Teropong Bisnis | Homepage
Keramik, produk unggulan dunia beromset 500 juta per bulan

Keramik, produk unggulan dunia beromset 500 juta per bulan

0 Comments 🕔25.Sep 2013

Pernah mengalami kebangkrutan sebagai akibat dari krisis ekonomi yang melanda Indonesia pada tahun 1998 yang lalu, seorang perajin keramik dari Surabaya yang memiliki pabrik di Kampung Dumpit, Tangerang, Banten. Lidya, yang berusia 55 tahun, berhasil membangkitkan kembali geliat pabriknya pada tahun 2007, dan menyongsong pasar bebas 2015 menjadi produk unggulan dunia.

Jika Anda ingin mengetahui rahasia keberhasilannya bangkit dari kebangkrutan adalah dengan kerja keras tidak kenal menyerah. Sempat mempunyai pegawai berjumlah 500 orang sebelum krisis 1998, dengan dibantu oleh 20 orang pekerjanya, Lidya sedikit demi sedikit berproduksi hingga kapasitas produksinya saat ini mencapai 50 ribu buah keramik setiap bulannya.

Anda akan kagum, karena omset yang diperolehnya bisa menyentuh angka Rp 500 juta setiap bulannya. Sebuah angka yang luar biasa mengingat usaha ini pernah mengalami masa-masa sulit ketika krisis ekonomi melanda Indonesia.

Seperti yang diutarakannya kepada detikFinance pada hari Senin (23/9/2013), Lidya memulai usaha keramiknya sejak tahun 1980,  dan terkena hantaman krisis ekonomi dunia yang berdampak pula pada perekonomian Negara-negara Eropa dan Amerika. Akibatnya usahanya sempat berhenti, dan baru pada tahun 2007 dibangkitkan kembali secara besar-besaran. Usaha membangkitkan usaha keramik ini selesai pada tahun 2011, dan tahun 2012 sampai sekarang pemasarannya mulai dilakukan.

Sebelum usahanya berhenti karena krisis, Lidya mengatakan jika produksi perusahaannya mampu menghasilkan 20 ribu macam model keramik, yang jangkauan pemasarannya sampai ke Eropa, Amerika Serikat, Jepang, korea, Australia, dan sampai juga ke Negara-negara di Timur Tengah.

Ambisi dari Lidya saat ini adalah agar produk keramiknya bisa menyasar kembali Negara-negara itu. Menurutnya pangsa pasar di Negara-negara itu masih begitu menjanjikan. Dan untuk memuluskan rencannya tersebut,  dia akan menggenjot kapasitas produksi dari pabriknya agar dapat mencapai kapasitas outputnya sampai 1-2miliar buah setiap tahunnya.

Dia bilang, “ Kita mempunyai mimpi kemampuan produksi pabrik di Dumpit ini bisa menghasilkan 1-2 miliar keramik setiap tahunnya”, demikian ujar Lidya

Sampai sekarang Lidya masih merasa trauma dengan krisis ekonomi yang menimpanya di tahun 1998. Oleh karena itu, saat ini dia sudah kapok untuk memakai bahan baku dari impor lagi. Dia lebih memilih untuk menggunakan bahan baku dari dalam negeri. Dengan penuh keyakinan, Lidya mengatakan jika keramik dari Indonesia akan menjadi produk unggulan dunia, dan akan mampu memenangkan persaingan ketika tiba waktunya diberlakukan pasar bebas pada tahun 2015 yang akan datang.

Dengan penuh optimis, Lidya mengatakan jika usahanya untuk bersaing di pasar dunia ini dilakukan dari mulai penggunaan bahan baku lokal dari dalam negeri Indonesia, tidak seperti dahulu yang menggunakan bahan baku impor, memasang alat pembuat keramik yang semi mesin, menciptakan formula baru dalam pembuatan keramik yang bersifat eko keramik, dan penggunaan teknik pembakaran lebih rendah yang akan lebih menjamin keamanan dan bebas dari racun. Dengan keyakinan yang besar, Lidya optimis produk keramik Indonesia akan menjadi produk unggulan dunia, dan mampu memenangkan persaingan di pasar bebas 2015.

Similar Articles

Inilah 8 Penyebab Gagalnya Usaha Kecil

Inilah 8 Penyebab Gagalnya Usaha Kecil 0

Kian banyaknya pelaku UKM (Usaha Kecil Menengah) membuat persaingan usaha menjadi semakin ketat. Hal ini seringkali

Melirik Peluang Bisnis Potong Rambut Model Terkini

Melirik Peluang Bisnis Potong Rambut Model Terkini 0

Mempunyai gaya rambut menarik dengan model yang sedang menjadi trend saat ini adalah hal yang

3 Alasan Utama Mengapa Dunia Maya Simpan Peluang Usaha Menggiurkan!

3 Alasan Utama Mengapa Dunia Maya Simpan Peluang Usaha Menggiurkan! 0

Peluang usaha akan menjadi semakin menjanjikan, bila Anda mampu memanfaatkannya dengan baik. Salah satu peluang yang

4 Bukti Bisnis Keluarga dapat Sukses Besar

4 Bukti Bisnis Keluarga dapat Sukses Besar 0

Bisnis keluarga sering dianggap sebagai bisnis yang sulit berkembang karena sulitnya terbentuk profesionalisme antar anggota keluarga

5 Hal Penting Maksimalkan Peluang Bisnis Tas

5 Hal Penting Maksimalkan Peluang Bisnis Tas 0

Peluang bisnis tas terbilang cukup menggiurkan, karena produk ini banyak dicari, apalagi saat penampilan menjadi hal

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *