Teropong Bisnis | Homepage
Budidaya Gurame, Mudah dan Lezat Keuntungannya

Budidaya Gurame, Mudah dan Lezat Keuntungannya

0 Comments 🕔21.Dec 2013

Gurame bakar atau gurame goreng merupakan salah satu menu restoran yang banyak disukai orang. Oleh karena itu, hal ini berarti prospek bagus untuk para pembudidaya gurame. Bahkan, saat ini permintaan suplai gurame terus meningkat sejalan dengan semakin banyaknya usaha kuliner di Indonesia.

Menurut Wiwied Usman, Sekjen Permina (Perhimpunan Masyarakat Perikanan Nusantara) dikutip dari Kedaulatan Rakyat, budidaya guram sangatlah menjanjikan. Anda bisa mendapatkan Rp. 40 juta hanya dari 2.000 ekor bibit gurame.

Salah satu pengetahuan umum mengenai gurame adalah ikan ini memerlukan lahan yang luas. Oleh karena itu, banyak orang beranggapan budidaya gurame memerlukan modal besar.

Sebenarnya, Anda dapat menggunakan lahan sempit, seperti yang Anda temui di banyak pasar tradisional untuk membudidayakan ikan ini. Anda dapat menggunakan kolam terpal di pekarangan atau lahan kosong di sekitar rumah Anda. Akan tetapi, bila Anda menggunakan cara ini, jumlah bibit gurame yang dapat Anda tebar terbatas.

Pertimbangan lain adalah ukuran gurame. Menurut Gallery UKM, kolam dengan luas 1 meter persegi, dalam 90 cm dapat digunakan untuk membudidayakan 10 ekor gurame dengan bobot per ekor 2,5 ons.

Untuk membuat kolam terpal tempat budidaya gurame, ada 2 cara mudah yang dapat Anda gunakan. Yang pertama, Anda dapat menggali tanah sedalam 90 cm, pasang terpal dan kuatkan sisi-sisinya. Kolam terpal Anda sudah jadi.

Atau Anda juga dapat menggunakan cara yang kedua, yaitu tanpa menggali tanah. Anda hanya perlu memasang terpal di atas permukaan tanah. Gunakan besi atau kayu sebagai rangka untuk membatasi sekeliling terpal dan membuatnya menjadi seperti bak terpal besar.usaha gurame

Dua cara diatas mempunyai keuntungan masing-masing. Cara penggalian membuat terpal tidak terlalu berat menampung air. Cara tanpa penggalian, membuat proses pembersihan kolam menjadi lebih mudah.

Masa panen budidaya gurame cukup singkat, yaitu 5 bulan. Dalam jangka waktu ini, bibit 2,5 ons dapat dipanen dan menghasilkan ikan gurame dengan bobot 6-7 ons.

Sama seperti budidaya ikan lainnya, untuk budidaya gurame, kebersihan kolam perlu dijaga. Jangan sampai kolam tercemar bahan kimia dan kotoran lainnya yang dapat mendatangkan penyakit. Memang, gurame dapat hidup di air yang tidak terlalu bersih, tetapi, ada baiknya selalu menjaga kebersihan, agar hasil yang didapat juga baik.

Anda perlu membersihkan kolam setidaknya seminggu sekali. Anda dapat menggunakan cara shift pond, yaitu menyedot air kotor dari kolam dan mengisinya kembali dengan air baru yang bersih.

Untuk makanan, Anda dapat memberi gurame Anda pelet. Pilih pelet yang mengandung 20%-30% protein dengan pemberian 2 kali sehari. Anda juga dapat memberikan daun-daunan dan sayuran yang baik untuk pertumbuhan dan kesehatan gurame.

Jadi, budidaya gurame bukanlah sesuatu yang sulit untuk dilakukan. Anda dapat mencobanya dan mungkin, usaha ini akan menjadi pembuka pintu kesuksesan Anda.

usaha gurame

Similar Articles

Inilah 8 Penyebab Gagalnya Usaha Kecil

Inilah 8 Penyebab Gagalnya Usaha Kecil 0

Kian banyaknya pelaku UKM (Usaha Kecil Menengah) membuat persaingan usaha menjadi semakin ketat. Hal ini seringkali

Melirik Peluang Bisnis Potong Rambut Model Terkini

Melirik Peluang Bisnis Potong Rambut Model Terkini 0

Mempunyai gaya rambut menarik dengan model yang sedang menjadi trend saat ini adalah hal yang

3 Alasan Utama Mengapa Dunia Maya Simpan Peluang Usaha Menggiurkan!

3 Alasan Utama Mengapa Dunia Maya Simpan Peluang Usaha Menggiurkan! 0

Peluang usaha akan menjadi semakin menjanjikan, bila Anda mampu memanfaatkannya dengan baik. Salah satu peluang yang

4 Bukti Bisnis Keluarga dapat Sukses Besar

4 Bukti Bisnis Keluarga dapat Sukses Besar 0

Bisnis keluarga sering dianggap sebagai bisnis yang sulit berkembang karena sulitnya terbentuk profesionalisme antar anggota keluarga

5 Hal Penting Maksimalkan Peluang Bisnis Tas

5 Hal Penting Maksimalkan Peluang Bisnis Tas 0

Peluang bisnis tas terbilang cukup menggiurkan, karena produk ini banyak dicari, apalagi saat penampilan menjadi hal

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *