Teropong Bisnis | Homepage
Ingin Usaha Mudah dan Menguntungkan? Buah Naga Jawabannya

Ingin Usaha Mudah dan Menguntungkan? Buah Naga Jawabannya

0 Comments 🕔14.Oct 2013

Buah naga saat ini sedang menjadi salah satu buah yang banyak digemari oleh masyarakat. Bila anda pernah memakannya, pasti anda tahu rasa buah yang mempunyai bentuk cukup aneh bahkan menyeramkan ini. Rasa buah naga menghadirkan perasaan segar saat anda memakannya. Anda akan mendapatkan rasa manis, dingin dan lembut dari daging buah yang sangat bermanfaat bagi kesehatan ini.

Memang, banyak orang percaya dan ada beberapa bukti ilmiah yang menyatakan bahwa buah naga dapat memulihkan stamina anda. Selain itu, buah naga juga mengandung antioksidan yang tinggi. Dan, buah naga dapat membantu menurunkan kolesterol bahkan mengatasi stroke dan kanker.

Pasar buah naga sudah sangat menyebar di seluruh dunia, mulai dari Amerika, Asia dan banyak negara di Eropa. Bahkan, di Cina, buah naga selain dikonsumsi, juga digunakan untuk upacara tradisional. Oleh karena itu, prospek budidaya dan usaha buah naga sangat menjanjikan karena mempunyai pasar ekspor yang besar.

Budidaya buah naga sebenarnya sangat mudah untuk dilakukan. Proses pembibitan dilakukan dengan memotong cabang pohon yang sudah tua. Jarak minimal dengan batang utama adalah 10 cm. Setelah itu, batang yang sudah dipotong ditanam pada media tanam.

Media tanam yang digunakan adalah campuran dari pasir sungai, tanah gembur, abu sekam dan kompos. Anda bisa mencampur media tanam ini dengan tanah atau menempatkannya didalam tong. Pohon buah naga perlu diperkuat dengan kayu angsana agar dapat berdiri tegak.

Buah naga siap berbuah saat berumur 1 tahun. Setiap masa berbuah, pohon buah naga dapat menghasilkan 8-30 buah naga.

Akan tetapi, agar anda mendapatkan kualitas buah naga yang bagus dan berukuran besar seperti yang dijual di supermarket, anda perlu membatasi jumlah buah pada 1 pohon buah naga. Cukup 8-10 buah. Bila lebih dari itu, buah yang dihasilkan akan berukuran kecil. Untuk mendapatkan jumlah buah yang diinginkan, anda harus rajin memangkas bakal buah yang tidak diperlukan.

Perawatan dan pemupukan tanaman ini mudah untuk dilakukan. Bahkan, pemupukan sebaiknya dijarangkan. Hal ini karena, buah naga yang mendapatkan terlalu banyak pupuk akan mempunyai kulit tipis dan mudah pecah.

Saat ini sudah ada banyak jenis buah naga, seperti buah naga putih, buah naga super red, buah naga kuning dan buah naga hitam. Dan, sampai saat ini pula, belum ditemukan hama atau penyakit yang dapat merusak dan mematikan buah naga.

Pemasaran buah naga juga mudah untuk dilakukan. Anda bisa menjualnya dari pintu ke pintu atau menggunakan jasa tengkulak. Tengkulak biasanya akan datang ke rumah anda untuk memanen buah ini. Dan, satu buah naga biasanya dihargai sekitar Rp. 15 ribu. Jadi, anda tertarik membudidayakan buah naga?

Similar Articles

Inilah 8 Penyebab Gagalnya Usaha Kecil

Inilah 8 Penyebab Gagalnya Usaha Kecil 0

Kian banyaknya pelaku UKM (Usaha Kecil Menengah) membuat persaingan usaha menjadi semakin ketat. Hal ini seringkali

Melirik Peluang Bisnis Potong Rambut Model Terkini

Melirik Peluang Bisnis Potong Rambut Model Terkini 0

Mempunyai gaya rambut menarik dengan model yang sedang menjadi trend saat ini adalah hal yang

3 Alasan Utama Mengapa Dunia Maya Simpan Peluang Usaha Menggiurkan!

3 Alasan Utama Mengapa Dunia Maya Simpan Peluang Usaha Menggiurkan! 0

Peluang usaha akan menjadi semakin menjanjikan, bila Anda mampu memanfaatkannya dengan baik. Salah satu peluang yang

4 Bukti Bisnis Keluarga dapat Sukses Besar

4 Bukti Bisnis Keluarga dapat Sukses Besar 0

Bisnis keluarga sering dianggap sebagai bisnis yang sulit berkembang karena sulitnya terbentuk profesionalisme antar anggota keluarga

5 Hal Penting Maksimalkan Peluang Bisnis Tas

5 Hal Penting Maksimalkan Peluang Bisnis Tas 0

Peluang bisnis tas terbilang cukup menggiurkan, karena produk ini banyak dicari, apalagi saat penampilan menjadi hal

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *