Teropong Bisnis | Homepage
Ketat dan Menjanjikan, Menggiurkannya Usaha Cetak Kemasan

Ketat dan Menjanjikan, Menggiurkannya Usaha Cetak Kemasan

0 Comments 🕔08.Apr 2014

Di dunia usaha kuliner, kemasan sehat adalah salah satu hal terpenting. Dari kondisi ini, peluang usaha cetak kemasan menjadi sangat menjanjikan.

Persaingan dunia bisnis cetak kemasan sangatlah ketat. Ada pemain lama, seperti Riscopack yang beroperasi sejak 1989, yang fokus pada kemasan produk. Ada juga pemain baru seperti CV Byan Era Sakti, dengan pemasaran onlinenya di PackagingMakanan.com.

Bila Anda ingin terjun di bisnis ini, ada beberapa persiapan yang perlu dilakukan. Yang pertama adalah penyediaan mesin. Untuk proses cetak kemasan, dibutuhkan setidaknya 3 jenis mesin, yaitu mesin cetak, pemotong dan mesin lem.

Mesin baru berharga lebih mahal, seperti mesin cetak buatan Jerman dihargai sekitar Rp. 2 miliar. Bila Anda terkendala modal, Anda dapat menggunakan mesin bekas. Harganya tentu lebih murah dari mesin baru, seperti mesin bekas buatan Jepang hanya Rp. 180 juta. Anda juga dapat patungan dengan rekan Anda untuk penyediaan modal.

Rico, pemilik Riscopack dan Dwi pemilik CV Byan Era Sakti menyarankan untuk menggunakan mesin cetak buatan Jerman atau Jepang. Sedangkan untuk mesin potong dan mesin lem, Anda dapat memilih buatan Cina.

Bila Anda sudah mendapatkan pendapatan lebih, Anda dapat membeli mesin baru. Pilih mesin dengan garansi setidaknya 5 tahun.

ide usaha, peluang bisnis, usaha cetak kemasan, cetak kemasan

Setelah mesin, Anda harus menyediakan bahan baku, yaitu kertas. Di dalam dunia usaha cetak kemasan, ada 2 macam kertas yang dapat Anda gunakan, yaitu non-food grade dan food grade.

Non-food grade adalah kertas biasa, sedangkan food grade adalah kertas khusus untuk kemasan makanan. Jenis food grade lebih mahal, karena lebih sehat dan aman untuk makanan.

Anda juga perlu melakukan proses pencarian bahan baku bersamaan dengan pencarian pesanan. Dengan demikian, Anda dapat menghitung jumlah bahan baku yang tepat untuk menyelesaikan pesanan. Hal ini dikarenakan, produsen kertas food grade hanya menjual dalam jumlah besar.
Selanjutnya Anda perlu memikirkan cara pemasaran. Pemasaran online dapat dipilih, karena akan lebih mudah. Contohnya CV Byan Era Sakti, mereka hanya menggunakan website mereka untuk memasarkan layanan yang mereka sediakan. Cara ini sangat efektif, terbukti dari pesanan yang datang cukup banyak dan mereka mempunyai 42 pelanggan tetap.

Beri juga bonus-bonus khusus. Contohnya, CV Byan Era Sakti yang memberikan bonus pengiriman gratis untuk wilayah Jabodetabek dengan pesanan diatas Rp. 3 juta.

Kreativitas pembuatan desain kemasan sangat diperlukan untuk sukses di usaha ini. Anda dapat menyediakan desain-desain yang Anda buat, seperti CV Byan Era Sakti, atau menggunakan desain dari pelanggan. Anda juga dapat mengenai biaya bila pelanggan meminta Anda untuk membuat desain baru untuk kemasan mereka.

Usaha ini mempunyai persaingan yang sangat ketat. Jadi selain kreativitas pemasaran dan modal juga dibutuhkan kerja keras. Dengan demikian, Anda dapat bertahan di dunia usaha cetak kemasan dan sukses.

ide usaha, peluang bisnis, usaha cetak kemasan, cetak kemasan

BACA JUGA:

Keunikan Membawa Keuntungan, Bisnis Baju Batik Anak

Jadi Miliarder Karena Batik Aromaterapi

Similar Articles

Inilah 8 Penyebab Gagalnya Usaha Kecil

Inilah 8 Penyebab Gagalnya Usaha Kecil 0

Kian banyaknya pelaku UKM (Usaha Kecil Menengah) membuat persaingan usaha menjadi semakin ketat. Hal ini seringkali

Melirik Peluang Bisnis Potong Rambut Model Terkini

Melirik Peluang Bisnis Potong Rambut Model Terkini 0

Mempunyai gaya rambut menarik dengan model yang sedang menjadi trend saat ini adalah hal yang

3 Alasan Utama Mengapa Dunia Maya Simpan Peluang Usaha Menggiurkan!

3 Alasan Utama Mengapa Dunia Maya Simpan Peluang Usaha Menggiurkan! 0

Peluang usaha akan menjadi semakin menjanjikan, bila Anda mampu memanfaatkannya dengan baik. Salah satu peluang yang

4 Bukti Bisnis Keluarga dapat Sukses Besar

4 Bukti Bisnis Keluarga dapat Sukses Besar 0

Bisnis keluarga sering dianggap sebagai bisnis yang sulit berkembang karena sulitnya terbentuk profesionalisme antar anggota keluarga

5 Hal Penting Maksimalkan Peluang Bisnis Tas

5 Hal Penting Maksimalkan Peluang Bisnis Tas 0

Peluang bisnis tas terbilang cukup menggiurkan, karena produk ini banyak dicari, apalagi saat penampilan menjadi hal

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *