Teropong Bisnis | Homepage
Dari Bangkrut Menjadi Sukses Besar dengan Usaha Busana Muslimah

Dari Bangkrut Menjadi Sukses Besar dengan Usaha Busana Muslimah

🕔10.Nov 2013

Mungkin, banyak orang berhenti setelah gagal. Tetapi tidak dengan Leony Agus Setiawati. Setelah bisnisnya gagal, dia bangkit dan sukses dengan usaha busana Muslimah sulam etnik.

Perjalanan suksesnya ini dimulai pada tahun 2001 saat dia kesulitan menemukan pekerjaan. Dia membuka gerai pakaian Muslimah dirumahnya sambil menjadi ibu rumah tangga.

Setelah itu, selama 4 tahun, Leony mengelola toko pakaian di Tajur Bogor. Dan, toko pakaiannya ini bangkrut dan tidak berkembang  karena tidak ada manajemen yang baik. Untungnya, dari usahanya ini, dia masih mendapatkan modal Rp. 1 juta.

Leony melihat salah satu saudaranya yang pandai menyulam. Dari sini, dia mendapatkan ide untuk membuat baju Muslimah dengan hiasan sulam tangan. Dari pengalamannya berbisnis, Leony tahu model yang banyak orang suka. Dia lalu membeli mesin jahit bekas dan bahan-bahan untuk memulai bisnis ini.

Pesanan pun datang. Leony memperkerjakan dua penjahit dan dua penyulam untuk mengerjakan pesanan ini.

Salah seorang pelanggan melihat keunikan produk Leony ini dan menyarankan untuk ikut pameran. Dia lalu rajin mengikuti pameran dari Kementrian Koperasi dan UKM dan membuat perusahaannya, CV Azka Syahrani dan produknya, Azka Collection makin dikenal. Di pameran ini pula, Leony menawarkan banyak orang menjadi agen dengan laba hingga 40%.

Karena pesanan terus meningkat, Leony akhirnya menambah tenaga kerja untuk memenuhi permintaan pelanggan. Dia memberdayakan perempuan disekitar kota dan kabupaten Bogor. Tetapi, dia menemui berbagai masalah saat melakukan hal ini.

Salah satu masalah yang Leony harus hadapi saat mencari tenaga kerja adalah adanya penolakan. Banyak orang didaerah yang dia kunjungi berpikir bahwa dirinya mempunyai niat jahat. Bahkan, mobilnya dibaret saat satu waktu Leony ingin menawarkan kerja sama. Tetapi setelah bekerja keras dengan mendekati majelis taklim masjid dan ustazah, banyak ibu rumah tangga tertarik untuk bekerja sama dengannya.

Belum lama masalah pertama selesai, timbul masalah baru. Masalah ini muncul saat Leony menerapkan Standar Prosedur Kesalahan (SPK) untuk usaha busana Muslimah miliknya. Dalam aturan ini, dia mencantumkan bila ada baju yang rusak, agen harus membayar Rp. 40.000. Dan, setiap ibu rumah tangga yang ingin mendapatkan pekerjaan ini harus menandatangai SPK ini.

Hasilnya, banyak ibu rumah tangga ini urung bergabung, meskipun sudah mendapatkan pelatihan. Alasannya, mereka keberatan dengan aturan ini. Tetapi, setelah dijelaskan bahwa aturan ini untuk meningkatkan kedisiplinan dalam bekerja, mereka akhirnya mau bergabung.

Untuk mengelola kelompok ini, Leony mengangkat koordinator. Koordinator bertugas untuk mengawasi dan mempermudah bila ada kemampuan baru yang perlu dilatih. Leony juga menerapkan sistem sertifikasi untuk memetakan pekerjaan para anggota kelompok.

Selain usaha busana Muslimah, Leony juga memberi modal untuk 40 penjahit untuk memulai usaha konveksi. Saat ini, Leony sudah mempunyai 16 plasma dengan anggota 700 orang yang memproduksi 20.000 pakaian untuk 200 agen di berbagai daerah. Produknya ini juga dijual online hingga Malaysia dan Singapura.

Similar Articles

Inilah 8 Penyebab Gagalnya Usaha Kecil

Inilah 8 Penyebab Gagalnya Usaha Kecil 0

Kian banyaknya pelaku UKM (Usaha Kecil Menengah) membuat persaingan usaha menjadi semakin ketat. Hal ini seringkali

Melirik Peluang Bisnis Potong Rambut Model Terkini

Melirik Peluang Bisnis Potong Rambut Model Terkini 0

Mempunyai gaya rambut menarik dengan model yang sedang menjadi trend saat ini adalah hal yang

3 Alasan Utama Mengapa Dunia Maya Simpan Peluang Usaha Menggiurkan!

3 Alasan Utama Mengapa Dunia Maya Simpan Peluang Usaha Menggiurkan! 0

Peluang usaha akan menjadi semakin menjanjikan, bila Anda mampu memanfaatkannya dengan baik. Salah satu peluang yang

4 Bukti Bisnis Keluarga dapat Sukses Besar

4 Bukti Bisnis Keluarga dapat Sukses Besar 0

Bisnis keluarga sering dianggap sebagai bisnis yang sulit berkembang karena sulitnya terbentuk profesionalisme antar anggota keluarga

5 Hal Penting Maksimalkan Peluang Bisnis Tas

5 Hal Penting Maksimalkan Peluang Bisnis Tas 0

Peluang bisnis tas terbilang cukup menggiurkan, karena produk ini banyak dicari, apalagi saat penampilan menjadi hal