Teropong Bisnis | Homepage
Dari Menggembalakan Bebek Menjadi Pengusaha Telur Asin Sukses

Dari Menggembalakan Bebek Menjadi Pengusaha Telur Asin Sukses

0 Comments 🕔03.Nov 2013

Tidak ada yang tahu bagaimana nasib seseorang besok atau masa mendatang. Bisa saja, anda akan mendapatkan nasib yang jauh lebih baik daripada sekarang. Hal ini dialami oleh Sulaiman, seorang pengusaha sukses yang berasal dari Sidoarjo.

Pada awalnya, pria ini adalah seorang penggembala bebek. Tetapi, kini dia telah menjadi salah satu pengusaha telur asin tersukses di Indonesia. Nama usahnya adalah Adonan Jaya dan produknya telah menyebar diseluruh Indonesia dan juga diekspor ke luar negeri.

Penggembala bebek adalah pekerjaan awal dari Sulaiman. Pada tahun 1987, karena tidak mempunyai cukup uang untuk sekolah dan kebutuhan sehari-hari, Sulaiman menerima tawaran tetangganya untuk pekerjaan ini. Setiap hari, dia harus menggembalakan bebek disekitar Desa Kebonsari, Sidoarjo tempat dia tinggal. Bahkan, dia harus rela menceburkan diri ke empang untuk menggembalakan bebek milik tetangganya ini.

Meskipun pekerjaan ini berat, tetapi, dia tidak patah semangat. Sulaiman bertekad untuk mendapatkan kehidupan yang lebih baik suatu hari nanti. Dia lalu berinisiatif untuk mencoba bisnis sampingan dengan tetap menggembalakan bebek tetangganya ini.

Sulaiman membeli telur bebek dari peternak didesanya. Dia lalu belajar mengolah telur-telur ini menjadi telur asin. Hasilnya, dia jajakan ke pasar dan tetangga sekitarnya.

Setelah 5 tahun, Sulaiman berkesempatan mengembangkan usahanya. Dengan modal yang dia miliki, dia membeli 20 ekor bebek sebagai awal mula usaha ternak bebek miliknya. Memang, 20 ekor adalah jumlah yang sedikit untuk usaha ternak bebek. Tetapi, Sulaiman tetap menjalaninya dan hasilnya, saat ini dia memiliki 2.200 ekor bebek yang menghasilkan 1.000-1.500 telur dalam satu hari.

Dengan jumlah telur yang dihasilkan, Sulaiman tidak menggunakan pasokan telur dari peternak lain. Bapak dua anak ini menggunakan telur ternak bebeknya yang dia ubah menjadi 3 jenis telur asin, yaitu biasa, sedang dan istimewa.

Terdapat 3 jenis telur asin, karena memang tiap jenis mempunyai kualitas yang berbeda. Sulaiman menjelaskan, untuk yang istimewa, telur asinnya berukuran besar. Hal ini karena telur diperam dengan waktu lebih dari 20 hari. Rasanya juga lebih masir, warna kuning kemerahan dan saat dibelah terdapat lelehan minyak.

Untuk jenis sedang, ukuran telur lebih kecil dari jenis istimewa. Lama proses peram kurang dari 10 hari. Dan tentunya rasanya juga berbeda dengan yang istimewa.

Sulaiman dapat mengontrol kualitas telur karena mempunyai peternakan sendiri. Contohnya, untuk menghasilkan warna kuning kemerahan pada kuning telur dan ukuran yang lebih besar, ada pakan khusus yang diberikan. Pakan ini adalah campuran kulit udang, kupang putih dan bekatul.

Saat ini, produk telur asin Sulaiman ini sudah dipasarkan hingga Jakarta, Bandung dan Medan. Dan, dengan dukungan dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Sidoarjo, dia berhasil mengekspor telur asin buatannya.

Saat ini, usahanya mampu menghasilkan 1.500 butir telur asin per hari yang dijual Rp. 3.000 per butir dengan omset Rp. 135 juta per bulan.

Similar Articles

Inilah 8 Penyebab Gagalnya Usaha Kecil

Inilah 8 Penyebab Gagalnya Usaha Kecil 0

Kian banyaknya pelaku UKM (Usaha Kecil Menengah) membuat persaingan usaha menjadi semakin ketat. Hal ini seringkali

Melirik Peluang Bisnis Potong Rambut Model Terkini

Melirik Peluang Bisnis Potong Rambut Model Terkini 0

Mempunyai gaya rambut menarik dengan model yang sedang menjadi trend saat ini adalah hal yang

3 Alasan Utama Mengapa Dunia Maya Simpan Peluang Usaha Menggiurkan!

3 Alasan Utama Mengapa Dunia Maya Simpan Peluang Usaha Menggiurkan! 0

Peluang usaha akan menjadi semakin menjanjikan, bila Anda mampu memanfaatkannya dengan baik. Salah satu peluang yang

4 Bukti Bisnis Keluarga dapat Sukses Besar

4 Bukti Bisnis Keluarga dapat Sukses Besar 0

Bisnis keluarga sering dianggap sebagai bisnis yang sulit berkembang karena sulitnya terbentuk profesionalisme antar anggota keluarga

5 Hal Penting Maksimalkan Peluang Bisnis Tas

5 Hal Penting Maksimalkan Peluang Bisnis Tas 0

Peluang bisnis tas terbilang cukup menggiurkan, karena produk ini banyak dicari, apalagi saat penampilan menjadi hal

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *