Teropong Bisnis | Homepage
Indonesia Ladang Emas Bisnis Mukena

Indonesia Ladang Emas Bisnis Mukena

0 Comments 🕔10.May 2014

Mukena merupakan salah satu perlengkapan sholat yang dipakai orang Muslim di Indonesia. Dan, karena penduduk Muslim di Indonesia sangat banyak, 85% dari total penduduk, maka pasar produk mukena sangatlah besar. Hal ini dimanfaatkan oleh beberapa orang dengan bisnis mukena mereka. Salah satunya adalah Ermiya Suyatman.

Ermie merintis bisnis mukena sejak tahun 2011. Dia menamakan usahanya ini dengan nama Mukena Bali. Perempuan asal Denpasar, Bali ini mencoba beberapa inovasi untuk produk mukenanya. Bila putih adalah warna standar mukena, dia mencoba memasukkan motif khas Bali pada produk mukena berbahan rayon buatannya.

Ermie memilih bahan rayon bukannya tanpa alasan. Pada umumnya, mukena dibuat dari bahan parasut, yang tidak dapat menyerap keringat. Ermie memilih rayon karena bahan ini mudah menyerap keringan. Selain itu, saat dipakai, bahan ini terasa nyaman dan dingin.

Untuk memasarkan mukena unik buatannya, Ermie menggunakan website MukenaBali.net. Hal ini dikarenakan sewa toko yang sangat tinggi di Bali. Akan tetapi, keputusan menggunakan website untuk memasarkan produk mukenanya cukup tepat. Selain untuk menghemat biaya, jaringan pemasaran bisnis mukena milik Ermie menjadi lebih luas.

Luasnya jaringan pemasaran bisnis mukena Ermie ini juga mempengaruhi konsumen yang datang padanya. Dia mengatakan, konsumennya tersebar dan berasal dari seluruh daerah Indonesia. Banyak dari konsumen bisnis mukena miliknya ini adalah reseller. Mereka membeli produk Mukena Bali untuk dijual kembali.

Tetapi, pembeli dari luar negeri, seperti Dubai, Saudi Arabia atau Malaysia juga ada. Banyak diantara mereka membeli produk mukena Ermie saat mereka berwisata di Bali.

Untuk harga, Ermie memasang harga mulai dari Rp. 85.000 hingga Rp. 185.000 untuk tiap produknya. Keuntungan yang didapat dapat mencapai 30% – 40%.

Selain Ermie, Dian Novitas Sari juga menekuni bisnis yang sama. Dia merintis Abica Lace, sejak 2008. Menurut Dian, dia memilih bisnis mukena ini karena pembuatannya yang mudah.

Dian menggunakan bahan katun Jepang untuk produk mukena buatannya. Hal ini dikarenakan bahan ini dirasa yang paling baik. Bahan ini dapat menyerap keringat dengan baik. Selain itu, motif dapat bertahan lama di kain ini, yaitu sekitar 3-4 tahun, lebih lama dari katun lokal yang hanya 1-2 tahun.

Sama seperti Ermie, Dian juga menggunakan desain inovatif untuk produknya. Dia menggunakan motif bunga dan memberi renda agar produknya terlihat lebih indah dan menarik.

Metode pemasaran yang digunakan Dian adalah promosi dari mulut ke mulut. Memang, cara ini adalah cara promosi tradisional. Akan tetapi, cara ini terbukti efektif dalam meningkatkan penjualan. Selain cara ini, Dian juga sering mengikuti pameran-pameran.

Harga mukena Abica Lace antara Rp. 375.000 hingga Rp. 1.700.000. Harga ini sudah termasuk satu set mukena yang terdiri dari mukena, sajadah untuk muka dan tas . Omzet yang didapat Dian dapat mencapai Rp. 20 juta – Rp. 30 juta per bulan.

bisnis mukena, wirausaha, mukena bali, ide bisnis, peluang usaha

BACA JUGA:

Aturan Bisnis Online Baru Membuat Pelanggan Benar-Benar Menjadi Raja

Mendulang Rupiah Dari Kaleng Bekas

Similar Articles

Inilah 8 Penyebab Gagalnya Usaha Kecil

Inilah 8 Penyebab Gagalnya Usaha Kecil 0

Kian banyaknya pelaku UKM (Usaha Kecil Menengah) membuat persaingan usaha menjadi semakin ketat. Hal ini seringkali

Melirik Peluang Bisnis Potong Rambut Model Terkini

Melirik Peluang Bisnis Potong Rambut Model Terkini 0

Mempunyai gaya rambut menarik dengan model yang sedang menjadi trend saat ini adalah hal yang

3 Alasan Utama Mengapa Dunia Maya Simpan Peluang Usaha Menggiurkan!

3 Alasan Utama Mengapa Dunia Maya Simpan Peluang Usaha Menggiurkan! 0

Peluang usaha akan menjadi semakin menjanjikan, bila Anda mampu memanfaatkannya dengan baik. Salah satu peluang yang

4 Bukti Bisnis Keluarga dapat Sukses Besar

4 Bukti Bisnis Keluarga dapat Sukses Besar 0

Bisnis keluarga sering dianggap sebagai bisnis yang sulit berkembang karena sulitnya terbentuk profesionalisme antar anggota keluarga

5 Hal Penting Maksimalkan Peluang Bisnis Tas

5 Hal Penting Maksimalkan Peluang Bisnis Tas 0

Peluang bisnis tas terbilang cukup menggiurkan, karena produk ini banyak dicari, apalagi saat penampilan menjadi hal

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *