Teropong Bisnis | Homepage
Bisnis Jeruk Pamelo Yang Kini Laris Manis

Bisnis Jeruk Pamelo Yang Kini Laris Manis

0 Comments 🕔16.Jan 2014

Jeruk pamelo mungkin masih terdengar asing di telinga Anda. Jeruk ini memiliki ukuran yang besar. Sekilas jeruk ini sangat mirip dengan jeruk bali baik tekstur kulitnya maupun ukuran buahnya. Bedanya ada pada isi buahnya di mana jeruk Pamelo ini memiliki daging buah berwarna merah. Rasanya manis dan juga menyegarkan. Karena jeruk pamelo ini memiliki kulit buah dan ukuran yang sama dengan buah jeruk bali, banyak orang yang menyebutnya sebagai buah jeruk bali merah. Bila dimakan, selain manis, ada rasa khas lainnya yaitu gurih dan rasa asamnya yang cukup tajam. Ada juga yang mengatakan bahwa buah jeruk merah/ pamelo ini akan menimbulkan getir pada ujung lidah. Meski begitu, banyak orang yang menyukai buah jeruk yang satu ini. Tak disangka, jeruk pamelo ini menjadi komoditas bisnis yang sangat menjanjikan. Para penjual jeruk pamelo ini mengaku mendapatkan laba yang tak sedikit.

Jeruk pamelo adalah komoditas asli dari Daerah Magetan. Para petani jeruk ini kemudian menyebutnya dengan nama jeruk Pamelo Magetan. Bila dibelah, warna daging buah jeruk ini berwarna merah. Yang pasti warna daging buahnya lebih merah daripada buah jeruk Bali. Daging buahnya mengandung banyak air sehingga saat dimakan akan terasa segar. Tanaman jeruk pamelo cocoknya ditanam di dataran rendah  yang tidak terlalu dekat dengan pantai. Tak heran jika tanaman jeruk pamelo ini tumbuh subur di Daerah Magetan yang notabene adalah daerah yang penuh dengan bukit-bukit subur.

Ada banyak keunggulan berbisnis jeruk Pamelo. Salah satunya yaitu cara penanamannya yang mudah dan tidak memerlukan perawatan khusus. Kelebihan lainnya yaitu tanaman jeruk Pamelo dapat terus tumbuh dan berbuah hingga 20 tahun. Untuk pembudidayaan, Anda dapat menggunakan teknik mencangkon. Menurut para petani yang sudah mahir membudidayakan tanaman jeruk palemo, pencangkokan sebaiknya dilakukan saat musim hujan agar akar-akarnya yang baru dapat tumbuh dengan cepat.

jeruk pamelo, buah, bisnis, usaha buah, tips usaha

Selain melalui teknik pencangkokan, cara pembudidayaan tanaman jeruk pamelo juga bisa dilakukan melalui teknik tempel. Teknik tempel ini mungkin sama dengan teknik persilangan di mana tunas baru jeruk sitrun  ditempel dengan jeruk pamelo. Dengan menggunakan teknik ini, sifat-sifat dari kedua jenis jeruk yang berbeda tersebut dapat menghasilkan hasil persilangan yang sangat menjanjikan. Misalnya, hasil persilangan yang diharapkan adalah tanaman jeruk pamelo yang cepat berbuah dan buahnya banyak (dari sifat tanaman jeruk sitrun) dan daging buah jeruk pamelo yang manis (sifat asli buah jeruk pamelo).

Kini jeruk pamelo Magetan menjadi komoditas unggulan Daerah Magetan. Sudah banyak jeruk pamelo yang dijual di berbagai daerah di Pulau Jawa dan bahkan di Daerah Sumatera dan Kalimantan. Bagaimana tidak untung, satu kali panen saja, seorang petani jeruk Pamelo dapat memanen sekitar 150 hingga 200 buah jeruk pamelo. Bahkan pohon yang sudah tua masih terbilang sangat produktif, yaitu dapat menghasilkan sedikitnya 300 buah jeruk pamelo. Satu buahnya dihargai Rp.8.000; pada pembeli. Cukup mahal memang. Namun harga tersebut tak seberapa bila dibandingkan dengan manfaatnya. Kandungan Pektin dan Likopen-nya adalah zat antioksidan yang sangat baik untuk kesehatan tubuh.

jeruk pamelo, buah, bisnis, usaha buah, tips usaha

BACA JUGA:

Peluang Menggiurkan Bisnis Kaos Couple

Sukses Bisnis Memang Berawal Dari Pendidikan Dini

Similar Articles

Inilah 8 Penyebab Gagalnya Usaha Kecil

Inilah 8 Penyebab Gagalnya Usaha Kecil 0

Kian banyaknya pelaku UKM (Usaha Kecil Menengah) membuat persaingan usaha menjadi semakin ketat. Hal ini seringkali

Melirik Peluang Bisnis Potong Rambut Model Terkini

Melirik Peluang Bisnis Potong Rambut Model Terkini 0

Mempunyai gaya rambut menarik dengan model yang sedang menjadi trend saat ini adalah hal yang

3 Alasan Utama Mengapa Dunia Maya Simpan Peluang Usaha Menggiurkan!

3 Alasan Utama Mengapa Dunia Maya Simpan Peluang Usaha Menggiurkan! 0

Peluang usaha akan menjadi semakin menjanjikan, bila Anda mampu memanfaatkannya dengan baik. Salah satu peluang yang

4 Bukti Bisnis Keluarga dapat Sukses Besar

4 Bukti Bisnis Keluarga dapat Sukses Besar 0

Bisnis keluarga sering dianggap sebagai bisnis yang sulit berkembang karena sulitnya terbentuk profesionalisme antar anggota keluarga

5 Hal Penting Maksimalkan Peluang Bisnis Tas

5 Hal Penting Maksimalkan Peluang Bisnis Tas 0

Peluang bisnis tas terbilang cukup menggiurkan, karena produk ini banyak dicari, apalagi saat penampilan menjadi hal

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *