Teropong Bisnis | Homepage
Mendulang Rupiah Dari Kaleng Bekas

Mendulang Rupiah Dari Kaleng Bekas

0 Comments 🕔16.Apr 2014

Lani Cahyaningsari tengah sibuk memeriksa dan menata berbagai macam kaleng bekas yang dipenuhi dengan motif – motif lukisan. Kaleng – kaleng inilah yang saat ini menjadi pembawa rezeki untuk ibu tiga anak ini.

Lani memang selalu beraktivitas seperti itu di restoran yang juga menjadi galeri lukisanya. Oleh sebab itu tidak heran bila ratusan kaleng dengan lukisan aneka motif tersebut memenuhi etalasenya. Beberapa kaleng yang dipajang di sana sudah diberi label nama yang berarti kaleng itu adalah pesanan orang.

Usaha yang berawal dari hobi menggambar ini sebelumnya digawangi lima bersaudara, termasuk Lani bersama suaminya pada tahun 2008 silam. Bakat melukis yang dimiliki oleh kelima orang ini menjadi modal awal mereka berwiraswasta.

“Sebenarnya idenya dari mertua saya. Dia bilang kalau kita harus mencari media yang unik untuk dilukis. Hasil karya itu nantinya dipajang di restoran yang sekaligus menjadi galeri,” tutur Lani.

Lani bersama saudara – saudaranya pun telah mencoba berbagai media, salah satunya kayu. Tetapi seiring berjalannya waktu, lukisan dari setiap tangan kelima orang ini ternyata memiliki gaya yang berbeda – beda. Untuk Lani, hasil karyanya cenderung bergaya anak – anak sehingga ia memutuskan untuk beralih media dari kayu ke kaleng.

Saudara ipar Lani yang memiliki gaya lukisan natural kemudian memutuskan untuk menggunakan media kain. Lani mengakui bahwa ide menggunakan kaleng sebagai media berawal dari iseng. Ceritanya ia mencoba melukis pada kaleng kerupuk yang dibelinya.

ide bisnis, peluang usaha, kaleng lani, lukisan kaleng, bisnis

“Kaleng kan polos, saya pun akhirnya mencoba – coba melukis kaleng tersebut. Setelah jadi, saya menitipkannya di galeri. Alhamudulillah animonya bagus dan relatif cepat laku,” imbuhnya sambil tersenyum.

Karena banyaknya permintaan, Lani pun mencoba membeli beberapa kaleng kerupuk untuk dia lukis seterusnya. Alhasil penjualan kaleng lukisnya pun semakin meningkat.

“Saya akhirnya menyimpulkan bahwa dengan style lukis saya yang bergaya anak – anak dan target konsumen yang juga anak – anak, kaleng merupakan media yang paling ideal untuk wiraswasta. Soalnya media kaleng mudah dibawa kemana – mana dan lebih ringan,” ucap wanita berkacamata tersebut.

Pada tahun 2000, ia memutuskan memulai usahanya dengan merk ‘Kaleng Lani’. Dari situ ia membuat kaleng lukis yang beraneka ragam mulai dari tempat pensil, kotak tisu, jam dinding, dll. Secara kebetulan, ibu Lani juga sering membuat kue dan menggunakan bahan susu kental manis sehingga kaleng bekas susunya digunakan untuk membuat kaleng lukis.

Bisnis yang dijalankan Lani dulu memiliki modal terbatas karena harga kaleng baru cukup mahal. Sejah saat itu ia pun memanfaatkan kaleng dari bekas susu untuk membuat kaleng lukis. Saat itu kebetulan juga sudah diberlakukan sistem daur ulang sehingga wanita lulusan universitas Trisakti ini menciptakan barang bagus dari barang bekas.

Selain dari ibunya, Lani juga mendapat kaleng susu bekas dari penjual sop buah dan jus di daerahnya. Kaleng susu formula bekas ia peroleh dari tetangganya. Ia mengatakan saat memulai bisnisnya ia hanya memiliki modal Rp 500 ribu untuk membeli cat, alat lukis, dan juga kaleng.

Berkat keuletannya, saat ini usahanya bisa dibilang cukup berhasil. Ia mampu mempekerjakan 3 karyawan untuk membantunya mengecat dan mengemas karyanya. Untuk membuat pola lukisan, Lani masih mengerjakannya sendiri. Hal ini karena belum ada yang mampu melukis seperti yang ia inginkan.

Kaleng lukis Lani saat ini sudah dikenal banyak orang dengan harga mulai dari Rp 20 ribu sampai Rp 500 ribu. Ia pun juga memasarkan produk dari kaleng bekas ini secara online melalui Facebook. Dengan omzet penghasilan Rp 10 juta sampai Rp 12 juta, Lani yakin bahwa profesinya saat ini yang paling sesuai dengan keinginannya.

Sumber:  http://www.ciputraentrepreneurship.com/domestic-womenpreneur/sulap-kaleng-bekas-jadi-rupiah

ide bisnis, peluang usaha, kaleng lani, lukisan kaleng, bisnis

BACA JUGA:

Sang Miliarder Pemilik Butik Busana Muslim

Aturan Bisnis Online Baru Membuat Pelanggan Benar-Benar Menjadi Raja

Similar Articles

Inilah 8 Penyebab Gagalnya Usaha Kecil

Inilah 8 Penyebab Gagalnya Usaha Kecil 0

Kian banyaknya pelaku UKM (Usaha Kecil Menengah) membuat persaingan usaha menjadi semakin ketat. Hal ini seringkali

Melirik Peluang Bisnis Potong Rambut Model Terkini

Melirik Peluang Bisnis Potong Rambut Model Terkini 0

Mempunyai gaya rambut menarik dengan model yang sedang menjadi trend saat ini adalah hal yang

3 Alasan Utama Mengapa Dunia Maya Simpan Peluang Usaha Menggiurkan!

3 Alasan Utama Mengapa Dunia Maya Simpan Peluang Usaha Menggiurkan! 0

Peluang usaha akan menjadi semakin menjanjikan, bila Anda mampu memanfaatkannya dengan baik. Salah satu peluang yang

4 Bukti Bisnis Keluarga dapat Sukses Besar

4 Bukti Bisnis Keluarga dapat Sukses Besar 0

Bisnis keluarga sering dianggap sebagai bisnis yang sulit berkembang karena sulitnya terbentuk profesionalisme antar anggota keluarga

5 Hal Penting Maksimalkan Peluang Bisnis Tas

5 Hal Penting Maksimalkan Peluang Bisnis Tas 0

Peluang bisnis tas terbilang cukup menggiurkan, karena produk ini banyak dicari, apalagi saat penampilan menjadi hal

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *