Teropong Bisnis | Homepage
Dengan Buku Catatan, Mantap Melangkah Sebagai Jutawan

Dengan Buku Catatan, Mantap Melangkah Sebagai Jutawan

0 Comments 🕔23.Apr 2014

Meskipun saat ini sudah banyak orang yang menggunakan gadget untuk mencatat, buku catatan masih tidak dapat ditinggalkan. Mereka menggunakannya untuk berbagai keperluan. Oleh karena itu, peluang usaha buku catatan sangatlah bagus. Hal ini terbukti dengan suksesnya Cicilia dengan bisnis notes miliknya, Peek My Book.

Perempuan 24 tahun ini memulai bisnisnya sejak 2011. Berawal dari hobi mengumpulkan buku harian, dia mencoba memodifikasi buku koleksinya dengan gambar-gambar kartun. Ternyata, banyak temannya menyukai karyanya ini. Dari sini, dia mencoba memanfaatkannya sebagai produk untuk bisnisnya.

Cicilia lalu menggunakan software komputer untuk membuat desain sampul. Dia menggunakan kertas jenis Samson untuk media cetak desainnya ini. Selain sampul, Cicilia juga menambah desain unik pada bagian dalam. Hal ini dilakukannya untuk membuat produknya unik, sehingga menarik pelanggan.

Cicilia tidak hanya berhenti sampai disitu. Dia juga membuat produk dengan tema khusus. Contohnya, buku jalan-jalan (travel journal), buku memasak (cooking book), buku gambar (sketch book), dan yang paling unik buku untuk pasangan (game of love book). Buku game of love ini adalah yang paling laku.

Sistem pemasaran yang digunakan Cicilia adalah sistem online. Dia membuat website PeekMyBook.com untuk kebutuhan pemasaran ini. Selain itu, dia juga rajin memasarkan buku catatan buatannya melalui forum online maupun pameran.

Harga buku catatan karya Cicilia cukup terjangkau, mulai dari Rp. 25 ribu hingga Rp. 109 ribu per buah. Yang menarik, margin keuntungan yang didapat mencapai 100%. Hal ini dikarenakan kesan eksklusif yang ada di produk ini. Cicilia membuat semua produknya secara manual dan hal inilah yang membuat produknya eksklusif dan bernilai lebih.

usaha, wirausaha, ide bisnis, buku catetan, usaha buku

Modal dan peralatan yang digunakan juga tidak terlalu banyak. Cicilia hanya menggunakan komputer, software, printer dan mesin pemotong kertas. Dia mampu menghasilkan 20-30 buku per bulannya.

Kini, usahanya berkembang pesat. Hal ini membuat Cicilia bekerjasama dengan percetakan, khususnya bila terdapat banyak pesanan. Dan, produksinya juga meningkat, hingga mencapai 300 buku per bulannya.

Salah satu hal yang dapat dicermati dari bisnis buku catatan milik Cicilia ini adalah kepandaian dia memanfaatkan peluang. Yang pertama adalah kreativitas dalam memodifikasi buku. Hal ini membuat buku catatan yang dia buat menjadi lebih menarik dan banyak pelanggan ingin membelinya.

Tetapi, yang paling penting, Cicilia mampu memanfaatkan kondisi saat ini. Banyak orang yang sudah mulai meninggalkan buku karena hampir semuanya sudah dapat dilakukan dengan gadget. Tetapi, kondisi ini menyebabkan buku catatan menjadi barang langka. Dan, Cecilia memanfaatkan hal tersebut dan membuat buku yang dimiliki pelanggannya menjadi barang istimewa.

Dengan kreativiats, kepandaian memanfaatkan peluang, pemasaran yang efektif dan kerja keras, terbukti kesuksesan dapat datang. Artinya, Anda pun dapat mendapatkan kesuksesan ini, asal mampu melakukan semua hal tersebut.

usaha, wirausaha, ide bisnis, buku catetan, usaha buku

BACA JUGA:

2 Kali Lipat Keuntungan dari Bisnis Tas Wanita Berbahan Kulit

Bisnis Susu Kedelai dengan Keuntungan yang Menggiurkan

Similar Articles

Inilah 8 Penyebab Gagalnya Usaha Kecil

Inilah 8 Penyebab Gagalnya Usaha Kecil 0

Kian banyaknya pelaku UKM (Usaha Kecil Menengah) membuat persaingan usaha menjadi semakin ketat. Hal ini seringkali

Melirik Peluang Bisnis Potong Rambut Model Terkini

Melirik Peluang Bisnis Potong Rambut Model Terkini 0

Mempunyai gaya rambut menarik dengan model yang sedang menjadi trend saat ini adalah hal yang

3 Alasan Utama Mengapa Dunia Maya Simpan Peluang Usaha Menggiurkan!

3 Alasan Utama Mengapa Dunia Maya Simpan Peluang Usaha Menggiurkan! 0

Peluang usaha akan menjadi semakin menjanjikan, bila Anda mampu memanfaatkannya dengan baik. Salah satu peluang yang

4 Bukti Bisnis Keluarga dapat Sukses Besar

4 Bukti Bisnis Keluarga dapat Sukses Besar 0

Bisnis keluarga sering dianggap sebagai bisnis yang sulit berkembang karena sulitnya terbentuk profesionalisme antar anggota keluarga

5 Hal Penting Maksimalkan Peluang Bisnis Tas

5 Hal Penting Maksimalkan Peluang Bisnis Tas 0

Peluang bisnis tas terbilang cukup menggiurkan, karena produk ini banyak dicari, apalagi saat penampilan menjadi hal

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *