Teropong Bisnis | Homepage
Buzzer, Kicauan Berujung Jutaan

Buzzer, Kicauan Berujung Jutaan

🕔09.Nov 2013

Internet sudah bukan menjadi barang mewah saat ini. Dapat dikatakan, internet sudah menjadi bagian hidup kita yang tak terpisahkan. Seperti yang diungkapkan oleh Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), pengguna internet di Indonesia mencapai 80 juta pada tahun ini atau bertambah 17 juta dari tahun lalu. Dengan banyaknya pengguna internet, artinya, pasar besar untuk pihak yang ingin memasarkan produk.

Jumlah ini bahkan lebih banyak dari penduduk negara-negara seperti Singapura, Denmark, Hong Kong, Belgia, Brunei Darussalam, Austria, Malaysia dan Thailand.Dan kebanyakan pengguna internet Indonesia menggunakan media sosial, seperti Facebook dan Twitter.

Bila dilihat dari sisi statistik, 10% dari total akun Twitter berasal dari Indonesia, atau 29 juta dari total 218 juta akun Twitter. Sedangkan pengguna Facebook asal Indonesia berjumlah 28 juta.

Menurut survei Semiocast, pada tahun 2012, Indonesia berada di posisi ke 3 sebagai negara pengguna Facebook terbanyak di dunia. Sedangkan untuk Twitter, Indonesia menempati posisi ke 5. Tidak hanya itu. Ternyata, Jakarta adalah kota dengan penggunak Twitter paling aktif dengan 2,4% dari total tweet.

Kondisi diatas akan menjadi salah satu media penyampaian pesan yang efektif. Contohnya, sebuah perusahaan, selain menggunakan media promosi standar, juga dapat menggunakan media sosial ini. Perusahaan hanya perlu mencari akun dengan banyak pengkut dan menjadikan pemilik akun tersebut sebagai buzzer.

Hanya dengan satu tweet promosi, maka informasi produk akan menyebar ke jutaan pengikut akun tersebut. Dan, perusahaan akan membayar sang buzzer untuk jasanya tersebut.

Menurut Nukman Lutfie, cara ini akan mengganti cara promosi lama. Pandu Wirawan, Chief Executive Officer Brightstars juga mengatakan cara ini sangat menguntungkan untuk sang buzzer. Contohnya, bizzer artis dihargai Rp. 3 juta hingga Rp. 20 juta per tweet.

Pandu juga menambahkan kebanyakan pengguna interent Indonesia menghabiskan 5 jam sehari dan 35 jam per minggu untuk berinternet. Jadi, dapat dikategorikan pengguna internet kelas berat dan menjanjikan dalam segi promosi.
Tetapi, bila Anda bukanlah seorang artis, Anda masih bisa menjadi buzzer. Anda hanya perlu mempunyai banyak follower dan teman di Twitter atau Facebook. Tetapi, menurut Ahmad Suwandi, Managing Partner Content Is The King, akun dengan follower hanya beberapa ribu juga bisa menjadi buzzer. Disini, akan dilihat kekuatan dari pesan yang pemilik akun sampaikan.

Pengamat media sosial, Wicaksono dengan akun twitter @ndorokakung menyatakan menyatakan ada beberapa jenis bayaran yang diterima buzzer yang dia kenal. Ada yang menerima Rp. 100 ribu per tweet hingga satu sepeda motor untuk kontrak sebagai buzzer.

Sedangkan buzzer terkenal lainnya dihargai lebih dari jumlah diatas. Contohnya, Agens Monica dengan Rp. 20 juta, Sherina Rp. 16 juta dan Raditya Dika dengan Rp. 5 juta sampai Rp. 7 juta. Tetapi, ada juga buzzer yang bukan artis, seperti Wandi yang dapat menghasilkan Rp. 2 juta sampai RP. 5 juta per minggu.

Similar Articles

Inilah 8 Penyebab Gagalnya Usaha Kecil

Inilah 8 Penyebab Gagalnya Usaha Kecil 0

Kian banyaknya pelaku UKM (Usaha Kecil Menengah) membuat persaingan usaha menjadi semakin ketat. Hal ini seringkali

Melirik Peluang Bisnis Potong Rambut Model Terkini

Melirik Peluang Bisnis Potong Rambut Model Terkini 0

Mempunyai gaya rambut menarik dengan model yang sedang menjadi trend saat ini adalah hal yang

3 Alasan Utama Mengapa Dunia Maya Simpan Peluang Usaha Menggiurkan!

3 Alasan Utama Mengapa Dunia Maya Simpan Peluang Usaha Menggiurkan! 0

Peluang usaha akan menjadi semakin menjanjikan, bila Anda mampu memanfaatkannya dengan baik. Salah satu peluang yang

4 Bukti Bisnis Keluarga dapat Sukses Besar

4 Bukti Bisnis Keluarga dapat Sukses Besar 0

Bisnis keluarga sering dianggap sebagai bisnis yang sulit berkembang karena sulitnya terbentuk profesionalisme antar anggota keluarga

5 Hal Penting Maksimalkan Peluang Bisnis Tas

5 Hal Penting Maksimalkan Peluang Bisnis Tas 0

Peluang bisnis tas terbilang cukup menggiurkan, karena produk ini banyak dicari, apalagi saat penampilan menjadi hal