Teropong Bisnis | Homepage
Bisnis Aquascape yang Menggiurkan

Bisnis Aquascape yang Menggiurkan

0 Comments 🕔10.Oct 2013

Jika Anda salah satu yang gemar memelihara ikan di aquarium dan ingin memulai bisnis, maka ada baiknya mempertimbangkan bisnis pembuatan akuarium yang sering disebut dengan aquascape. Walaupun tidak semudah menjalankan bisnis pakaian atau makanan tapi ternyata Tri Aditya Saputra atau akrab disapa Diddy ini sukses menggeluti bisnis aquascape. Melalui brand Diddy Design Aquarium, si empunya bisnis menerima order pembuatan aquarium dengan berbagai macam gaya. Ternyata, banyak sekali pemesan yang menggunakan jasa Diddy bahkan ada beberapa yang memesan dengan gaya yang tidak lazim.

Bisnis ini dirintisnya secara tidak sengaja di awal tahun 2010 yang lalu. Kala itu, ia juga masih bekerja sebagai performers di salah satu tempat wisata modern di daerah Bandung. Aquarium pertama yang ia buat secara iseng menghabiskan modal sekitar Rp. 300.000 dengan ukuran 40 x 30 x 30 cm. Awalnya, Diddy hanya ingin membuat aquarium untuk hiasan kamar kosnya saja.

Tapi tidak disangka, salah seorang temannya tertarik dan minta dibuatkan. Order aquascape pertamanya sukses hingga melecut dirinya untuk terus berkreasi dan merintis bisnis pembuatan aquarium ini. Hanya dalam waktu 2 tahun saja, bisnis pembuatan aquarium miliknya ini berkembang pesat. Pesanan juga mulai datang dari berbagai wilayah seperti Bandung sendiri, Yogyakarta, Jakarta dan Surabaya.

\

Saat pertama kali merintis bisnis ini, Diddy hanya mengandalkan iklan dari mulut ke mulut. Namun, setelah bisnisnya berkembang ia sudah mulai berani membuat brosur dan memasang iklan melalui Internet. Selain membuat aquarium untuk ikan, kini Diddy juga melayani pembuatan aquarium untuk kadal, ular, ataupun gurita. Dalam seminggu, ia mampu menyelesaikan setidaknya 3 order dengan dibantu teman-teman kosnya.

Dengan menjalankan bisnis aquascape ini, Diddy mampu meraup omzet kotor hingga Rp. 40.000.000 bahkan keuntungannya sudah jauh lebih besar dibandingkan dengan gajinya sebagai performers. Sebelum ini, Diddy rupanya sudah pernah mencoba beberapa bisnis seperti berjualan keripik tempe dan kue kering. Sayangnya, bisnis tersebut tidak menuai sukses dan akhirnya tidak berjalan. Namun, justru dari kreativitas dan keisengannya ini ia mampu mengumpulkan rupiah lebih besar.

Salah satu kunci sukses bisnis aquascape menurut Diddy adalah kreativitas. Dengan mengasah kreativitas maka produk yang dihasilkan juga akan lebih maksimal dan menarik untuk dilihat. Hingga saat ini, ia juga masih sering menerima panggilan dari pelanggannya khususnya untuk memperbaiki aquarium yang rusak. Ia menjalankan aktivitas ini dengan semangat karena memperbaiki aquarium yang rusak merupakan salah satu cara menjaga kedekatan dengan konsumen.

Jadi, bagaimana dengan Anda? Apakah Anda tertarik menggeluti bisnis aquascape seperti Diddy? Jika iya, maka sering-seringlah berkreasi mulai dari sekarang. Semoga nantinya ada yang tertarik dan menjadi langkah awal Anda mengembangkan bisnis di bidang ini.

Similar Articles

Inilah 8 Penyebab Gagalnya Usaha Kecil

Inilah 8 Penyebab Gagalnya Usaha Kecil 0

Kian banyaknya pelaku UKM (Usaha Kecil Menengah) membuat persaingan usaha menjadi semakin ketat. Hal ini seringkali

Melirik Peluang Bisnis Potong Rambut Model Terkini

Melirik Peluang Bisnis Potong Rambut Model Terkini 0

Mempunyai gaya rambut menarik dengan model yang sedang menjadi trend saat ini adalah hal yang

3 Alasan Utama Mengapa Dunia Maya Simpan Peluang Usaha Menggiurkan!

3 Alasan Utama Mengapa Dunia Maya Simpan Peluang Usaha Menggiurkan! 0

Peluang usaha akan menjadi semakin menjanjikan, bila Anda mampu memanfaatkannya dengan baik. Salah satu peluang yang

4 Bukti Bisnis Keluarga dapat Sukses Besar

4 Bukti Bisnis Keluarga dapat Sukses Besar 0

Bisnis keluarga sering dianggap sebagai bisnis yang sulit berkembang karena sulitnya terbentuk profesionalisme antar anggota keluarga

5 Hal Penting Maksimalkan Peluang Bisnis Tas

5 Hal Penting Maksimalkan Peluang Bisnis Tas 0

Peluang bisnis tas terbilang cukup menggiurkan, karena produk ini banyak dicari, apalagi saat penampilan menjadi hal

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *