. Selain disarankan dalam haditz Rasulullah, rasa manisnya sangat nikmat saat dimakan saat berbuka. Karena hal ini pula, banyak orang mencari buah ini untuk dijadikan makanan berbuka mereka. Dampaknya, bisnis kurma melesat tinggi saat Ramadhan.

Pada bulan Ramadhan, permintaan buah padang pasir ini meningkat bahkan mencapai 200%. Karena hal ini pula, omzet yang didapat juga meningkat tajam. Hal ini diakui oleh banyak pedagang buah kurma. Salah satunya adalah Fitria Banun, pemilik Toko Al-Barokah Syarifah Banun.

Menurut Fitria, peningkatan permintaan kurma ini terjadi setiap Ramadhan. Penjualan tokonya dapat melambung hingga 200% dari hari biasanya.

Fitria sudah menjalankan bisnis kurma ini selama 15 tahun. Dan, tahun ini dia mengakui bahwa kenaikan pada penjualan kurmanya merupakan yang tertinggi. Sebelumnya, saat Ramadhan penjualan kurmanya hanya meningkat hingga 50%-100%. Tapi, pada bulan Ramadhan tahun ini, penjualan Fitria meningkat hingga 2 kali lipat dari biasanya.

Fitria menjual berbagai macam kurma di tokonya. Kurma yang umum dikonsumsi masyarakat Indonesia, seperti kurma azwa merupakan produk utama di tokonya. Kurma yang lebih dikenal sebagai kurma nabi, didapat dari luar negeri, yaitu Mekkah. Selain itu, Fitria juga menjual kurma dari Madinah, Iran Tunisia, Mesir, Irak dan Amerika Serikat (AS).

Mungkin kurma dari Amerika Serikat belum begitu dikenal oleh banyak orang. Namun, kurma yang bernama kurma medjool ini saat ini menjadi salah satu kurma yang banyak dicari orang. Salah satu alasan mengapa kurma ini banyak dicari adalah ukurannya yang besar dan tekstur lembutnya. Fitria mengungkapkan, kurma ini dijual dengan harga Rp. 175.000 hingga Rp. 250.000 per kg.

Kurma jenis lainnya, seperti kurma dari Irak, Mesir, dan lainnya dijual lebih murah, yaitu Rp. 20 ribu hingga Rp. 100 ribu per kg. Karena hal ini pula, kurma jenis ini menjadi kurma yang banyak dicari oleh orang.

Kurma-kurma yang dijual oleh Fitria ini diperoleh langsung dari luar negeri. Fitria mengungkapkan, kurma jenis kurma nabi atau azwa diimpor secara langsung dari luar negeri. Bila dibeli dari importir, harga yang harus dibayar sangatlah mahal. Tetapi, kurma jenis lain dapat dibeli dari importir karena harganya tidak terlalu mahal.

Konsumen kurma yang dijual Fitria berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Fitria juga memasarkan produknya ke luar Jakarta, seperti Batam, Sumatera, Sulawesi dan Bali.

Bisnis kurma sama seperti bisnis lainnya bergantung pada pemasaran. Namun, bisnis ini tergolong beresiko tinggi, karena sumber untuk mendapatkan produknya bergantung pada produsen kurma dari luar negeri. Jadi, bila ada masalah kecil yang terjadi, akan beresiko persediaan produk akan tersendat dan tidak dapat memenuhi permintaan konsumen.

2.Menggiurkannya Bisnis Kurma Di Bulan Ramadhan 2

BACA JUGA:

Bisnis Takjil, Tambang Emas Di Bulan Ramadhan

Rahasia Porsche Sukses dan Berkembang Hingga Saat Ini

Similar Articles

Inilah 8 Penyebab Gagalnya Usaha Kecil

Inilah 8 Penyebab Gagalnya Usaha Kecil 0

Kian banyaknya pelaku UKM (Usaha Kecil Menengah) membuat persaingan usaha menjadi semakin ketat. Hal ini seringkali

Melirik Peluang Bisnis Potong Rambut Model Terkini

Melirik Peluang Bisnis Potong Rambut Model Terkini 0

Mempunyai gaya rambut menarik dengan model yang sedang menjadi trend saat ini adalah hal yang

3 Alasan Utama Mengapa Dunia Maya Simpan Peluang Usaha Menggiurkan!

3 Alasan Utama Mengapa Dunia Maya Simpan Peluang Usaha Menggiurkan! 0

Peluang usaha akan menjadi semakin menjanjikan, bila Anda mampu memanfaatkannya dengan baik. Salah satu peluang yang

4 Bukti Bisnis Keluarga dapat Sukses Besar

4 Bukti Bisnis Keluarga dapat Sukses Besar 0

Bisnis keluarga sering dianggap sebagai bisnis yang sulit berkembang karena sulitnya terbentuk profesionalisme antar anggota keluarga

5 Hal Penting Maksimalkan Peluang Bisnis Tas

5 Hal Penting Maksimalkan Peluang Bisnis Tas 0

Peluang bisnis tas terbilang cukup menggiurkan, karena produk ini banyak dicari, apalagi saat penampilan menjadi hal

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *