Teropong Bisnis | Homepage
Dengan Bantal Mobil, Puluhan Juta Masuk Kantong

Dengan Bantal Mobil, Puluhan Juta Masuk Kantong

0 Comments 🕔29.Oct 2013

Meningkatnya penjualan mobil saat ini membuat Paulus (35 tahun) sadar akan potensi bisnis ini. Tapi, dia tidak ikut berjualan mobil. Dia menggunakan bantal mobil sebagai produk andalannya.

Paulus menyadari bahwa banyak kursi mobil terasa tidak nyaman dan tidak menarik saat dipakai. Bantal mobil Paulus mengatasi hal ini. Dia menciptakan bantal mobil dengan desain karakter unik.

Paulus memberikan kebebasan pembeli untuk memilih karakter, mulai dari tokoh kartun hingga motif batik. Pembeli juga dapat memilih mimik dari karakter tersebut, mulai dari tertawa sampai saat karakter tersebut bersedih. Jadi, bantal mobil dapat dibuat sesuai karakter pemilik mobil. Selain untuk pajangan, bantal mobil buatannya ini juga dapat dipakai sebagai sandaran.

Paulus menggunakan bahan silikon untuk bantal buatannya. Hal ini dilakukan agar bantal tetap mengembang meskipun setelah dicuci dan bertahan sangat lama.

Paulus tidak berhenti sampai disini saja. Dia membuat satu paket bantal mobil dengan aksesoris yang lain. Biasanya, pembeli akan membeli satu paket ini dengan sarung kursi mobil, tempat tisu dan lainnya.

Jenis aksesoris yang dijual Paulus juga beragam. Mulai dari kantung ponsel, bantal untuk leher, kap lampu, tas dan lainnya. Produk-produknya ini dia juga dengan harga Rp. 5000 sampai Rp. 300.000 per buah. Tentunya, bila pembeli membeli satu paket, mereka akan mendapatkan harga lebih murah.

Paulus menjalankan bisnis bantal mobil ini hanya di Surakarta (Solo) Jawa Tengah. Dia belum membuka cabang di daerah lain. Tetapi, banyak pesanan datang secara online dari berbagai daerah, bahkan Malaysia dan Singapura.

Paulus mengatakan saat itu ada pembeli memesan dari Malaysia dengan harga produk yang hanya Rp. 90.000. Dia tetap membuatkannya meskipun ongkos kirim ke Malaysia ternyata jauh lebih mahal dari harga produk, yaitu Rp. 135.000.

Untuk promosi, Paulus menggunakan promosi dari mulut ke mulut. Dia juga menjual produknya melalui internet dengan blog atau media sosial, seperti Twitter dan Facebook. Usaha yang dia beri nama Mica Work ini sudah berjalan sekitar 2 tahun. Tapi, dia sudah mempunyai 13 karyawan untuk proses penjahitan dan penyelesaian produknya.

Bisnis yang digeluti Paulus ini saat ini sedang naik. Jadi, untuk mengatasi persaingan, Paulus terus mempertahankan kualitas produk dan pelayanannya.

Paulus menggunakan cara online untuk memasarkannya. Dia bahkan mengirimkan barang yang dipesan terlebih dahulu, dan pembeli dapat membayar belakangan.

Menurut Paulus, cara ini dilakukan karena percaya pada pelanggannya. Dan, selama ini, tidak ada pembeli yang tidak membayar. Paulus yakin hal ini bisa terjaga karena pembeli juga mengetahui kualitas produk yang dia kirim.

Selain itu, kalaupun ada pembeli tidak membayar, harga produknya pun tidak terlalu tinggi. Jadi, kerugian yang dia dapat juga tidak terlalu besar.

Omzet bisnis bantal mobil Paulus ini mencapai Rp. 30 juta per bulan. Dia rajin mengikuti pameran dan mempromosikan bisnisnya secara online untuk mengembangkan bisnisnya ini.

Similar Articles

Inilah 8 Penyebab Gagalnya Usaha Kecil

Inilah 8 Penyebab Gagalnya Usaha Kecil 0

Kian banyaknya pelaku UKM (Usaha Kecil Menengah) membuat persaingan usaha menjadi semakin ketat. Hal ini seringkali

Melirik Peluang Bisnis Potong Rambut Model Terkini

Melirik Peluang Bisnis Potong Rambut Model Terkini 0

Mempunyai gaya rambut menarik dengan model yang sedang menjadi trend saat ini adalah hal yang

3 Alasan Utama Mengapa Dunia Maya Simpan Peluang Usaha Menggiurkan!

3 Alasan Utama Mengapa Dunia Maya Simpan Peluang Usaha Menggiurkan! 0

Peluang usaha akan menjadi semakin menjanjikan, bila Anda mampu memanfaatkannya dengan baik. Salah satu peluang yang

4 Bukti Bisnis Keluarga dapat Sukses Besar

4 Bukti Bisnis Keluarga dapat Sukses Besar 0

Bisnis keluarga sering dianggap sebagai bisnis yang sulit berkembang karena sulitnya terbentuk profesionalisme antar anggota keluarga

5 Hal Penting Maksimalkan Peluang Bisnis Tas

5 Hal Penting Maksimalkan Peluang Bisnis Tas 0

Peluang bisnis tas terbilang cukup menggiurkan, karena produk ini banyak dicari, apalagi saat penampilan menjadi hal

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *