Teropong Bisnis | Homepage
Bisnis Makanan Jepang Pun Bisa Sukses di Indonesia

Bisnis Makanan Jepang Pun Bisa Sukses di Indonesia

0 Comments 🕔17.Nov 2013

Salah satu menu makanan yang digemari di Indonesia adalah menu masakan Jepang. Sebenarnya, bagaimana peluang bisnis makanan Jepang di Indonesia? Salah satu restoran yang menawarkan menu makanan Jepang adalah Restoran Takumi Robata & Sushi. Restoran yang berlokasi di Bilangan, Jakarta Selatan ini dikelola oleh Benjamin Lee yang merupakan warga negara Malaysia.

Sesuai dengan arti nama restoran itu sendiri, Takumi Robata & Sushi menghadirkan menu-menu spesial dari laut. Lee merintis usaha restoran di Indonesia khususnya menu Jepang karena melihat warga Indonesia menggemari makanan dari negeri sakura tersebut. Buktinya, sejak restoran miliknya tersebut dibuka, sekitar 80% pengunjungnya adalah orang Indonesia. Sedangkan pengunjung lainnya adalah orang asli Jepang.

Lee mengaku bahwa restoran ini dibuka untuk semua penggemar masakan Jepang namun dalam hal ini adalah warga Indonesia. Menurutnya, target market bisnisnya ini adalah orang Indonesia serta warga Jepang yang tidak bisa menemukan Robata. Dengan penjelasan seperti ini, tentu saja peluang bisnis makanan Jepang sangat terbuka lebar.

Salah satu cara menarik perhatian pelanggan adalah dengan memberikan keunikan. Sebagai contoh saja, Lee menggunakan teknik memasak khusus yang disebut dengan Robata untuk beberapa menunya. Robata merupakan teknik memasak menggunakan arang yang diletakkan di atas gundukan pasir laut. Ia menggunakan Robata bukan tanpa alasan.

Menurutnya, warga Indonesia yang suka makanan Jepang juga sangat tertarik dengan Robata. Selain itu, bahan yang ia gunakan masih segar serta tidak terlalu banyak menggunakan bumbu. Arangnya juga bukan sembarang arang. Arang tersebut bernama arang bakau dengan aroma yang khas, lebih panas dan tahan lama.

Shusi dan sashimi juga menjadi andalan di restoran ini. Bayangkan, menu otentik tersebut dijual dengan bandrol harga mulai dari Rp. 25.000 hingga Rp. 100.000 per porsi untuk ala carte. Untuk ikan Robata sendiri Lee menjualnya mulai Rp. 100.000 hingga Rp. 1.000.000. Harga tersebut bervariasi tergantung ikan yang digunakan.

Lee tidak hanya menekankan pada rasa otentik menu yang ia jual namun juga konsep restorannya. Ia menggunakan ornamen kayu khas Jepang. Tempat duduk yang ia sediakan sekitar 110 tempat duduk. Ia memang sengaja mendesain restoran dengan nuansa Jepang yang kental karena ia ingin mengundang masyarakat menengah ke atas.

Untuk menjaga keotentikkan cita rasa menu yang ia tawarkan, Lee masih mengimpor bahan dari Jepang seperti dari pasar Sukuji. Pasar Sukuji memang pusat penjualan ikan segar terbesar di dunia. Namun, ia juga masih tetap menggunakan ikan lokal seperti bawal, cumi, tuna, dan lobster yang berkualitas bagus.

Memang, menyiapkan bisnis ini terlihat rumit tapi dengan keuletan, Anda bisa langsung mengambil peluang bisnis makanan Jepang ini. Semoga penjelasan di atas bisa menjadi inspirasi Anda untuk memulai bisnis kuliner Jepang.

Similar Articles

Inilah 8 Penyebab Gagalnya Usaha Kecil

Inilah 8 Penyebab Gagalnya Usaha Kecil 0

Kian banyaknya pelaku UKM (Usaha Kecil Menengah) membuat persaingan usaha menjadi semakin ketat. Hal ini seringkali

Melirik Peluang Bisnis Potong Rambut Model Terkini

Melirik Peluang Bisnis Potong Rambut Model Terkini 0

Mempunyai gaya rambut menarik dengan model yang sedang menjadi trend saat ini adalah hal yang

3 Alasan Utama Mengapa Dunia Maya Simpan Peluang Usaha Menggiurkan!

3 Alasan Utama Mengapa Dunia Maya Simpan Peluang Usaha Menggiurkan! 0

Peluang usaha akan menjadi semakin menjanjikan, bila Anda mampu memanfaatkannya dengan baik. Salah satu peluang yang

4 Bukti Bisnis Keluarga dapat Sukses Besar

4 Bukti Bisnis Keluarga dapat Sukses Besar 0

Bisnis keluarga sering dianggap sebagai bisnis yang sulit berkembang karena sulitnya terbentuk profesionalisme antar anggota keluarga

5 Hal Penting Maksimalkan Peluang Bisnis Tas

5 Hal Penting Maksimalkan Peluang Bisnis Tas 0

Peluang bisnis tas terbilang cukup menggiurkan, karena produk ini banyak dicari, apalagi saat penampilan menjadi hal

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *