Teropong Bisnis | Homepage
Budidaya Menjanjikan Buah Ajaib Asal Jepang

Budidaya Menjanjikan Buah Ajaib Asal Jepang

0 Comments 🕔26.Oct 2013

Anda mungkin lebih mengenal kabocha dengan sebutan waluh. Buah Ajaib ini juga bermanfaat untuk kecantikan dan kesehatan. Bila Anda mengkonsumsi buah ini secara rutin, maka anda akan terbebas dari masalah penuaan dini, mengatasi hipertensi, menurunkan resiko kanker, penyakit jantung, susah buang air besar dan banyak lagi.

Tapi, tidak hanya itu. Menurut Wagimin, petani kabocha asal Plaosan, kabocha juga sangat menjanjikan untuk dibudidayakan. Hal ini karena, kabocha mudah untuk dibudidayakan. Buahnya pun dapat bertahan 6 bulan sampai 1 tahun.

Masa tanam sampai panen kabocha sangatlah singkat, yaitu sekitar 3 bulan. Buah yang dihasilkan juga banyak. Satu pohon, dapat menghasilkan 4-5 buah dengan berat rata-rata 1,5 kg per buah.

Karena kabocha termasuk tanaman menjalar, maka saat menanamnya dibutuhkan penyangga. Anda bisa menggunakan teralis atau bambu dengan tinggi 2-3 meter.

Iklim tropis Indonesia sangat cocok untuk kabocha. Apalagi, bila Anda membudidayakannya di daerah dengan ketinggian 700 mdpl sampai 1500 mdpl. Memang, kabocha bisa dibudidayakan di daerah dataran rendah. Tapi, hasilnya tidak sebagus saat ditanam di daerah dataran tinggi.

Saat Wagimin memulai budidaya ini, masyarakat, yang kebanyakan adalah petani wortel, meremehkannya. Tapi, setelah Wagimin berhasil, masyarakat menerima ide ini. Bahkan mereka mensharing kabocha dengan tanaman wortel mereka. Hasilnya, hasil yang mereka dapat menjadi lebih banyak.

1.Budidaya Menjanjikan Buah Ajaib Asal Jepang 2

Saat Wagimin pertama kali memberikan pinjaman biji ke petani, banyak dari mereka masih ragu-ragu. Hal ini dikarenakan harga biji kabocha cukup mahal, yaitu 1000 per biji. Tapi, setelah berhasil, masyarakat berani membeli biji mereka sendiri.

Biji kabocha bisa didapat dari toko pertanian dengan harga Rp. 58.000 untuk 65 biji. Biasanya, hanya 55 biji yang berhasil disemaikan. Untuk jenisnya, ada 5 jenis biji, tapi menurut Wagimin, yang paling laku adalah jenis kabocha orange dan hijau.

Sistem penanaman yang digunakan bisa dengan cara share dengan tanaman lain. Wagimin menggunakan tanaman wortel dengan 350 batang Buah Ajaib ini di lahan seluas 1600 m2. Hasilnya, dia berhasil memanen 1 ton wortel dan 1 ton kabocha dengan harga Rp.4000 per kg untuk wortel dan kabocha.

Jarat tanam untuk sistem sharing adalah 1,40 m dan untuk lahan khusus 70 cm. Ketika kabocha mencapai tinggi 1 m, biasanya sudah terdapat 3-5 buah yang siap dibuahi.

Wagimin ingin mengembangkan kabocha di satu lahan, karena menurutnya, kabocha membutuhkan biaya rendah untuk perawatan. Untuk pupuk, Wagimin menggunakan pupuk organik seperti yang dia gunakan pada tomat miliknya.

Masalah utama budidaya kabocha adalah cuaca. Saat kemarau, kabocha dapat tumbuh dengan baik dan buah mampu bertahan lama. Tapi, saat musim hujan, produktivitas kabocha menurun dan buah tidak bisa bertahan lama.

Selain itu, kabut bubur dari gunung dan serangan lalat buah juga menjadi salah satu masalah. Wagimin biasanya menggunakan pupuk kekebalan buah untuk mengatasi masalah ini.

Saat ini, Wagimin mampu memanen 40 ton Buah Ajaib kabocha tiap bulan. Untuk pemasaran, Wagimin sudah mempunyai mitra di daerah Surabaya, Yogyakarta, Semarang dan lainnya.1.3

Similar Articles

Inilah 8 Penyebab Gagalnya Usaha Kecil

Inilah 8 Penyebab Gagalnya Usaha Kecil 0

Kian banyaknya pelaku UKM (Usaha Kecil Menengah) membuat persaingan usaha menjadi semakin ketat. Hal ini seringkali

Melirik Peluang Bisnis Potong Rambut Model Terkini

Melirik Peluang Bisnis Potong Rambut Model Terkini 0

Mempunyai gaya rambut menarik dengan model yang sedang menjadi trend saat ini adalah hal yang

3 Alasan Utama Mengapa Dunia Maya Simpan Peluang Usaha Menggiurkan!

3 Alasan Utama Mengapa Dunia Maya Simpan Peluang Usaha Menggiurkan! 0

Peluang usaha akan menjadi semakin menjanjikan, bila Anda mampu memanfaatkannya dengan baik. Salah satu peluang yang

4 Bukti Bisnis Keluarga dapat Sukses Besar

4 Bukti Bisnis Keluarga dapat Sukses Besar 0

Bisnis keluarga sering dianggap sebagai bisnis yang sulit berkembang karena sulitnya terbentuk profesionalisme antar anggota keluarga

5 Hal Penting Maksimalkan Peluang Bisnis Tas

5 Hal Penting Maksimalkan Peluang Bisnis Tas 0

Peluang bisnis tas terbilang cukup menggiurkan, karena produk ini banyak dicari, apalagi saat penampilan menjadi hal

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *