Teropong Bisnis | Homepage
Mencicipi Manisnya Peluang Usaha Budidaya Pepaya California

Mencicipi Manisnya Peluang Usaha Budidaya Pepaya California

0 Comments 🕔20.Nov 2013

Bagi Anda yang suka sekali mengkonsumsi buah pepaya, ada baiknya menyimak informasi berikut ini. Ternyata, Anda juga bisa mengembangkan bisnis pertanian dari buah kesukaan Anda tersebut. Salah satu contohnya, Anda bisa mencoba peluang usaha budidaya pepaya California. Para petani mulai melirik buah yang satu ini karena ternyata keuntungan yang diperoleh sangat menggiurkan.

Sebenarnya, ada beberapa keunggulan pepaya jenis California dibandingkan dengan pepaya jenis lainnya. Tak heran jika beberapa orang langsung tertarik untuk mencoba peluang usaha budidaya pepaya California. Walaupun pepaya jenis ini masih terbilang varietas baru tapi penggemar buah ini menyukainya karena rasa manisnya.

Selain itu, buah pepaya California juga tahan lama dengan masa panen yang lebih cepat dibandingkan pepaya jenis lainnya. Jika Anda tertarik dan penasaran dengan rupa buah yang satu ini, Anda bisa berkunjung ke tempat budidaya pepaya California yang berlokasi di kota Bogor, Jawa Barat,  tepatnya di daerah Caringin.

Suhandi memaparkan beberapa tips untuk membudidayakan pepaya California agar hasilnya maksimal dan memuaskan. Agar tanaman pepaya California tumbuh subur, Anda harus menanamnya pada lahan dengan ketinggian sekitar 300 hingga 500 m dpl. Selain ketinggian lahan, Anda juga harus memperhatikan jarak penanapan pohon pepaya.

Jarak penanaman pohon pepaya California yang ideal adalah 2.5m x 2m. Lebih lanjut, Suhandi mengungkapkan bahwa untuk 1 hektar lahan, Anda bisa mendapatkan sekitar 1500 hingga 1700 pohon pepaya California. Petani pepaya California ini menuturkan pentingnya proses pemupukan. Jika pohon pepaya sudah mulai besar, maka proses pemupukan hanya akan dilakukan tiap 3 bulan sekali.

Keunikan pohon pepaya jenis California adalah ukurannya yang lebih pendek dari pohon pepaya yang biasa. Ukuran paling tinggi saja hanya mencapai 2 meter. Masa panen pohon pepaya California relatif cepat karena Anda sudah bisa mencicipi buahnya setelah berumur 7 bulan hingga 9 bulan. Anda tetap bisa memanen dari pohon yang sama sebanyak 4 kali per bulan hingga pohon mencapai usia 4 tahun.

Hitungan bisnisnya juga sangat menggiurkan. Bayangkan, dalam sekali panen, Anda dapat menghasilkan 20 hingga 50 buah pepaya California. Di tingkat petani, harga buah pepaya California dibandrol sekitar Rp. 2.000 hingga Rp. 2.300 per kilogramnya. Nantinya, pepaya tersebut didistribusikan ke beberapa Supermarket di kota Jakarta.

Jika sudah dipajang di Supermarket, harganya meningkat menjadi Rp. 5.000 hingga Rp. 7.000 per kilogramnya. Tidak ada salahnya mencoba peluang usaha budidaya pepaya California khususnya bagi Anda yang sangat menyukai dunia cocok tanam. Kompetisi pasar masih terbilang rendah dengan harga pasar yang lebih stabil.

Jadi, jika Anda memiliki lahan yang cukup luas mengapa tidak Anda mencoba bercocok tanam pepaya California? Bisa jadi, keuntungan akan menghampiri Anda.

Similar Articles

Inilah 8 Penyebab Gagalnya Usaha Kecil

Inilah 8 Penyebab Gagalnya Usaha Kecil 0

Kian banyaknya pelaku UKM (Usaha Kecil Menengah) membuat persaingan usaha menjadi semakin ketat. Hal ini seringkali

Melirik Peluang Bisnis Potong Rambut Model Terkini

Melirik Peluang Bisnis Potong Rambut Model Terkini 0

Mempunyai gaya rambut menarik dengan model yang sedang menjadi trend saat ini adalah hal yang

3 Alasan Utama Mengapa Dunia Maya Simpan Peluang Usaha Menggiurkan!

3 Alasan Utama Mengapa Dunia Maya Simpan Peluang Usaha Menggiurkan! 0

Peluang usaha akan menjadi semakin menjanjikan, bila Anda mampu memanfaatkannya dengan baik. Salah satu peluang yang

4 Bukti Bisnis Keluarga dapat Sukses Besar

4 Bukti Bisnis Keluarga dapat Sukses Besar 0

Bisnis keluarga sering dianggap sebagai bisnis yang sulit berkembang karena sulitnya terbentuk profesionalisme antar anggota keluarga

5 Hal Penting Maksimalkan Peluang Bisnis Tas

5 Hal Penting Maksimalkan Peluang Bisnis Tas 0

Peluang bisnis tas terbilang cukup menggiurkan, karena produk ini banyak dicari, apalagi saat penampilan menjadi hal

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *