Teropong Bisnis | Homepage
Bisnis Mainan Anak dengan Omzet Menggiurkan

Bisnis Mainan Anak dengan Omzet Menggiurkan

0 Comments 🕔18.Jul 2014

Anda hobi mengumpulkan mainan dari kecil? Jika ya, jangan remehkan hobi ini karena bisa jadi mainan tersebut membawa Anda pada bisnis yang menjanjikan. Salah satu bisnis yang bisa Anda lakukan terkait dengan hobi Anda ini adalah bisnis mainan.

Bagaimana peluang bisnis semacam ini di Indonesia? Sekali lagi, jangan anggap remeh bisnis ini karena faktanya perdagangan mainan di Indonesia mengalami surplus pada tahun 2013 yang lalu. Hal ini dikemukakan oleh wakil menteri Perdagangan, Bayu Krisnamurthi.

Menurut Bayu, bisnis mainan di Indonesia nilainya mencapai angka yang fantastis yaitu Rp. 8.2 triliun. Sekitar Rp. 5 triliun dari mainan tersebut diperdagangkan di Indonesia sendiri sedangkan sekitar Rp. 3.2 triliun sisanya diperdagangkan di luar negeri atau ekspor.

Perlu Anda ketahui bahwa ada 3 negara besar yang terus memasok mainan di Indonesia. 3 negara tersebut adalah Amerika, Singapura dan Inggris. 40% mainan Indonesia dikirim ke Amerika sedangkan 8% dikirim ke Singapura dan Inggris.

Indonesia sendiri masih belum merupakan produsen mainan. Hal ini terbukti dari 80% mainan masih dipasok dari Tiongkok. Penyebab meluapnya pasokan mainan dari Tiongkok adalah karena penerapan SNI atau Standar Nasional Indonesia yang masih kurang.

Hal ini dapat dilihat dari pengawasan barang beredar yang dilakukan oleh Dirjen SPK atau Dirjen Standardisasi dan Perlindungan Konsumen. Dari hasil pengawasan tersebut ditemukan bahwa pelanggaran mainan dari RRT atau Republik Rakyat Tiongkok masih sangat banyak di Indonesia.

Sebelum Anda memulai menjalankan bisnis mainan, ada baiknya menjaga kualitas. Menjaga kualitas artinya memastikan bahwa mainan yang Anda jual sudah sesuai dengan SNI. Contohnya, pastikan bahwa mainan terbuat dari bahan yang tidak berbahaya untuk Anda.

Selain itu, desain mainan tersebut juga tidak boleh membahayakan anak-anak. Secara detail, mainan tidak boleh memiliki ujung yang runcing atau mudah pecah. Jangan lupa untuk selalu mencantumkan label SNI, label bahasa Indonesia, dan nomor registrasi resmi pada mainan yang Anda jual tersebut.

Dengan melengkapi keterangan tersebut secara tidak langsung Anda ikut melindungi konsumen yang sebagian besar anak-anak. Selain itu, lengkapi terus jenis mainan yang Anda jual agar pembeli memiliki banyak pilihan.

Berikan porsi pada mainan Indonesia. Memang, mainan Indonesia masih terlihat sederhana namun tetap menarik untuk dimainkan. Mainan-mainan tersebut juga sudah mengantongi standar SNI. Ingatlah bahwa menjaga kualitas sangat penting termasuk jika Anda ingin berbinis mainan.

Dengan memperbanyak mainan berlabel SNI maka mainan impor yang tidak layak juga akan berkurang. Jika mainan berlabel SNI sudah siap, lakukan promosi baik secara offline maupun online. Selain anak-anak, Anda juga bisa menyasar konsumen orang dewasa yang hobi mengkoleksi mainan. Selamat mencoba menjalankan bisnis ini dan rasakan keuntungan dari bisnis untuk anak-anak ini.

bisnis mainan anak, mainan anak, usaha, ide bisnis

BACA JUGA:

Rahasia Porsche Sukses dan Berkembang Hingga Saat Ini

Menggiurkannya Bisnis Kurma Di Bulan Ramadhan

Similar Articles

Inilah 8 Penyebab Gagalnya Usaha Kecil

Inilah 8 Penyebab Gagalnya Usaha Kecil 0

Kian banyaknya pelaku UKM (Usaha Kecil Menengah) membuat persaingan usaha menjadi semakin ketat. Hal ini seringkali

Melirik Peluang Bisnis Potong Rambut Model Terkini

Melirik Peluang Bisnis Potong Rambut Model Terkini 0

Mempunyai gaya rambut menarik dengan model yang sedang menjadi trend saat ini adalah hal yang

3 Alasan Utama Mengapa Dunia Maya Simpan Peluang Usaha Menggiurkan!

3 Alasan Utama Mengapa Dunia Maya Simpan Peluang Usaha Menggiurkan! 0

Peluang usaha akan menjadi semakin menjanjikan, bila Anda mampu memanfaatkannya dengan baik. Salah satu peluang yang

4 Bukti Bisnis Keluarga dapat Sukses Besar

4 Bukti Bisnis Keluarga dapat Sukses Besar 0

Bisnis keluarga sering dianggap sebagai bisnis yang sulit berkembang karena sulitnya terbentuk profesionalisme antar anggota keluarga

5 Hal Penting Maksimalkan Peluang Bisnis Tas

5 Hal Penting Maksimalkan Peluang Bisnis Tas 0

Peluang bisnis tas terbilang cukup menggiurkan, karena produk ini banyak dicari, apalagi saat penampilan menjadi hal

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *