Teropong Bisnis | Homepage
Keuntungan Menjalankan Bisnis Indekos

Keuntungan Menjalankan Bisnis Indekos

0 Comments 🕔06.Jan 2014

Beruntunglah Anda yang memiliki rumah lebih dari satu. Daripada didiamkan dan tidak terurus, coba saja gunakan rumah tersebut sebagai tambahan pemasukkan Anda. Salah satu bisnis yang berkaitan dengan kepemilikan rumah atau lahan yang tidak terpakai ini adalah bisnis indekos. Keuntungan mengembangkan bisnis ini adalah Anda bisa mendapatkan passive income walaupun Anda mengerjakan aktivitas lain.

Dari segi rupiah, keuntungan bisnis ini juga lebih besar dibandingkan menyewakan tanah kosong atau bisnis sewa rumah. Secara spesifik bisnis indekos memiliki nilai return atau yield sekitar 6%-7% per tahun. Bahkan, jika lokasi rumah indekos tersebut letaknya strategis seperti di dekat perkantoran, mall atau kampus maka nilai returnnya bisa mencapai 8%-9% per tahun.

Namun, perlu Anda pahami bahwa return untuk bisnis ini cenderung untuk jangka panjang sehingga Anda harus bersabar untuk menikmati hasil tersebut. Pengamat properti dari Indonesia Property Watch, Ali Tranghanda menyatakan bahwa untuk mencapai break event point atau BEP, Anda perlu menunggu sekitar 12 hingga 15 tahun.

Jangka waktu ini dihitung hanya dari uang sewa kos saja. Anda tidak perlu berkecil hati atau bahkan mengurungkan niat untuk menjalankan bisnis ini. Faktanya, nilai properti terus melonjak dari tahun ke tahun khususnya untuk rumah-rumah di lokasi yang strategis. Nilai jualnya atau capital gainnya saja bisa mencapai nilai 15% sampai 30%, kembali lagi tergantung lokasinya.

bisnis indekos, kos-kosan, usaha, bisnis

Ali menambahkan jika nilai sewa yang Anda kenakan adalah sebesar 6% kemudian nilai jualnya sebesar 15% saja maka setiap tahun Anda akan memperoleh penghasilan mencapai 21%. Sebelum menjalankan bisnis ini tentu Anda harus tahu terlebih dahulu seluk beluknya. Jika dibandingkan dengan bisnis sewa apartemen da rumah maka pengelolaan bisnis indekos relatif lebih sulit.

Hal ini sangat erat kaitannya dengan servis dan fasilitas yang Anda tawarkan. Pengelolaan akan semakin rumit khususnya jika Anda menawarkan layanan kos eksklusif. Biasanya, biaya operasional yang Anda keluarkan akan semakin besar karena Anda juga harus menawarkan berbagai layanan. Anda juga akan mengeluarkan biaya untuk perbaikan dan renovasi karena rumah tersebut masih menjadi tanggungan Anda.

Tentu saja, ini berbeda jika Anda menyewakan apartemen atau rumah. Untuk itu, Anda juga harus memasukkan biaya-biaya tersebut saat menentukan harga sewa kos. Jangan lupa pula untuk membuat aturan yang jelas terhadap penyewa khususnya masalah kedisiplinan. Aturan di sini termasuk aturan jam malam dan penagihan uang kos bagi penyewa.

Untuk menentukan aturan yang tepat, kenali dulu target market Anda. Aturan untuk mahasiswa biasanya akan berbeda dengan penyewa yang sudah bekerja. Aturan untuk kos laki-laki juga pasti berbeda dengan aturan kos perempuan. Jika semua sudah siap, mulai promosikan bisnis indekos Anda dan nikmati keuntungannya di masa yang akan datang. Selamat mencoba.

bisnis indekos, kos-kosan, usaha, bisnis

Similar Articles

Inilah 8 Penyebab Gagalnya Usaha Kecil

Inilah 8 Penyebab Gagalnya Usaha Kecil 0

Kian banyaknya pelaku UKM (Usaha Kecil Menengah) membuat persaingan usaha menjadi semakin ketat. Hal ini seringkali

Melirik Peluang Bisnis Potong Rambut Model Terkini

Melirik Peluang Bisnis Potong Rambut Model Terkini 0

Mempunyai gaya rambut menarik dengan model yang sedang menjadi trend saat ini adalah hal yang

3 Alasan Utama Mengapa Dunia Maya Simpan Peluang Usaha Menggiurkan!

3 Alasan Utama Mengapa Dunia Maya Simpan Peluang Usaha Menggiurkan! 0

Peluang usaha akan menjadi semakin menjanjikan, bila Anda mampu memanfaatkannya dengan baik. Salah satu peluang yang

4 Bukti Bisnis Keluarga dapat Sukses Besar

4 Bukti Bisnis Keluarga dapat Sukses Besar 0

Bisnis keluarga sering dianggap sebagai bisnis yang sulit berkembang karena sulitnya terbentuk profesionalisme antar anggota keluarga

5 Hal Penting Maksimalkan Peluang Bisnis Tas

5 Hal Penting Maksimalkan Peluang Bisnis Tas 0

Peluang bisnis tas terbilang cukup menggiurkan, karena produk ini banyak dicari, apalagi saat penampilan menjadi hal

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *