Teropong Bisnis | Homepage
Empuknya Laba dari Tikar Quilting

Empuknya Laba dari Tikar Quilting

0 Comments 🕔24.Nov 2013

Tikar quilting memang sulit ditemukan. Tetapi, bila anda mencarinya di dunia maya, maka, anda tidak akan mengalami kesulitan.

Awal tahun ini, harga tikar ini naik sebesar Rp. 5 ribu dan bahkan naik hingga Rp. 30 ribu akhir-akhir ini. Ahmad Faelani juga mempunyai usaha menjual tikar ini dari blognya, Faelani126.blogspot.com. Dia menjualnya dengan harga RP. 165 ribu-Rp. 200 ribu termasuk ongkos kirim untuk Jabodetabek dengan keuntungan 30%-35%.

Ide awal dia peroleh saat ibunya membelikan tikar quilting dengan harga Rp. 200 ribu. Dia berpikir bahwa harga ini terlalu mahal. Faelani akhirnya mencari secara online dan menemukan harga yang lebih murah. Dari sini, dia berpikir untuk memasarkan produk ini.

Faelani akhirnya menemukan Abdul Cholib, pedagang tikar quilting asal Kendal. Dia mendapatkan tikar dari Abdul dengan harga murah.

Abdul sendiri dapat dikatakan sebagai salah satu pioner penjual tikar ini. Abdul mendapatkan tikar quilting setelah ada pesanan dari pembeli, dan dia lalu memesan ke pabrik di Semarang dan Bandung. Setelah pabrik menyetujui pesanan, maka Abdul dapat memasarkannya, baik secara langsung atau melalui situsnya ND-Collection.com.

Saat ini, bila Abdul memesan ke pabrik, dia dapat memesang hingga 1000 lembar dengan 10 motif. Dia mampu menjual 100-200 buah ke pelanggan reseller dan 25-50 buah ke pelanggan ritel. Untuk harga, Abdul mematok harga Rp. 125 ribu per lembar.

Pelanggan Abdul tersebar mulai dari Jawa, Kalimantan dan Sulawesi. Biasanya, bila order yang dia terima lebih dari 1000 tikar, maka dia memesan ke Bandung. Tetapi, Abdul lebih sering memesang ke pabrik Semarang karena dekat dengan Kendal.

Saat ini, banyak beredar tikar quilting KW dengan harga Rp. 15 ribu-Rp. 30 ribu. Tetapi, menurut Faelani, kualitas tikar KW ini jauh dibawah tikar quilting asli, karena didalamnya hanya diisi kain perca bukan dakron seperti yang asli.

Menurut Abdul  tikar KW ini bukan saingan. Dia percaya bahwa pelanggan pasti akan beli produk dengan kualitas lebih baik miliknya.

Abdul mengambil margin 20-%-30% dari harga. Dia juga mendapatkan bonus bula ada kain sisa dari pabrik. Pabrik akan membuatkan tikar quilting bonus dari kain sisa tersebut.

Selain Faelani, ada juga Robby Setiawan yang memulai bisnis tikar ini sejak Februari 2013. Dia mampu menjual 10-20 tikar perbulan melalui situsnya, AribbyStore.com dengan harga Rp. 150 ribu per lembar.

Hidayatun Khazanah juga memulai usaha di bidang ini sejak Februari 2013. Dia menjual produknya di toko di Gajahmada Plaza, Semarang dan juga Facebook. Untuk harga, dia memasang harga Rp. 123 ribu untuk pembeli satuan dan Rp. 113 ribu untuk pembelian 1 lusin. Dia mampu menjual 20-50 tikar perbulan.

Menurut Khazanah, motif paling laris saat ini adalah karakter kartun dan logo sepak bola. Dia mempunyai pembeli dari berbagai kota, seperti Jakarta, Yogyakarta, Surabaya, Balikpapan hingga Makassar.

Bila Anda ingin memulai usaha ini, Anda memilih waktu yang tepat. Saat ini, tikar quilting sedang naik daun dan banyak pabrik tikar ini yang hanya memproduksi pesanan berskala grosir yang dapat Anda manfaatkan.

 

Similar Articles

Inilah 8 Penyebab Gagalnya Usaha Kecil

Inilah 8 Penyebab Gagalnya Usaha Kecil 0

Kian banyaknya pelaku UKM (Usaha Kecil Menengah) membuat persaingan usaha menjadi semakin ketat. Hal ini seringkali

Melirik Peluang Bisnis Potong Rambut Model Terkini

Melirik Peluang Bisnis Potong Rambut Model Terkini 0

Mempunyai gaya rambut menarik dengan model yang sedang menjadi trend saat ini adalah hal yang

3 Alasan Utama Mengapa Dunia Maya Simpan Peluang Usaha Menggiurkan!

3 Alasan Utama Mengapa Dunia Maya Simpan Peluang Usaha Menggiurkan! 0

Peluang usaha akan menjadi semakin menjanjikan, bila Anda mampu memanfaatkannya dengan baik. Salah satu peluang yang

4 Bukti Bisnis Keluarga dapat Sukses Besar

4 Bukti Bisnis Keluarga dapat Sukses Besar 0

Bisnis keluarga sering dianggap sebagai bisnis yang sulit berkembang karena sulitnya terbentuk profesionalisme antar anggota keluarga

5 Hal Penting Maksimalkan Peluang Bisnis Tas

5 Hal Penting Maksimalkan Peluang Bisnis Tas 0

Peluang bisnis tas terbilang cukup menggiurkan, karena produk ini banyak dicari, apalagi saat penampilan menjadi hal

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *