Teropong Bisnis | Homepage
Indah Desainnya, Menggiurkan Pula Peluang Bisnis Kaos Motif Dayak

Indah Desainnya, Menggiurkan Pula Peluang Bisnis Kaos Motif Dayak

0 Comments 🕔09.Jun 2014

Bisnis kaos selalu menjadi salah satu bisnis yang paling sukses saat ini. Sebut saja, Dagadu dari Yogyakarta atau Joger dari Bali. Kini, ada lagi bisnis kaos yang terbilang sukses. Bisnis ini bernama Saverock dari Palangkaraya, yaitu bisnis kaos motif Dayak khas Kalimantan Tengah.

Penggagas bisnis distro ini adalah Kilat Kasanang (34). Dia memulainya dengan teman-teman satu band dulu, yaitu Staccato. Mereka adalah Benny, Kevin, Ryan, Chris/Ryo, dan Rizky. Dia juga mengajak Ari yang berpengalaman bekerja di tempat penyablonan untuk menjalankan bisnis ini.

Dengan modal sekitar Rp. 3 juta, pada tahun 2009 Kilat dan kawan-kawan memulai bisnis ini. Mereka mempunyai misi untuk melestarikan budaha Dayak. Awalnya, kaos yang mereka produksi pertama kali mempunyai kualitas yang buruk. Warna tidak cerah, gambar dan tulisan kurang detail, dan warna mudah luntur.

Akhirnya, setelah beberapa bulan mengadakan percobaan, Kilat dan kawan-kawan berhasil membuat kaos dengan kualitas yang baik. Dia juga menambahkan tulisan-tulisan humor berbahasa Dayak ke dalam produknya ini.

Lulusan Akademi Manajemen Informatika Komputer Palangkaraya tahun 2001 ini akhirnya mencoba mengembangkan bisnis kaos motif Dayak ini. Dia menyewa kios berukuran 2m x 2m di Mal Palangkaraya pada tahun 2010. Dengan harga Rp. 60.000, mereka berhasil menjual 250 kaos per bulannya dan memperoleh pemasukan sebesar Rp. 15 juta dengan keuntungan Rp. 3 juta.

Kecilnya keuntungan ini membuat hasil yang didapat Kilat dan kawan-kawannya cukup kecil. Hal ini membuat kawan-kawan Kilat pergi meninggalkan bisnis ini.

Disini, jiwa pengusaha Kilat mulai muncul. Suami Dona Tutuasi (34) ini tidak menyerah. Dia lalu mengubah nama produknya menjadi Saverock, yang diambil dari nama putra sulungnya, Savero Stratocaster (11).

Selain mengubah nama, Kilat juga berinovasi dengan menggunakan motif Dayak yang lain, selain motif Kalimantan Timur yang dulu dia gunakan. Dia mencoba menggunakan motif Dayak Kalimantan Tengah. Hasilnya, penjualan meningkat 20 persen.

Kini, Kilat sudah mempunyai 2 karyawan. Dia juga tidak menyewa tempat, tetapi membuka gerai sendiri di rumahnya, dengan ukuran 2,5 meter x 6 meter. Lokasi tempat berjualannya ini di Jalan Garuda VI Nomor 09, Palangkaraya. Selain itu, Kilat juga memasarkan produknya ini di beberapa toko cindera mata dan pakaian di kotanya.

Kilat mendatangan bahan dari Jakarta. Dengan 50 motif Dayak yang dia tawarkan, dan harga Rp. 90 ribu hingga Rp. 95 ribu per kaos, dia mampu mendapatkan keuntungan sebesar Rp. 6 juta.

Kilat juga menggunakan sistem distro produksi terbatas. Jadi, setiap desain yang dia tawarkan hanya tersedia sebanyak 24 kaos.

Yang menjadi masalah pada bisnis kaos motif Dayak adalah penjualan. Sedikitnya orang atau wisatawan yang datang ke Palangkaraya membuat Kilat sulit meningkatkan jumlah produksinya. Dia hanya dapat menjual 300 kaos dalam sebulan.

Karena masalah ini pula, Kilat berharap agar Pemerintah Palangkaraya dapat meningkatkan bisnis pariwisata kota ini. Hal ini bertujuan agar budaya Palangkaraya tetap lestasi. Kilat saat ini juga sedang berencana untuk mengembangkan toko alat musik Saverock.

bisnis kaos, bisnis fashion, wirausaha, ide bisnis, bisnis sampingan

BACA JUGA:

Mengais Nikmatnya Laba dari Pakaian Adat Anak

Variasi Produk, Senjata Utama Penjualan yang Melesat

Similar Articles

Inilah 8 Penyebab Gagalnya Usaha Kecil

Inilah 8 Penyebab Gagalnya Usaha Kecil 0

Kian banyaknya pelaku UKM (Usaha Kecil Menengah) membuat persaingan usaha menjadi semakin ketat. Hal ini seringkali

Melirik Peluang Bisnis Potong Rambut Model Terkini

Melirik Peluang Bisnis Potong Rambut Model Terkini 0

Mempunyai gaya rambut menarik dengan model yang sedang menjadi trend saat ini adalah hal yang

3 Alasan Utama Mengapa Dunia Maya Simpan Peluang Usaha Menggiurkan!

3 Alasan Utama Mengapa Dunia Maya Simpan Peluang Usaha Menggiurkan! 0

Peluang usaha akan menjadi semakin menjanjikan, bila Anda mampu memanfaatkannya dengan baik. Salah satu peluang yang

4 Bukti Bisnis Keluarga dapat Sukses Besar

4 Bukti Bisnis Keluarga dapat Sukses Besar 0

Bisnis keluarga sering dianggap sebagai bisnis yang sulit berkembang karena sulitnya terbentuk profesionalisme antar anggota keluarga

5 Hal Penting Maksimalkan Peluang Bisnis Tas

5 Hal Penting Maksimalkan Peluang Bisnis Tas 0

Peluang bisnis tas terbilang cukup menggiurkan, karena produk ini banyak dicari, apalagi saat penampilan menjadi hal

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *