Teropong Bisnis | Homepage
Mengais Nikmatnya Laba dari Pakaian Adat Anak

Mengais Nikmatnya Laba dari Pakaian Adat Anak

0 Comments 🕔26.May 2014

Pakaian adat tradisional mungkin saat ini sangat jarang dikenakan. Kalaupun dikenakan, hanya pada saat-saat khusus. Meskipun demikian, peluang usaha pakaian adat ini cukup menjanjikan. Hal ini dibuktikan oleh Hendy C.S. yang sukses dengan bisnis pakaian adat anak.

Berawal pada tahun 2010, dia menggunakan modal Rp. 2 juta untuk membuat 30 pasang pakaian adat anak-anak. Dia menggunakan jasa maklun, jadi, Hendy hanya fokus pada penjualan. Untuk pemasangan manik-manik dan aksesoris, Hendy menggunakan jasa ibu-ibu di sekitar tempat tinggalnya.

Kini, usahanya cukup sukses. Terlihat dari kapasitas produksinya yang meningkat pesat, hingga 2.000 pasang atau 4.000 setel pakaian adat anak setiap bulannya.

Metode pemasaran yang digunakan Hendy adalah pemasaran online. Sejak awal memulai bisnis ini, dia sudah memasarkan produknya melalui NatNatShop.com. Dari cara ini, pemasarannya meluas hingga ke Timor Leste, Kalimantan, Sumatera dan Papua.

Harga produk yang dia buat berbeda berdasarkan jenis produk. Untuk pakaian adat anak dari kain beludru, dihargai Rp. 200.000 per pasang. Untuk kain katun, dihargai Rp. 170.000 dan selop kaki dijual seharga Rp. 60.000 per pasang. Produk pakaian adat anak Hendy diperuntukkan untuk siswa TK dan SD kelas 1-3 dan 1-6.

Pada umumnya, pembeli produk pakaian adat anak Hendy adalah pemilik salon. Mereka membelinya untuk disewakan. Selain pemilik salon, banyak juga reseller. Banyak dari reseller ini bahkan menjual produk Hendy dengan harga lebih mahal.

Selain online, Hendy juga menggunakan promosi dari mulut ke mulut. Cara ini mampu menjangkau pasar lebih luas, seperti pedagang pasar di Surabaya.

Hendy menerima semua pesanan, baik partai besar atau eceran, untuk mempertahankan tingkat penjualan yang tinggi. Omzet yang didapat Hendy dapat mencapai Rp. 60 juta per bulan dengan keunutngan 30%.

Selain Hendy, ada juga Jumilah. Jumilah fokus pada pakaian adat dan kostum tari. Dengan nama Mila Collection, dia memulai usaha ini empat tahun lalu di Batam dengan modal Rp. 2 juta. Sebelumnya, dia mempunyai usaha mainan edukasi tetapi melihat potensi besar usaha pakaian adat anak ini, dia akhirnya banting setir.

Harga pakaian ada buatan Jumilah sebesar Rp. 225.000. Dari sini, Jumilah dapat balik modal hanya dalam 1 bulan.

Jumilah mengaku ada beberapa momen khusus dimana pesanan yang datang sangat banyak, seperti pada bulan Februari, Maret, April, Juni, Juli, dan Oktober.

Untuk memenuhi pesanan, Jumilah menyimpan stok 500 setel pakaian adat dan kostum tari. Khusus untuk pakaian ada Padang, dia memiliki 50 setel stok. Pakaian jenis ini yang menjadi pakaian paling laris di Batam. Dia juga menyewakan pakainnya dan meraup keuntungan sebesar 50% dari sini.

Jumilah memasarkan pakaian adat anak dan kostum tarinya ke sekolah-sekolah. Pada awal memulai usaha ini, dia tidak memiliki pesaing. Kini, sudah banyak sekolah yang sudah memiliki kostum tari atau pakaian ada sendiri. Namun, Jumilah yakin pasar bisnis ini masih cukup luas.

pakaian adat, baju adat, baju tradisional, usaha rumahan, usaha sampingan

BACA  JUGA:

Sehat Keuntungannya, Sehat Peluangnya, Bisnis Kue Sehat

Menilik Peluang Menggiurkan Bisnis Salon Pria

Similar Articles

Inilah 8 Penyebab Gagalnya Usaha Kecil

Inilah 8 Penyebab Gagalnya Usaha Kecil 0

Kian banyaknya pelaku UKM (Usaha Kecil Menengah) membuat persaingan usaha menjadi semakin ketat. Hal ini seringkali

Melirik Peluang Bisnis Potong Rambut Model Terkini

Melirik Peluang Bisnis Potong Rambut Model Terkini 0

Mempunyai gaya rambut menarik dengan model yang sedang menjadi trend saat ini adalah hal yang

3 Alasan Utama Mengapa Dunia Maya Simpan Peluang Usaha Menggiurkan!

3 Alasan Utama Mengapa Dunia Maya Simpan Peluang Usaha Menggiurkan! 0

Peluang usaha akan menjadi semakin menjanjikan, bila Anda mampu memanfaatkannya dengan baik. Salah satu peluang yang

4 Bukti Bisnis Keluarga dapat Sukses Besar

4 Bukti Bisnis Keluarga dapat Sukses Besar 0

Bisnis keluarga sering dianggap sebagai bisnis yang sulit berkembang karena sulitnya terbentuk profesionalisme antar anggota keluarga

5 Hal Penting Maksimalkan Peluang Bisnis Tas

5 Hal Penting Maksimalkan Peluang Bisnis Tas 0

Peluang bisnis tas terbilang cukup menggiurkan, karena produk ini banyak dicari, apalagi saat penampilan menjadi hal

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *