Teropong Bisnis | Homepage
Mengeruk Untung dari Sambal Kemasan

Mengeruk Untung dari Sambal Kemasan

0 Comments 🕔09.Apr 2014

Sambal dapat dikatakan makanan pendamping yang harus ada di setiap meja orang Indonesia. Pedas dan nikmatnya membuat makanan terasa lebih lezat. Tentunya, dengan keunggulan ini, sambal dapat dijadikan produk yang cukup menjanjikan. Hal ini juga yang dilakukan oleh Aisyah Rusdan (48).

Aisyah mengolah sambal yang dapat dinikmati oleh semua orang, tidak terkecuali balita. Untuk balita, dia menggunakan cabe merah besar, sehingga rasanya tidak terlalu pedas.

Awal mula berbisnis sambal adalah saat Aisyah menjalankan bisnis katering sejak 2005. Selama menjalankan bisnis ini, sambal menjadi makanan pendamping paling laris. Lalu dia berinisiatif untuk membuat produk sambal kemasan untuk dipasarkan.

Untuk menguji produk dan target pasarnya, Aisyah mengikuti pameran masakan di Malang. Dia membuat 120 botol sambal kemasan untuk dijual pada pameran tersebut. Ternyata produknya laku dan habis terjual pada pameran yang dilangsungkan selama 3 hari tersebut.

usaha, wirausaha, sambal kemasan, keuntungan, bisnis

Pameran tersebut menjadi awal berjalannya bisnis sambal kemasan ini. Aisyah berhasil menjual 5 kardes sambal dan bumbu kemasan. Tiap kemasannya berisi 30 botol produk buatannya. Dengan harga sambal kemasan Rp. 10.000 per botol, Aisyah mampu mengantongi pemasukan sebesar Rp. 1,5 juta per hari.

Sambal yang dijual Aisyah beragam. Dia menyediakan sambal bawang, sambal terasi, sambal Kanton, dan lainnya. Untuk bumbu kemasan, Aisyah membuat bumbu rujak manis, bumbu soto Solo, bumbu opor dan lainya. Dengan keunikan dan keberagaman produk yang dia sediakan, tidak heran usaha yang sudah berjalan 4 bulan ini dirasa cukup sukses.

Untuk membantu usahanya ini, Aisyah dibantu oleh warga di sekitar rumahnya. Tugas mereka beragam, seperti membersihkan bawang merah, cabai dan bawang putih.

Aisyah memberikan upah berdasarkan banyaknya bahan yang dapat dibersihkan oleh warga. Untuk 1 kg cabai dan bawang di upahi Rp. 1.000, sedangkan bawang merah Rp. 1.500. 1 harinya, mereka dapat membersihkan bahan sebanyak 70 kg.

Keunikan produk sambal Aisyah ini terletak pada resep racikannya. Oleh karena itu, Aisyah senantiasa menjaga rapat rahasia resep ini. Untuk melakukannya, dia sengaja memberi tugas berbeda-beda kepada pegawainya. Bahkan bila dia pergi keluar kota, dia lebih memilih tidak memproduksi sambal kemasan miliknya.

Meskipun begitu, Aisyah merasa bahwa resepnya sudah ada yang membajak. Tetapi dia tidak khawatir. Dia yakin bahwa pelanggannya akan setia.

Aisyah selalu menyediakan stok berlimpah untuk pelanggannya. Hal ini dilakukan agar mereka tidak kecewa, saat akan membeli produk buatannya.

Bisnis yang dijalankan Aisyah ini cukup menjanjikan. Selain sambal adalah makanan pendamping yang disukai, keragaman produknya juga menjadi salah satu alasan.

Memang, banyak produk sambal kemasan di pasaran yang dapat Anda temukan. Tetapi, produk sambal khas Indonesia dalam kemasan mungkin hanya dibuat oleh Aisyah. Hal ini pulalah yang menjadikan produknya unik dan menarik banyak pelanggan.

usaha, wirausaha, sambal kemasan, keuntungan, bisnisBACA JUGA:

Ketat dan Menjanjikan, Menggiurkannya Usaha Cetak Kemasan

100 Juta Siap Masuk Kantong dengan Bisnis Kue Buah

Similar Articles

Inilah 8 Penyebab Gagalnya Usaha Kecil

Inilah 8 Penyebab Gagalnya Usaha Kecil 0

Kian banyaknya pelaku UKM (Usaha Kecil Menengah) membuat persaingan usaha menjadi semakin ketat. Hal ini seringkali

Melirik Peluang Bisnis Potong Rambut Model Terkini

Melirik Peluang Bisnis Potong Rambut Model Terkini 0

Mempunyai gaya rambut menarik dengan model yang sedang menjadi trend saat ini adalah hal yang

3 Alasan Utama Mengapa Dunia Maya Simpan Peluang Usaha Menggiurkan!

3 Alasan Utama Mengapa Dunia Maya Simpan Peluang Usaha Menggiurkan! 0

Peluang usaha akan menjadi semakin menjanjikan, bila Anda mampu memanfaatkannya dengan baik. Salah satu peluang yang

4 Bukti Bisnis Keluarga dapat Sukses Besar

4 Bukti Bisnis Keluarga dapat Sukses Besar 0

Bisnis keluarga sering dianggap sebagai bisnis yang sulit berkembang karena sulitnya terbentuk profesionalisme antar anggota keluarga

5 Hal Penting Maksimalkan Peluang Bisnis Tas

5 Hal Penting Maksimalkan Peluang Bisnis Tas 0

Peluang bisnis tas terbilang cukup menggiurkan, karena produk ini banyak dicari, apalagi saat penampilan menjadi hal

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *