Teropong Bisnis | Homepage
Limbah Kotak Susu Penghasil Jutaan Rupiah Per Bulan

Limbah Kotak Susu Penghasil Jutaan Rupiah Per Bulan

0 Comments 🕔30.Jun 2014

Produk yang berhasil tidak dipandang dari bahan yang digunakan untuk membuat produk tersebut. Meskipun bahan produk tersebut adalah bahan sisa, seperti limbah kotak susu, dengan kreativitas, produk ini akan dapat menjadi penghasil keuntungan. Contoh nyatanya adalah Wahyuning Widowati, yang berhasil mengolah limbah kotak susu menjadi mainan anak.

Nuning memulai usahanya saat membuat celengan dari kotak susu bekas milik anaknya. Maklum, dia mempunyai anak yang masih kecil yang masih rutin minum susu. Jadi, ada banyak bahan kotak susu bekas yang tersedia.

Celengan dari kotak susu ini dia buat untuk mendidik anaknya mengenai pentingnya menabung. Ternyata, banyak teman anaknya menyukai mainan buatannya ini. Nuning akhirnya mencoba untuk membuat mainan lainnya.

Akhirnya, Nuning memutuskan untuk mendirikan usaha yang fokus pada kegiatan ini pada 2010. Dia namakan usahanya Omah KenKen. Wanita 37 tahun ini membuat berbagai macam produk mainan anak. Tidak hanya celengan, mobil mainan, kotak pensil, kereta dan lainnya juga dia buat dari bahan limbah kotak susu.

Saat ini, bisnisnya mempunyai 17 jenis produk mainan anak. Dia membuat semua mainan ini di bengkel dekat rumahnya di Cipayung, Jakarta Timur.

Modal awal yang Nuning gunakan cukup kecil, yaitu Rp. 500 ribu. Modal ini digunakan untuk membeli semua peralatan untuk memproduksi, seperti lem, kertas kado dan lainnya. Untuk limbah kotak susu, Nuning mendapatkannya secara gratis. Biasanya, kotak susu bekas didapat dari teman, tetangga atau orang disekitar rumahnya.

Nuning juga sering membeli limbah kotak susu yang diberikan orang kepadanya. Biasanya, dia membeli 100 buah kotak susu bekas dengan harga Rp. 1.000 per kotak. Namun, banyak juga yang menolak dan hanya ingin memberikan kotak susu bekas mereka secara gratis. Oleh karena itu, Nuning tidak pernah kehabisan stok kotak susu bekas.

Keahliannya membuat mainan dari limbah kotak susu ini didapat secara otodidak. Dia tidak pernah belajar pada siapapun. Dia juga hanya menggunakan internet untuk mencari inspirasi model mainan yang akan dia buat.

Harga produk mainan buatannya berkisar antara Rp. 15.000 hingga Rp. 45.000. Harga ini ditentukan berdasarkan tingkat kesulitan pembuatan mainan. Contohnya, celengan sederhana dijual dengan harga Rp. 15.000, sedangkan untuk mainan mobil, dihargai Rp. 40.000. Omzet yang didapat per bulannya dapat mencapai Rp. 5 juta bahkan lebih dengan margin keuntungan 30%.

Untuk proses produksi, Nuning mempunyai 4 orang karyawan. Para karyawan ini adalah tetangganya. Pembeli produk Nuning bermacam-macam, seperti toko mainan, pedagang dan juga ibu rumah tangga.

Umur 4 tahun usaha ini dan hanya menghasilkan omzet Rp. 5 juta dapat dikatakan belum berhasil sepenuhnya. Bila bisnis limbah kotak susu ini menggunakan cara pemasaran yang lebih efektif, seperti internet, maka akan dapat berkembang. Omzet dan keuntungannya pun akan meningkat.

SONY DSC

BACA JUGA:

Bisnis Wisata Berbuah Rp. 5 Miliar

Berkah dan Keuntungan Pada Bulan Suci dengan 5 Bisnis Bulan Ramadhan

Similar Articles

Inilah 8 Penyebab Gagalnya Usaha Kecil

Inilah 8 Penyebab Gagalnya Usaha Kecil 0

Kian banyaknya pelaku UKM (Usaha Kecil Menengah) membuat persaingan usaha menjadi semakin ketat. Hal ini seringkali

Melirik Peluang Bisnis Potong Rambut Model Terkini

Melirik Peluang Bisnis Potong Rambut Model Terkini 0

Mempunyai gaya rambut menarik dengan model yang sedang menjadi trend saat ini adalah hal yang

3 Alasan Utama Mengapa Dunia Maya Simpan Peluang Usaha Menggiurkan!

3 Alasan Utama Mengapa Dunia Maya Simpan Peluang Usaha Menggiurkan! 0

Peluang usaha akan menjadi semakin menjanjikan, bila Anda mampu memanfaatkannya dengan baik. Salah satu peluang yang

4 Bukti Bisnis Keluarga dapat Sukses Besar

4 Bukti Bisnis Keluarga dapat Sukses Besar 0

Bisnis keluarga sering dianggap sebagai bisnis yang sulit berkembang karena sulitnya terbentuk profesionalisme antar anggota keluarga

5 Hal Penting Maksimalkan Peluang Bisnis Tas

5 Hal Penting Maksimalkan Peluang Bisnis Tas 0

Peluang bisnis tas terbilang cukup menggiurkan, karena produk ini banyak dicari, apalagi saat penampilan menjadi hal

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *