Teropong Bisnis | Homepage
Budidaya Cacing Lumbricus Rubellus dengan Omzet Puluhan Juta Rupiah

Budidaya Cacing Lumbricus Rubellus dengan Omzet Puluhan Juta Rupiah

3 Comments 🕔11.Oct 2013

Sebagian orang menganggap cacing merupakan hewan yang menjijikan. Namun, bagi segelintir orang seperti Harijadi, cacing merupakan hewan dengan keuntungan bisnis yang sangat menjanjikan. Salah satu jenis cacing yang dibudidayakan adalah cacing lumbricus rebellus. Umumnya, cacing tersebut digunakan untuk kebutuhan farmasi, kosmetik, ataupun pakan ternak.

Diharapkan nantinya komoditas cacing dapat menjadi bisnis agri yang menjanjikan termasuk mendukung pelestarian lingkungan. Perlu diketahui bahwa cacing lumbricus rubellus sangat banyak manfaatnya bagi manusia seperti sebagai obat penurun panas dan demam. Di luar negeri seperti Cina, Korea, Jepang, Kanada, dan Amerika, cacing jenis ini dijadikan sebagai bahan obat-obatan dan kosmetik. Harijadi selaku salah satu peternak dan leader salah satu farm budidaya cacing di Magetan, Jawa Timur mengungkapkan bahwa permintaan cacing tidak hanya datang dari Indonesia saja namun juga datang dari luar negeri.

Untuk memenuhi permintaan pabrik-pabrik dalam negeri saja, farm miliknya masih sangat kuwalahan setiap bulannya. Ia mengatakan bahwa saat ini dirinya membutuhkan mitra kerjasama yang banyak khususnya untuk menjadi peternak cacing di Indonesia. Selain memiliki banyak manfaat, cacing jenis ini sangat mudah dari segi perawatan dan tidak membutuhkan tenaga yang banyak. Menurut Harijadi, satu orang saja sudah cukup untuk mengolah dan merawat puluhan kolam cacing.

Pakan cacing juga tergolong mudah didapat. Anda cukup menjadikan limbah makanan dari rumah tangga, ampas tahu dan sayuran busuk bisa dijadikan pakan cacing. Keunggulan beternak cacing adalah hewan ini tidak tergantung pada waktu pemberian makanan. Memberikan makanan dengan waktu yang tidak rutin juga tidak menjadi masalah.

Perkembangbiakan cacing lumbricus rubellus sangat cepat karena dalam waktu 40 hari saja, cacing sudah bisa dipanen. Harganya juga tidak kalah menggiurkan. Harijadi mengaku bahwa satu kilo cacing berumur 40 hari bisa dihargai Rp. 40.000 hingga Rp. 50.000 per kg.

Kolam cacing sendiri idealnya memiliki panjang dan lebar 1 x 4 meter dengan isi 15 – 20 kg indukan cacing. Uniknya, dalam waktu 40 hari saja, indukan cacing ini akan berkembang 3 kali lipat menjadi 45 kg per kolam. Harijadi sendiri saat ini sudah rutin mengirimkan minimal 60 kg cacing lumbricus rubellus ke salah satu rekannya di Malang.

Sebelum memulai budidaya, siapkan terlebih dahulu bibit cacing dan medianya seperti limbah sisa budidaya jamur yang dicampur dengan kotoran sapi atau kletong kering atau setengah kering. Ratakan media tersebut dalam kolam. Campurkan juga tanah karena memang ini adalah habitat asli cacing. Gunakan tanah dari pinggir sungai agar perkembangan cacing maksimal. Sebar indukan cacing secara merata.

Pastikan bahwa kolam atau media tidak terlalu kering atau terlalu basah karena cacing senang dengan tempat yang lembab. Gunakan atap agar cahaya tidak langsung mengenai kolam. Kendala utama beternak cacing lumbricus rubelus adalah serangan semut, tikus, katak, dan kadal. Untuk mengatasi kendala ini Anda harus menjaga kebersihan sekitar kolam.

Similar Articles

Inilah 8 Penyebab Gagalnya Usaha Kecil

Inilah 8 Penyebab Gagalnya Usaha Kecil 0

Kian banyaknya pelaku UKM (Usaha Kecil Menengah) membuat persaingan usaha menjadi semakin ketat. Hal ini seringkali

Melirik Peluang Bisnis Potong Rambut Model Terkini

Melirik Peluang Bisnis Potong Rambut Model Terkini 0

Mempunyai gaya rambut menarik dengan model yang sedang menjadi trend saat ini adalah hal yang

3 Alasan Utama Mengapa Dunia Maya Simpan Peluang Usaha Menggiurkan!

3 Alasan Utama Mengapa Dunia Maya Simpan Peluang Usaha Menggiurkan! 0

Peluang usaha akan menjadi semakin menjanjikan, bila Anda mampu memanfaatkannya dengan baik. Salah satu peluang yang

4 Bukti Bisnis Keluarga dapat Sukses Besar

4 Bukti Bisnis Keluarga dapat Sukses Besar 0

Bisnis keluarga sering dianggap sebagai bisnis yang sulit berkembang karena sulitnya terbentuk profesionalisme antar anggota keluarga

5 Hal Penting Maksimalkan Peluang Bisnis Tas

5 Hal Penting Maksimalkan Peluang Bisnis Tas 0

Peluang bisnis tas terbilang cukup menggiurkan, karena produk ini banyak dicari, apalagi saat penampilan menjadi hal

3 Comments

  1. 🕔 22:01, 21.Nov 2013

    Imam

    merupakan peluang yang bagus dan tidak terlalu sulit untuk dilakukan, tapi bagaimana perawatan kesehariannya ? juga bagaimana dengan biaya operasionalnya

    reply comment
  2. 🕔 13:50, 11.Jan 2014

    Mudjiono

    Semangat pagi.
    Mohon dapat diberikan alamat dan no hp bpk Hariyadi untuk memudahkan komunikasi. Untuk bibit pembelian paling sedikit berapa kg dan apa bisa beli sedikit, harga saat ini berapa. Demikian dan terima kasih.

    reply comment
  3. 🕔 7:35, 20.Feb 2014

    wiwik rianawati

    magetan alamatnya mana….????
    sy berminat unt beternak cacing ini….

    reply comment

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *