Teropong Bisnis | Homepage
Manfaatkan Laboratorium Bahasa untuk Mencicipi Peluang Bisnis Menggiurkan

Manfaatkan Laboratorium Bahasa untuk Mencicipi Peluang Bisnis Menggiurkan

0 Comments 🕔20.Apr 2016

Peluang bisnis dibidang teknologi sangat menjanjikan saat ini. Salah satunya adalah penyedia peralatan untuk laboratorium bahasa. Saat ini, banyak sekolah menengah yang membutuhkan peralatan ini. Mereka sadar pentingnya penggunaan teknologi untuk pengajaran yang lebih efektif.

Dengan jumlah sekolah menengah lebih dari 12 ribu di seluruh Indonesia, pasar bisnis ini terbilang sangat luas. Hal ini pula yang mendorong Widodo Adi, pemilik CV Translab Media utama untuk mencoba peluang ini. Dengan modal Rp. 2 juta, dia mampu mengembangkan bisnis ini.

Untuk menekan biaya produksi, Widodo memproduksi produk-produk yang dia jual secara mandiri. Produk-produk seperti perakitan komputer, furnitur hingga software dia buat sendiri. Dia menjual produknya dengan harga antara Rp. 40 juta hingga Rp. 500 juta tergantung paket yang dipilih. Dari penjualannya ini, dia dapat mengeruk keuntungan antara 20% hingga 30%.

Perusahaan lain yang juga mencoba peluang bisnis ini adalah Arion Indonesia. Perusahaan ini menyediakan paket Rp. 5 juta per unit komputer dengan spesifikasi RAM 2 GB dan hardrive 500 GB.

Kini, perusahaan ini juga mengembangkan produk yang mereka jual dengan menggantinya dengan tablet. Dengan cara ini, biaya produksinya lebih rendah dan mampu meningkatkan keuntungan. Untuk harga, mereka mematok harga mulai dari Rp. 70 juta hingga Rp. 300 juta per paket.

Namun, seperti bisnis lainnya, bisnis penyedia peralatan laboratorium bahasa ini juga memiliki beberapa tantangan. Tantangan utamanya adalah pemasaran. Dibutuhkan strategi pemasaran yang baik untuk mampu bersaing saat ini, dimana sudah banyak pelaku bisnis yang sama yang bermunculan.

Widodo juga mengakuinya, bila saat dia memulai bisnisnya pada tahun 2006 yang lalu, persaingannya tidak begitu ketat karena pelaku bisnisnya masih sedikit. Namun, saat ini, dengan semakin banyaknya pelaku bisnis yang bergerak dibidang yang sama, dia berusaha mengatasinya dengan memaksimalkan media online. Arion juga melakukan hal yang sama dengan menggunakan website mereka. Pemasaran juga mereka lakukan secara offline.

Tantangan lainnya dari peluang bisnis ini datang dari klien. Biasanya, sekolah yang membeli paket tidak akan membeli paket baru untuk memperbaharui laboratorium bahasa mereka dalam waktu dekat. Biasanya, pembaharuan ini dilakukan tiap 5 hingga 10 tahun sekali. Disinilah dibutuhkan promosi yang kuat, agar lebih banyak klien yang tertarik untuk menggunakan jasa bisnis ini.

Akan tetapi, hal paling penting bila Anda ingin mencoba peluang bisnis ini adalah pengetahuan dan kemampuan dalam bidang ini. Anda harus mengerti mengenai bidang elektronik dan pemrograman yang menjadi dasar utama dari bisnis ini. Memang, Anda dapat menggunakan jasa profesional untuk hal-hal tersebut. Tetapi, tentunya cara tersebut akan memakan lebih banyak biaya, khususnya saat Anda baru pertama kali mencoba peluang bisnis ini.

Peluang Bisnis

Similar Articles

Inilah 8 Penyebab Gagalnya Usaha Kecil

Inilah 8 Penyebab Gagalnya Usaha Kecil 0

Kian banyaknya pelaku UKM (Usaha Kecil Menengah) membuat persaingan usaha menjadi semakin ketat. Hal ini seringkali

Melirik Peluang Bisnis Potong Rambut Model Terkini

Melirik Peluang Bisnis Potong Rambut Model Terkini 0

Mempunyai gaya rambut menarik dengan model yang sedang menjadi trend saat ini adalah hal yang

3 Alasan Utama Mengapa Dunia Maya Simpan Peluang Usaha Menggiurkan!

3 Alasan Utama Mengapa Dunia Maya Simpan Peluang Usaha Menggiurkan! 0

Peluang usaha akan menjadi semakin menjanjikan, bila Anda mampu memanfaatkannya dengan baik. Salah satu peluang yang

4 Bukti Bisnis Keluarga dapat Sukses Besar

4 Bukti Bisnis Keluarga dapat Sukses Besar 0

Bisnis keluarga sering dianggap sebagai bisnis yang sulit berkembang karena sulitnya terbentuk profesionalisme antar anggota keluarga

5 Hal Penting Maksimalkan Peluang Bisnis Tas

5 Hal Penting Maksimalkan Peluang Bisnis Tas 0

Peluang bisnis tas terbilang cukup menggiurkan, karena produk ini banyak dicari, apalagi saat penampilan menjadi hal

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *