Teropong Bisnis | Homepage
Kemasan Produk Penghasil Miliaran Rupiah Per Tahun

Kemasan Produk Penghasil Miliaran Rupiah Per Tahun

0 Comments 🕔03.May 2014

Kemasan produk merupakan salah satu hal terpenting dalam strategi pemasaran. Selain sebagai pelindung dan wadah produk, kemasan juga berfungsi untuk menarik perhatian pembeli. Peluang menjanjikan bisnis kemasan produk ini dimanfaatkan oleh Catur Jatiwaluyo. Dia dan dua orang temannya merintis PT Paperocks Indonesia sejak 2011.

Awalnya, dua orang teman Catur, Dillon Sutandar dan Philip Sumali mengajak Catur untuk meneruskan bisnis kemasan produk mereka. Mereka mempunyai aset bisnis ini, tetapi bisnis mereka tidak berjalan. Akhirnya, Catur bergabung dan melepaskan pekerjaannya di salah satu perusahaan kemasan produk dari Australia.

Catur saat itu menyumbang modal sebesar Rp. 200 juta yang digunakan untuk membeli bahan baku. Selain itu, Catur juga mempunyai jaringan konsumen dari perusahaannya dahulu. Catur juga memiliki 30 persen saham di perusahaan yang didirikannya ini.

Tidak disangka, keputusan Catur sangat tepat. Paperocks sukses besar. Hal ini tampak dari banyaknya klien yang bekerja sama dengan mereka. Mulai dari KFC, Nestle hingga maskapai penerbangan, seperti Etihad Airways dan Singapore Airlines menggunakan jasa Paperocks.

kemasan produk, usaha kemasan, keuntungan bisnis, peluang usaha

Pada awalnya, kedua teman Catur ini hanya membidik pasar luar negeri. Karena pada tahun 2008 terjadi krisis, maka penjualan kemasan produk buatan mereka mengalami masalah. Sedangkan Catur, sangat berpengalaman dan mempunyai jaringan lokal yang cukup luas. Dan dengan fokus pada pasar lokal ini, mereka pelan-pelan dapat mulai bangkit dan sukses.

Selain itu, usaha ini tidak berjalan tanpa masalah. Catur mengungkapkan dia bahkan tidak dapat menembus pasar Surabaya hingga tahun 2012. Surabaya sendiri adalah kunci pembuka pasar di kota-kota di Jawa Timur.

Untuk menunjang proses produksi, Paperocks menggunakan pabrik seluas 5.000 meter persegi. Omzet yang didapat sekitar Rp. 40 miliar per tahun, dengan Rp. 18 miliar pemasukan dari pasar domestik.

Pemasaran masih seimbang antara pasar domestik dan luar negeri. Tetapi, Catur yakin ekspor perusahaannya ini dapat meningkat hingga 60% dari total penjualan. Hal ini dikarenakan sebagian besar orang luar negeri lebih suka menggunakan pembungkus kertas.

Peluang berkembang di dalam negeri juga cukup besar. Hal ini didukung dengan perbaikan kondisi perekonomian Indonesia. Bila hal ini terjadi, maka akan pertumbuhan bisnis juga akan meningkat. Artinya, pasar untuk memasarkan kemasan produk buatannya akan bertambah besar.

Catur meyakini bila pertumbuhan penjualan produknya dapat mencapai 40 – 50 persen setiap tahunnya. Hal ini dikarenakan semakin banyaknya perusahaan dan waralaba yang berkembang di Indonesia.

Karena semakin banyaknya perusahaan dan waralaba, kebutuhan akan kemasan produk meningkat. Selain itu, persaingan bisnis juga semakin ketat. Dan, seperti disebutkan sebelumnya, kemasan produk juga dapat menjadi alat promosi. Dari sisi inilah, Catur memandang bahwa peluang bisnis kemasan produk ini sangatlah menjanjikan.

kemasan produk, usaha kemasan, keuntungan bisnis, peluang usaha

BACA JUGA:

Mengeruk Untung dari Sambal Kemasan

Bisnis Audio Khusus Mobil Beromzet Miliaran Rupiah

Similar Articles

Inilah 8 Penyebab Gagalnya Usaha Kecil

Inilah 8 Penyebab Gagalnya Usaha Kecil 0

Kian banyaknya pelaku UKM (Usaha Kecil Menengah) membuat persaingan usaha menjadi semakin ketat. Hal ini seringkali

Melirik Peluang Bisnis Potong Rambut Model Terkini

Melirik Peluang Bisnis Potong Rambut Model Terkini 0

Mempunyai gaya rambut menarik dengan model yang sedang menjadi trend saat ini adalah hal yang

3 Alasan Utama Mengapa Dunia Maya Simpan Peluang Usaha Menggiurkan!

3 Alasan Utama Mengapa Dunia Maya Simpan Peluang Usaha Menggiurkan! 0

Peluang usaha akan menjadi semakin menjanjikan, bila Anda mampu memanfaatkannya dengan baik. Salah satu peluang yang

4 Bukti Bisnis Keluarga dapat Sukses Besar

4 Bukti Bisnis Keluarga dapat Sukses Besar 0

Bisnis keluarga sering dianggap sebagai bisnis yang sulit berkembang karena sulitnya terbentuk profesionalisme antar anggota keluarga

5 Hal Penting Maksimalkan Peluang Bisnis Tas

5 Hal Penting Maksimalkan Peluang Bisnis Tas 0

Peluang bisnis tas terbilang cukup menggiurkan, karena produk ini banyak dicari, apalagi saat penampilan menjadi hal

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *