Teropong Bisnis | Homepage
Kisah Sukses Usaha Agrobisnis dari Ciwidey

Kisah Sukses Usaha Agrobisnis dari Ciwidey

0 Comments 🕔24.Mar 2014

Indonesia yang terletak di daerah tropis, sangat cocok untuk usaha agrobisnis. Bila Anda mau memanfaatkan hal ini, bukan tidak mungkin Anda akan sukses seperti Teh Eneng.

Teh Eneng pada awalnya hanyalah petani biasa. Dari kebun miliknya, dia memasarkan sayur dan hasil kebun lainnya ke pasar-pasar tradisional. Awalnya, dia hanya memiliki empat orang pegawai yang membantunya menjalankan usaha agrobisnis ini. Pemasukan yang dia dapat hanya sekitar Rp. 800 ribu hingga Rp. 2 juta per harinya.

Teh Eneng lalu berpikir untuk mengembangkan usahanya ini. Dan. Dia mulai mencari informasi lebih mengenai bisnis ini.

Akhirnya, Teh Eneng menemukan LSM Satoe Indonesia pada 2007. Hal ini mungkin menjadi pembuka pintu kesuksesan usaha agrobisnis miliknya. Perempuan 28 tahun ini akhirnya mulai mengikuti pelatihan dari LSM ini.

LSM Satoe Indonesia sendiri adalah LSM yang berawal dari organisasi mahasiswa Sekolah Bisnis dan Manajemen, Institut Teknologi Bandung. Organisasi ini mempunyai program bernama Pengembangan Usaha. Program ini bertujuan untuk membantu mengembangkan bisnis potensial di desa Ciwidey.

Dari pelatihan ini, Teh Eneng memperoleh banyak hal. Dia akhirnya tahu cara membudidayakan yang baik, pengemasan dan pemasaran. Selain itu, Teh Eneng juga berkesempatan mengikuti pameran, seperti Agro Expo di JCC.

Dari pelatihan dan pameran ini, jaringan usaha agrobisnis Teh Eneng mulai terbentuk. Dia berhasil bertemu dengan banyak orang dari industri pemasok ritel modern. Dan, kesempatan mengembangkan bisnisnya terbuka lebar.

peluang usaha, wirausaha, agrobisnis, ciwidey, bisnis

Teh Eneng juga mendapatkan pengetahuan berharga mengenai komoditas sayur eksklusif. Jenis sayuran ini menjadi sangat bernilai tinggi karena kualitas dan pengemasannya agar dapat masuk ritel modern.

Saat ini, usaha agrobisnis Teh Eneng sudah mempunyai 26 orang karyawan. Mereka bekerja membantu di kebun, gudang dan pengemasan. Dan, daerah pemasaran usahanya juga berkembang.

Teh Eneng  berhasil memasok ke 13 ritel modern di Jakarta, seperti Lebak Bulus, MT Haryono, Season City, Ciledug, Cempaka Mas, TMII, dan Ambassador. Selain itu, Teh Eneng berhasil pula mengekspor produknya ke luar negeri.

Luas kebun Teh Eneng mencapai 60 hektar. Produk sayur yang dihasilkannya termasuk dalam produk semi organik atau sayuran berpestisida minimum. Selain produk sayur lokal, Teh Eneng juga memproduksi sayuran eksklusif, seperti adamame, labu Jepang dan lainnya.

Usaha agrobisnis Teh Eneng kini sudah sangat berkembang. Per minggunya, dia dapat memasok swalayan-swalayan besar sebanyak 3 kali dengan pesanan minimum 300 kg untuk 54 jenis sayuran.

Teh Eneng juga memberdayakan petani didaerahnya. Kini sudah ada 23 gapoktan (gabungan kelompok tani) atau sekitar 270 petani yang bekerja sama dengannya.  Dia juga membagi ilmu agrobisnis yang didapatnya kepada mereka.

Dan, harapan Teh Eneng adalah menghapus paradigma bahwa usaha agrobisnis adalah usaha para laki-laki. Teh Eneng membuktikan dengan kreativitas, kerja keras dan kecerdasannya, dia berhasil menjadi salah satu pebisnis agrobisnis sukses.

peluang usaha, wirausaha, agrobisnis, ciwidey, bisnis

BACA JUGA:

Menjadi Milyader Dari Bisnis Pigura

Inspirasi Sukses Dari Bisnis Herbal

Similar Articles

TIKI EXPO, Event Seru Dan Menarik Untuk Kamu Dan Bisnismu Lho!

TIKI EXPO, Event Seru Dan Menarik Untuk Kamu Dan Bisnismu Lho! 0

Nama TIKI pasti ngga akan begitu asing lagi ya di telinga kita semua, tentu aja

Inilah 8 Penyebab Gagalnya Usaha Kecil

Inilah 8 Penyebab Gagalnya Usaha Kecil 0

Kian banyaknya pelaku UKM (Usaha Kecil Menengah) membuat persaingan usaha menjadi semakin ketat. Hal ini seringkali

Melirik Peluang Bisnis Potong Rambut Model Terkini

Melirik Peluang Bisnis Potong Rambut Model Terkini 0

Mempunyai gaya rambut menarik dengan model yang sedang menjadi trend saat ini adalah hal yang

3 Alasan Utama Mengapa Dunia Maya Simpan Peluang Usaha Menggiurkan!

3 Alasan Utama Mengapa Dunia Maya Simpan Peluang Usaha Menggiurkan! 0

Peluang usaha akan menjadi semakin menjanjikan, bila Anda mampu memanfaatkannya dengan baik. Salah satu peluang yang

4 Bukti Bisnis Keluarga dapat Sukses Besar

4 Bukti Bisnis Keluarga dapat Sukses Besar 0

Bisnis keluarga sering dianggap sebagai bisnis yang sulit berkembang karena sulitnya terbentuk profesionalisme antar anggota keluarga

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *