Teropong Bisnis | Homepage
Iseng Bermain dengan Miniatur Clay Menghasilkan Omzet Fantastis Per Hari

Iseng Bermain dengan Miniatur Clay Menghasilkan Omzet Fantastis Per Hari

0 Comments 🕔17.Oct 2013

Jika Anda berpikir bahwa mainan lilin sudah tidak menjadi trend lagi maka Anda salah. Nyatanya, seni kerajinan lilin atau biasa disebut dengan clay ini sedang populer di kalangan industri kreatif. Kunci sukses bisnis kreatif termasuk bisnis mainan lilin ini adalah ketrampilan dan tentunya kreativitas. Dengan 2 hal tersebut, Anda tidak perlu heran jika seseorang mampu meraup omzet yang sangat besar.

Daya tarik clay adalah bentuknya yang mungil dan lucu serta sangat mirip dengan aslinya. Seringkali, bahan lilin tersebut disulap menjadi miniatur makanan, minuman, ataupun perabot rumah tangga. Untuk membuat mainan dari lilin ini sangat diperlukan ketrampilan khususnya untuk memperkuat tampilan detail benda yang akan dijadikan miniatur. Semakin mirip dan detail benda yang ditiru maka nilainya akan semakin tinggi.

Salah satu pecinta miniatur clay, Mai Hartanegara sukses menjadikan mainan lilin ini bernilai jual tinggi. Saat ini, ia sudah memiliki outlet sendiri yang ia beri nama Tins & Co. Awalnya, ia hanya melakoni hobinya saja hingga akhirnya ia memberanikan diri membuka workshop di daerah Kuningan dan toko Plaza Indonesia. Bisnis ini tidak bisa dianggap remeh karena faktanya dorongan pasar sangat besar sehingga bisnis milik Mai juga semakin tumbuh dengan pesat dan cepat.

Buktinya, Mia Hartanegara sudah menghasilkan ratusan miniatur clay seperti miniatur makanan dan minuman. Selain membuat sendiri, Mai juga dibantu oleh 4 orang karyawan untuk memproduksi puluhan item clay perharinya. Waktu pengerjaan clay sangat bervariasi. Jika bentuknya sangat rumit dengan detail yang banyak maka pengerjaannya bisa mencapai 1-2 jam.

Setelah clay selesai dikerjakan, Anda harus mengeringkannya terlebih dahulu untuk kemudian dijual keesokan harinya. Harganya juga bervariasi. Sebagai contoh, produk clay di Tins & Co ditawarkan mulai Rp. 10.000 hingga mencapai Rp. 3.500.000. Bahkan, Mai mengaku bahwa timnya penah menerima pesanan dari seorang klien yang memang penggemar clay seharga Rp 9.000.000. Bentuk clay yang ia pesan adalah satu set lengkap pasar tradisional.

Intinya, semakin sulit tingkat kerumitan model dan banyaknya item yang dikerjakan maka harga clay akan semakin mahal. Anda juga tidak perlu khawatir dengan harga yang relatif mahal karena ada saja yang mau membelinya. Biasanya, penggemar clay mengumpulkan mainan miniatur ini satu per satu hingga akhirnya menjadi banyak.

Lalu, berapa omzet yang dihasilkan oleh Mai dari hasil bisnis miniatur clay miliknya? Ternyata, hasilnya sangat fantastis karena Mai mengaku jika dirinya mampu meraup omzet hingga Rp. 40.000.000 per bulan. Trik untuk menggenjot omzet bisnis ini adalah dengan mengikuti beragam pameran kerajinan. Contoh lain kesuksesan bisnis clay adalah Inacraft yang sudah menikmati omzet minimal Rp. 5.000.000 per hari.

Strateginya adalah dengan membuka kursus atau pelatihan mengenai teknik pembuatan clay. Pelatihan ini bisa diikuti oleh anak usia 5 tahun hingga usia dewasa. Mulailah mengikuti pelatihannya kemudian kembangkan bisnisnya.

Similar Articles

Inilah 8 Penyebab Gagalnya Usaha Kecil

Inilah 8 Penyebab Gagalnya Usaha Kecil 0

Kian banyaknya pelaku UKM (Usaha Kecil Menengah) membuat persaingan usaha menjadi semakin ketat. Hal ini seringkali

Melirik Peluang Bisnis Potong Rambut Model Terkini

Melirik Peluang Bisnis Potong Rambut Model Terkini 0

Mempunyai gaya rambut menarik dengan model yang sedang menjadi trend saat ini adalah hal yang

3 Alasan Utama Mengapa Dunia Maya Simpan Peluang Usaha Menggiurkan!

3 Alasan Utama Mengapa Dunia Maya Simpan Peluang Usaha Menggiurkan! 0

Peluang usaha akan menjadi semakin menjanjikan, bila Anda mampu memanfaatkannya dengan baik. Salah satu peluang yang

4 Bukti Bisnis Keluarga dapat Sukses Besar

4 Bukti Bisnis Keluarga dapat Sukses Besar 0

Bisnis keluarga sering dianggap sebagai bisnis yang sulit berkembang karena sulitnya terbentuk profesionalisme antar anggota keluarga

5 Hal Penting Maksimalkan Peluang Bisnis Tas

5 Hal Penting Maksimalkan Peluang Bisnis Tas 0

Peluang bisnis tas terbilang cukup menggiurkan, karena produk ini banyak dicari, apalagi saat penampilan menjadi hal

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *